Gaji PNS pada Tahun 2013 Naik 10 %


Anda seorang PNS atau tidak tapi ingin mengetahui bagaimana nasib seorang PNS di indonesia, silahkan lihat uraian kenaikan gaji pokok seorang PNS. Sudah lebih dari 4 tahun berturut-turut Gaji Pegawai Negeri Sipil di Indonesia mengalami kenaikan yang berkisar 10 % setiap tahunnya. 

Adapun tujuan pemerintah menaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil ini sebagai bagian dari memperbaiki kesejahteraan dari para PNS itu sendiri dan diharapkan akan mengurangi praktek Suap dan KKN di lingkungan birokrasi.

Walaupun sebetulnya hal ini tidak bisa disebut naik gaji, karena tetapi saja setiap tahun harga barang naik dan tergerus inflasi maka cocoknya bukan kenaikan Gaji pokok tetapi penyesuaian gaji berdasarkan kenaikan harga bahan pokok dan inflasi. 

Nah setelah pada Gaji Pegawai Negeri Sipil tahun 2012 mengalami kenaikan sekitar 10%, dikabarkan untuk Gaji PNS 2013 | Kenaikan Gaji Pokok ini tetap mengalami kenaikan tetapi hanya berkisar 7% saja.

Pernyataan mengenai Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013 ini disampaikan oleh Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, dalam rapat paripurna dengan DPR mengenai penyampaian keterangan pemerintah atas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2013 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5).

”Selain menaikkan gaji PNS, TNI/Polri, dan hakim, pemerintah juga berencana menuntaskan program reformasi birokrasi pada setiap kementerian/lembaga,” paparnya.

Selain penyesuaian gaji / kenaikan gaji PNS tersebut, Agus menyebutkan beberapa kebijakan belanja pada tahun mendatang, seperti menjaga agar pelaksanaan operasional pemerintahan lebih efisien untuk peningkatan kualitas pelayanan masyarakat melalui flat policy pada belanja barang operasional perkantoran.

Belanja negara juga akan diarahkan untuk mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan mendukung pembangunan infrastruktur pada enam koridor ekonomi dan menyediakan tambahan anggaran untuk mengantisipasi subsidi agar tepat sasaran.

Kenaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil tersebut berpatokan pada inflasi yang termaktub dalam dokumen kerangka ekonomi makro pokok-pokok kebijakan fiskal 2013 yang berisi 18 kebijakan.

”Meneruskan pemberian gaji dan pensiun ke-13 dan penyesuaian gaji pokok PNS dan anggota TNI/Polri sekitar 7% mengacu pada inflasi, serta penyesuaian gaji hakim,” kata Menteri Keuangan, Agus Martowardojo dikutip dalam dokumen tersebut di Jakarta Rabu (16/5/2012). baca juga Remunerasi 2013

Lihat sumbernya disini

0 Response to "Gaji PNS pada Tahun 2013 Naik 10 % "

Post a Comment