Cara Sukses Bangun Bisnis Waralaba di Indonesia


Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menilai pengembangan bisnis waralaba yang dikembangkan di tanah air masih banyak salah konsep dan bentuk. Tak hanya masyarakat awam, pemerintah juga dianggap masih keliru mengenai konsep bisnis yang baru berkembang ini.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan, bahwa usaha waralaba mempunyai konsep dan ciri khas yang berbeda. Sementara di tanah air, bisnis waralaba yang berkembang umumnya tidak memiliki ciri khas tertentu

"Saya menilai masyarakat dan pemerintah tidak mengerti apa arti franchise itu sendiri. Franchise itu harus punya ciri khas dan keunikan yang sendiri. Ciri khas itu terdapat dari pembuatan jenis waralaba, sehingga tidak bisa dicontek oleh orang lain," ujarnya ketika ditemui pameran Info Franchise dan Business Concept Expo (IFBC) di Jakarta, Sabtu (2/3/2013).

Anang menjelaskan, untuk bisa menjalankan bisnis waralaba dibutuhkan minimal sebuah usaha yang berusia sekitar 5 tahun. Sebagai contoh, bisnis waralaba Es Teller 77 sudah bisa mengembangkan waralaba karena telah berusia 31 tahun.

"Jadi Es Teller 77 untuk membuka franchise itu sudah pantas, karena dia sudah lama dan mempunyai ciri khas yang tertentu, sehingga banyak orang mengenal dan percaya atas produknya," katanya.

Dalam membuka cabang, lanjut Anang, pebisnis waralaba umumnya hanya mendirikan perusahaan skala usaha kecil menengah (UKM). Kondisi ini membuat usaha tak terlalu berkembang. Namun diakuinya, bisnis waralaba lokal akan terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

"Kalau pertumbuhannya itu memang kecil sekitar 2%. Jadi sangat berbeda dengan peluang bisnisnya yang bisa naik 8%, namun banyak juga yang berguguran," ungkapnya.

Untuk masuk bisnis waralaba, Anang memberikan tips calon pebisnis harus memiliki orang kepercayaan yaitu orang ketiga. Pihak yang digandeng ini harus bisa dipercaya baik dari segi sumber daya manusia (SDM) maupun pendanaannya.

"Untuk SDM dan pendanannya sangat penting, karena mereka saling keterkaitan. Itu yang harus dimengerti para pebisnis franchise," ujarnya.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/525562/cara-sukses-bangun-bisnis-waralaba-di-indonesia


0 Response to "Cara Sukses Bangun Bisnis Waralaba di Indonesia"

Post a Comment