Filsafat Orang Jawa Yang Tak Kenal Panas




Indonesia adalah negeri agraris mayoritas penduduknya adalah para petani. Seorang petani sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terutama yang notabenya orang desa pinggiran sawah. Ada pesan inspiratif dari rakyat pribumi seorang yang member petuah bahwa :

“ Wong jowo iku ogak kenal panas le…. Suryo iku suwargone ndunyo ”

Yang bisa diterjemahkan sebagai berikut :

“ Orang jawa itu tidak kenal panas nak… Surya itu surganya dunia “



Beliau memaparkan sejak dulu kami orang jawa kami sudah terbiasa panas – panasan. Sengatan terik matahari tidak menjadikan sebuah halangan untuk bekerja. Walaupun tidak bersekolah kami masih mempunyai tanggung jawab pada isteri dan anak – anak kami. Walaupun tidak seberapa penghasilanya tetap mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan.

Kalau dipikir –pikir omangan orang tersebut terbukti, kenapa bisa gitu……….? Kita bisa lihat banyak orang – orang jawa atau luar jawa yang menyandang orang Indonesia, pekerjanya menjadi petani, nelayan, pedagang kaki lima, sol sepatu, tukang becak dan lain – lain. Semua pekerjaan yang menjadi rujukan orang Indonesia kebanyakan memang bergelut dengan panas terik matahari.

Ada fenomena yang berbeda dengan orang cina yang matanya sipit – sipit daisurabaya katakanlah, kebanyakan dari mereka menjadi pemilik took – took besar disurabaya dan yang miris kita dinegara sendiri hanya sebagai karyawan. Miris hati ni,

By : Bagus J.


0 Response to "Filsafat Orang Jawa Yang Tak Kenal Panas"

Post a Comment