Belajar Otodidak, Muzakki Raih Omzet Ratusan Juta

Muhammad Muzakki sukses menggeluti usaha pembuatan booth sejak 2008. Pria asal Jakarta ini mengerjakan pesanan booth mulai tahap desain hingga pesanan selesai dan siap pakai.

Muzakki menerima pesanan booth dalam pelbagai ukuran, seperti booth mini, booth mini kafe, island booth, hingga booth untuk pameran. Booth-booth tersebut dibuat dalam pelbagai model dan bentuk.

"Desain buatan saya cenderung elegan, minimalis, dan mengikuti tren yang ada," kata Muzakki.

Konsep desainnya sendiri murni berasal dari idenya, dengan melihat desain-desain booth yang sedang menjadi tren. Kadang, ia juga menerima masukan pelanggan dalam setiap desain booth-nya.

Menurut Muzakki, desain yang sekarang lagi ngetren adalah booth dengan bentuk karakter kartun, didukung gambar-gambar tiga dimensi (3D).

Menurut dia, tampilan booth sekarang memang harus dibuat semenarik mungkin. Dengan begitu, booth yang bakal dipakai sebagai tempat berjualan bisa menarik konsumen untuk mampir dan belanja.

Muzakki mematok tarif setiap desain booth sebesar Rp 300.000. Sementara itu, produksi satu booth Rp 3,5 juta-Rp 37 juta, tergantung ukuran, bahan, dan tingkat kerumitan.

Omzet yang dikantonginya mencapai sekitar Rp 200 juta per bulan. "Dalam sebulan, saya bisa mendesain lebih dari 20 booth dan produksi booth 10 unit hingga 15 unit," kata pria berusia 31 tahun ini.

Muzakki mengaku belajar membuat desain booth secara otodidak. Awalnya, ia membuat booth untuk dipakai sendiri. Kebetulan saat itu ia baru saja memulai bisnis penjualan teh.

Bisnis tehnya ternyata tidak berkembang. Di saat itulah, Muzakki melihat peluang bisnis membuat booth. Ia pun memutuskan untuk fokus menekuni usaha pembuatan booth.

"Awalnya, saya membeli software untuk desain booth. Saya pelajari cara-cara pembuatannya juga. Semua secara otodidak," ujar sarjana Ilmu Fisika ini.

Saat ini, banyak pengusaha waralaba yang memesan booth kepadanya, seperti D'Paris Crepes, Solopuchino, dan Javapuccino.

Referensi : kompas.com

0 Response to "Belajar Otodidak, Muzakki Raih Omzet Ratusan Juta"

Post a Comment