4 Tips Atasi Gugup sebagai Karyawan Baru



Memulai pekerjaan baru adalah hal yang menyenangkan, membuat bersemangat, sekaligus menegangkan. Pekerjaan baru berarti Anda harus menyesuaikan diri lagi sambil mencoba menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.

Tenang dan jangan panik. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gugup di hari-hari pertama bekerja, seperti dilansir oleh Huffington Post (04/12).

1. Bangun lebih pagi
Memulai hari sebagai karyawan baru saja sudah cukup membuat gugup, jadi jangan tambah kepanikan dengan datang terlambat. Bangun lebih pagi, persiapkan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan, kemudian berangkat lebih pagi. Memulai hari lebih awal akan membuat Anda lebih segar dan siap untuk bekerja.

2. Rapikan tempat kerja
Membuat diri Anda merasa nyaman di tempat kerja yang baru akan membantu mengatasi rasa gugup. Jadi, tata meja kerja Anda dengan baik. Persiapkan peralatan yang Anda perlukan, tambahkan beberapa hal yang bisa menambah semangat Anda.

3. Rencanakan makan siang
Berkumpul dan bergabung dengan orang-orang baru adalah hal lain yang bisa membuat gugup di kantor baru. Tanyakan saja pada karyawan lain mengenai tempat yang bagus untuk makan siang, atau ajak saja mereka makan siang bersama Anda. Jangan merasa canggung. Waktu makan siang juga bisa digunakan untuk lebih mengenal siapa rekan kerja Anda dan bergabung dengan kelompok.

4. Semangati diri sendiri
Jangan remehkan efek dari menyemangati diri sendiri. Hal ini membuat Anda tidak frustasi dan tenang meski dalam tekanan. Katakan pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya! Anda akan melakukan yang terbaik!

Empat langkah di atas bisa membantu mengatasi gugup dengan pekerjaan baru di hari-hari pertama bekerja. Selamat mencoba!

Referensi : merdeka.com

0 Response to " 4 Tips Atasi Gugup sebagai Karyawan Baru"

Post a Comment