Tuesday, January 29, 2013

10 Perusahaan IT yang Menggaji Tinggi Pekerja Magang



Kebanyakan pencari pekerjaan magang di industri teknologi, akan melakukan apapun untuk bisa bekerja di Facebook, Google, Amazon, maupun Apple.

Mereka bahkan mau melakukan pekerjaan tanpa dibayar sepeser pun. Namun faktanya, perusahaan-perusahaan tersebut mau membayar pegawai magang, bahkan mereka menawarkan bayaran yang sangat tinggi.

Seorang pegawai magang di Facebook bisa mendapat bayaran 6.056 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 58,5 juta per bulan. Sedangkan Google membayar pegawai magangnya rata-rata sebesar 5.678 dolar AS (Rp 54,9 juta) per bulan, dan mereka yang bekerja magang di Amazon dan Apple menghasilkan 5.366 dolar AS (Rp 51,8) dan 4.913 dolar AS (Rp 47,5 juta) per bulan.

Glasdoor.com, sebuah komunitas pekerjaan dan karier online, di mana orang-orang bisa berbagi informasi mengenai tempat kerja mereka, baru saja merilis 20 perusahaan teknologi dengan bayaran pegawai magang tertinggi.

Untuk mendapat data tersebut, Glassdoor menyaring laporan gaji dari sumber anonim yang magang di industri teknologi selama tiga tahun terakhir.

“Bukanlah sebuah rahasia bahwa persaingan pencarian bakat di dunia teknologi sangatlah sengit, bahkan di tingkat magang,” ujar Juru Bicara Glasdoor Samantha Zupan.

Ia menambahkan, “Perusahaan berjuang mendapatkan lulusan terbaik dari kampus, dan memberikan kompensasi yang menggiurkan selama masa magang, adalah salah satu cara menarik pegawai muda berbakat untuk tetap tinggal di perusahaan tersebut setelah lulus.”

Berikut adalah 10 perusahaan teknologi dengan bayaran pegawai magang tertinggi.

- VMware: Rata-rata gaji bulanan Rp 63,2 juta
- Facebook: Rata-rata gaji bulanan Rp 58,5 juta
- Microsoft: Rata-rata gaji bulanan Rp 57,4 juta
- LinkedIn: Rata-rata gaji bulanan: Rp 56,1 juta
- Adobe: Rata-rata gaji bulanan: Rp 55,6 juta
- Google: Rata-rata gaji bulanan: Rp 54,9 juta
- Amazon: Rata-rata gaji bulanan: Rp 51,8 juta
- NVIDIA: Rata-rata gaji bulanan: Rp 50,4 juta
- Yahoo: Rata-rata gaji bulanan: Rp 50,1 juta
- Apple: Rata-rata gaji bulanan: Rp 47,5 juta

Referensi : http://www.tribunnews.com/2013/01/29/ini-10-perusahaan-it-yang-menggaji-tinggi-pekerja-magang
»»  READMORE...

Pendapatan semakin timpang, pemerintah bangun infrastruktur desa



Pemerintah menyatakan belanja modal dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan lebih fokus untuk pembangunan infrastruktur pedesaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa dan mengurangi kemiskinan.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pembangunan infrastruktur pedesaan dapat mengakselerasi kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

"Artinya yang di bawah ini semakin cepat meningkat pendapatannya," ujarnya saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/1).

Upaya penurunan kemiskinan, sejalan dengan upaya mengurangi ketimpangan antara pendapatan masyarakat (gini ratio). "Kemiskinan juga masih on the track walaupun kita masih harus kerja keras," ungkapnya.


Sebelumnya, Hatta menegaskan pemerintah akan berkoordinasi untuk memfokuskan penyaluran dana pengentasan kemiskinan pada satu daerah dengan kompetensi K/L masing-masing. "Maka di situ langsung kita kroyok beberapa K/L. Mulai dari listriknya, cara menangkap ikan kita benahi, airnya, dan perumahannya.".

Dia mengatakan pemerintah berupaya untuk terus menjaga keterciptaan lapangan kerja. Dengan target 750.000 sampai satu juta tenaga kerja terserap. Iklim industri akan dijaga kekondusifannya agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja.

Hatta mengungkapkan langkah lain yang diambil pemerintah adalah memastikan proyek MP3EI terjaga keberlangsungannya sebagai bentuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. "Masing-masing kementerian membuat matriks,
masing-masing kementerian punya kewajiban untuk mengawal," katanya.

Referensi : http://www.merdeka.com/uang/pendapatan-semakin-timpang-pemerintah-bangun-infrastruktur-desa.html
»»  READMORE...

Rossi: Indonesia Negara yang Spektakuler



Walau sudah pernah datang ke Indonesia, bagi Valentino Rossi negeri ini tetap menarik untuknya. Tak hanya terlihat senang karena tak sedikit fans yang datang kala meet and greet di Four Season Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu, ia pun merasa betah karena masyarakatnya yang dikenal ramah.

"Buat saya, negara ini sangat menakjubkan, spektakuler, hangat, orang-orangnya ramah, seperti halnya negara yang ramah turis dan membuat turis ingin datang ke sini. Merupakan sebuah kehormatan bisa datang ke sini," ujar Rossi yang kala itu datang bersama rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, dan Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing.

"Nanti saya mungkin akan ke Bali," tambah Rossi menunjukkan kekagumannya terhadap salah satu wilayah di Nusantara tersebut.

Sebelum hadir dalam peluncuran resmi logo baru Yamaha Indonesia, "Semakin di Depan", Rossi dan Jorge pernah ke Indonesia walau tidak di tempat yang sama. Pada 2010, mereka Lorenzo ke Bandung dan Yogyakarta, sementara Rossi ke Surabaya dan Medan.

Lorenzo secara total sudah tujuh kali menyambangi Indonesia, sementara Rossi tiga kali termasuk di tahun 2009. Kedatangan keduanya pun mempertegas hubungan baik, setelah sebelumnya sempat panas.

Perang dingin antara Rossi dan Valentino adalah hal yang kerap melekat di mata publik, terutama ketika garasi Yamaha tiba-tiba memiliki tembok pemisah bagi kedua pebalap tersebut.

Pada musim 2010, perseteruan itu berangkat dari kecemburuan ketika performa Lorenzo yang notabene pebalap mudah memiliki prestasi yang kian menjanjikan. Rossi lantas meminta adanya tembok pemisah di garasi antara timnya dan tim Lorenzo. Namun, Jorge Lorenzo yang juga Juara Dunia MotoGP 2012 itu sudah berkali-kali menegaskan bahwa tidak akan ada lagi permusuhan di antara mereka. Tidak ada tembok pemisah lagi di garasi Yamaha.

Referensi : http://id.berita.yahoo.com/rossi-indonesia-negara-yang-spektakuler-122000347.html
»»  READMORE...

Menteri Prancis Sebut Negaranya Bangkrut



Menteri Tenaga Kerja Prancis Michel Sapin memberikan kejutan kepada negaranya setelah dia mengatakan bahwa negaranya 'benar-benar bangkrut'.

Michel Sapin membuat kesalahannya dalam sebuah wawancara di radio, yang menyebabkan Presiden Perancis, Francois Hollande yang berjuang untuk mencegah potensi kerusakan di negaranya.

"Ada sebuah negara tetapi ini yang benar-benar negara bangkrut," ungkap Sapin kepada telegraph.co.uk, seperti dikutip Selasa (29/01/2013).

"Itulah mengapa saat ini kita harus merencanakan pengurangan defisit, dan tidak seharusnya kita berpaling dari tujuan utama itu", kata Sapin.

Komentar itu terjadi saat Presiden Hollande mencoba untuk meningkatkan citra ekonomi Prancis setelah berjanji untuk mengurangi devisit negaranya dengan memotong pengeluaran sebesar 60 miliar euro atau 51,5 miliar poundsterling atau setara Rp 780 triliun selama lima tahun ke depan serta meningkatkan pajak 20 miliar euro atau setara Rp 260 triliun.

Data dari Banque de France menunjukkan awal bulan ini adanya kehilangan modal di tengah kekhawatiran bahwa pemimpin sosialis Prancis bermaksud untuk rendam kekayaan dan bisnis.

Aktor Grard Depardieu, sebagai wujud protesnya, telah meninggalkan kewarganegaraan Prancis dan kemudian menjadi warga negara Rusia.

Sementara David Cameron mengatakan Inggris akan 'menggulung karpet merah' untuk menarik kekayaan individu.

Menteri Keuangan Pierre Moscovici mengatakan bahwa komentar Sapin 'tidak pantas'. Dia mengatakan Prancis adalah negara yang benar-benar dapat dipercaya, Perancis adalah negara yang mulai melakukan pemulihan ekonomi.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/499315/menteri-prancis-sebut-negaranya-bangkrut
»»  READMORE...

Monday, January 28, 2013

Uang Negara Dijarah!



Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Keuangan Negara, Dimyati Natakusumah, mengatakan situasi dan kondisi negara Indonesia saat ini sangat memprihatinkan.

Terutama dalam pengelolaan keuangan negara yang penuh dengan rekayasa destruktif yang massif dan terstruktur serta sistematis dalam pengadaan barang dan jasa.

"Pemerintah seolah membiarkan metode korupsi, kolusi dan nepotisme dilakukan oknum penyelenggara negara bekerjasama pengusaha hitam merampok uang negara," kata Dimyati dalam bahan tulisan yang dirilis di gedung DPR Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Menurut dia kolaborasi itu layak mendapatkan predikat penjarahan yang diduga melibatkan keluarga, kerabat, kelompok bersama merampok uang negara, uang rakyat dari APBN.

"Para penjarah uang negara yang seharusnya dibuat ketakutan dan menjadi jera tapi sebaliknya bagai pahlawan yang sangat dihargai serta berkuasa," kata dia.

Referensi : http://www.tribunnews.com/2013/01/29/uang-negara-dijarah
»»  READMORE...

36 Strategi dalam Dunia Bisnis


san shi liu ji

36 Strategi (”San Shi Liu Ji [三十六计]”) merupakan salah satu maha karya yang berasal dari daratan China yang membahas tentang strategi-strategi kemiliteran. Karya 36 Strategi Perang ini sangat terkenal dan telah banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta banyak diterapkan oleh para pebisnis untuk memenangi persaingan dalam dunia bisnis.

Istilah 36 Strategi pertama kali muncul pada buku “Nan Qi Shu [南齐书]” di Dinasti Song (tahun 960 – 1279) yang menceritakan tentang strategi perang yang dipergunakan oleh seorang Jenderal terkenal bernama  Tán Dào Jì [檀道濟]. Saat itu, Jenderal Tán Dào Jì mengalami kesulitan  dalam menyerang Negara “Wèi”, Makanan dibakar oleh lawan sehingga Tentara Dinasti Song kekurangan Makanan. Kemudian Jenderal   Tán Dào Jì memerintahkan untuk mundur dengan menggunakan beberapa strategi “mundur” untuk mengelabui lawannya.

Tidak ada yang bisa memastikan apakah karya yang berisikan 36 Strategi ini sudah ada semenjak Dinasti Song. Tetapi yang bisa dipastikan adalah istilah “36 Strategi”  ini pernah muncul dalam buku Nan Qi Shu dan pada Dinasti Song juga kalimat “Dalam 36 Stategi, mundur merupakan pilihan terbaik” karya Hui Hong dengan bukunya yang berjudul “Leng Zhai Ye Hua”.

36 Strategi ini sering juga dikaitkan dengan Seni Perang Hasil Karya Sun Tzu yang mungkin tidak terlalu benar, karena Sun Tzu hidup pada periode musin semi dan gugur (Periode Chun Qiu [春秋]) sedangkan buku ungkapan-ungkapan (Cheng Yu) yang dipergunakan oleh buku “36 Strategi” kebanyakan munculnya setelah periode musim semi dan gugur

Pada umumnya, banyak yang beranggapan bahwa karya “36 Strategi Perang” ini merupakan kumpulan dari 36 ungkapan bahasa (cheng yu) sekitar tahun 1600 pada masa-masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing.

Kisah-kisah dalam Karya 36 Strategi ini diambil dari sejarah pada zaman musim semi dan gugur (zaman Chun Qiu [春秋]) sekitar tahun 770 ~ 476 SM dan zaman Negara-negara berperang (zaman Zhan Guo [战国]) sekitar tahun 475 ~ 221 SM, Dinasti Qin sekitar tahun 221 ~ 207 SM, Dinasti Han sekitar tahun 206 SM ~ 24 hingga akhirnya Dinasti Han pada periode Tiga Kerajaan (San Guo) sekitar tahun 220 ~ 316.

 Mengapa 36?

Menurut Yi Ching [易经] (kitab suci kuno china), 6 dan 8 merupakan angka “Yin” atau angka gelap (hitam). 36 merupakan hasil dari 6 kali 6 sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai siasat, taktik ataupun strategi dalam peperangan.

Buku 36 Strategi ini dibagi menjadi 6 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 Strategi.
Strategi yang terdapat dalam karya “36 Strategi” ini bukan saja dipakai dalam peperangan, tetapi pada zaman sekarang ini, 36 Strategi sering dipakai untuk memenangi persaingan di dunia bisnis. Para Pebisnis mempelajarinya dan melakukan penyusunan strategi sesuai dengan kondisi bisnis yang dihadapinya untuk bersaing dengan lawan bisnisnya sehingga mereka selalu berada di depan lawan bisnisnya.

Berikut ini 36 Strategi yang di klasifikasikan menjadi 6 Kelompok Strategi :

Kelompok I – Strategi Pemenangan Perang 胜战计 (Sheng Zhan Ji)

Kelompok Strategi Pemenangan ini dipakai jika kita memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding dengan kekuatan lawan  serta adanya perhitungan dan perencanaan yang matang untuk mendapatkan kesempatan menang yang besar.
  1. 瞒天过海, Mán tiān guò hǎi (Mengarungi Laut dengan Muslihat)
  2. 围魏救赵, Wéi Wèi jiù Zhào (Mengepung Negara Wei untuk menolong Negara Zhao)
  3. 借刀杀人, Jiè dāo shā rén (Membunuh orang dengan pisau pinjaman)
  4. 以逸待劳, Yǐ yì dài láo (Menunggu kelelahan Musuh dengan kesabaran)
  5. 趁火打劫, Chèn huǒ dǎ jié (Merampok ketika terjadi Kebakaran)
  6. 声东击西, Shēng dōng jī xī (Membuat keributan di Barat untuk menyerang Timur)

Kelompok II – Strategi berhadapan dengan Musuh  敌战计 (Di Zhan Ji)

Strategi ini dipakai saat berhadapan langsung dengan musuh. Untuk memenangi peperangan dalam kondisi ini, harus meningkatkan kekuatan pasukan dan berusaha untuk mengurangi kekuatan lawan.
  1. 无中生有, Wú zhōng shēng yǒu (Meciptakan sesuatu dari sesuatu yang sebenarnya tidak ada)
  2. 暗渡陈仓, àn dù chén cāng (Diam-diam melewati jalur tersembunyi Chen Cang)
  3. 隔岸观火, Gé àn guān huǒ (Memperhatikan Kebakaran dari seberang sungai)
  4. 笑里藏刀, Xiào lǐ cáng dāo (Pisau yang tersembunyi dalam senyuman)
  5. 李代桃僵, Lǐ dài táo jiāng (Menggantikan buah plum dengan buah persik)
  6. 顺手牵羊, Shùn shǒu qiān yang (sambil lalu menuntun kambing)

Kelompok III – Strategi Penyerangan 攻战计 (Gong Zhan Ji)

Inti dari Strategi Penyerangan adalah “menyerang hati”. Menyerang Hati merupakan prioritas utama, menyerang Kota adalah prioritas terakhir. Perperangan Hati merupakan yang utama, perperangan dengan kekuatan pasukan adalah prioritas terakhir.
  1. 打草惊蛇, Dá cǎo jīng shé (memukul rumput untuk menakutkan ular)
  2. 借尸还魂, Jiè shī huán hún (meminjam mayat orang lain untuk lahir kembali)
  3. 调虎离山, Diào hǔ lí shān (Memancing harimau untuk pergi dari gunungnya)
  4. 欲擒故纵, Yù qín gū zòng (Melepaskan musuh untuk ditangkap kembali)
  5. 抛砖引玉, Pāo zhuān yǐn yù (Melemparkan batu bata untuk menggoda kedatangan batu giok)
  6. 擒贼擒王, Qín zéi qín wáng (Untuk menangkap kumpulan penjahat, tangkap dulu pemimpinnya)

Kelompok IV – Strategi Membingungkan Lawan 混战计 (Hun Zhan Ji)

Kelompok Strategi ini ini digunakan untuk membingungkan lawan supaya lawan tidak mengetahui apa yang sebenarnya akan dilakukan oleh kita.
  1. 釜底抽薪, Fǔ dǐ chōu xīn  (Mengambil kayu bakar dari bawah kuali masak)
  2. 混水摸鱼, Hún shuǐ mō yú (Menangkap ikan dalam air yang keruh)
  3. 金蝉脱壳, Jīn chán tuō qiào (Meloloskan diri bagaikan ulat sutera yang lepas dari kulitnya)
  4. 关门捉贼, Guān mén zhuō zéi (Menutup pintu untuk menangkap pencuri)
  5. 远交近攻, Yuǎn jiāo jìn gōng (Bersahabat dengan yang Jauh dan menyerang yang dekat)
  6. 假道伐虢, Jiǎ dào fá Guó (Pura-pura meminjam jalan untuk menyerang Guo)

Kelompok V – Strategi Persamaan Kekuatan 并战计 (Bing Zhan Ji)

Kelompok Strategi ini digunakan pada saat kekuatan kita sama dengan kekuatan musuh. Tak ada satupun pihak yang saling mengungguli.
  1. 指桑骂槐, Zhǐ sāng mà huái (Menunjuk Pohon Murbei dan memarahi Pohon Pagoda)
  2. 偷梁换柱, Tōu liáng huàn zhù (Mengganti balok dengan kayu yang kualitas rendah)
  3. 假痴不癫, Jiǎ chī bù diān (Berpura-pura bodoh tetapi sebenarnya tidak)
  4. 上屋抽梯, Shàng wū chōu tī (Memindahkan tangga setelah musuh memanjat)
  5. 树上开花, Shù shàng kāi huā (Meletakkan bunga palsu di atas pohon)
  6. 反客为主, Fǎn kè wéi zhǔ (Merubah posisi tamu menjadi tuan rumah)

Kelompok VI – Strategi Kekalahan Perang 败战计 (Bai Zhan Ji)

Kelompok Strategi ini dipergunakan saat Kekuatan Lawan jauh lebih besar dari kita dan boleh dikatakan kekalahan sudah didepan mata  serta banyak kemungkinan-kemungkinan yang tidak memihak ke kita yang akan terjadi. Tetapi Namanya perperangan maupun persaingan, kalah dan menang merupakan hal yang biasa, oleh karena itu, kita harus tetap bersemangat dan tidak menyerah diri begitu saja.

Diharapkan suatu hari kita akan kembali dan memenangi perperangan ataupun persaingain ini.
  1. 美人计, Měi rén jì (Siasat memanfaatkan kecantikan wanita)
  2. 空城计, Kōng chéng jì (Siasat Kota kosong)
  3. 反间计, Fǎn jiàn jì (Siasat adu domba dengan menggunakan mata-mata musuh)
  4. 苦肉计, Kǔ ròu jì (Siasat melukai diri sendiri)
  5. 连环计, Lián huán jì (Siasat menggabungkan serangkaian strategi)
  6. 走为上计 Zǒu wéi shàng jì (Ketika mundur merupakan pilihan terbaik)
Referensi : http://dinaviriya.com/36-strategi-dan-asal-usulnya/
»»  READMORE...

Majukan Iptek, Indonesia Berguru ke Korea Selatan



Indonesia berkiblat ke Korea Selatan dalam mengembangkan inovasi sains dan teknologi. Negeri Ginseng telah membuktikan mampu lepas dari ketergantungan teknologi negara maju dan bisa membangun dengan teknologi sendiri. Bahkan Korea kini berstatus sebagai negara maju yang terus mengejar prestasi tetangganya, Jepang.

"Korea punya pengalaman mengembangkan iptek yang bagus. Kita bisa mencontoh mereka," kata Dudi Hidayat, peneliti Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pappiptek) LIPI, Senin, 28 Januari 2013.

Korea menjadi salah satu peserta seminar Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Research and Technology 2013 yang dibuka di Auditorium LIPI hari ini. Seminar untuk membahas kerangka strategis pengembangan sains dan teknologi antar-negara-negara anggota APEC ini digelar Pappiptek LIPI bersama Kementerian Pendidikan, Sains, dan Teknologi Korea Selatan serta Science and Technology Policy Institute.

Acara yang akan berlangsung hingga 1 Februari ini juga diikuti Amerika Serikat, Cina, Rusia, India, Prancis, Meksiko, Kanada, Australia, Papua Nugini, Cile, Taiwan, Laos, Iran, Nepal, Bangladesh, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Jepang. Sejumlah organisasi riset internasional dan pakar juga diundang.

Kepala Divisi Riset Sistem Manajemen Sains dan Teknologi LIPI, Trina Fizzanty, mengatakan, pertemuan ini penting untuk bertukar pikiran tentang teknologi antara negara maju dan negara berkembang. "Indonesia bisa mempelajari teknologi yang dapat diadaptasi dari negara lain," ujarnya.

Pengembangan teknologi di Indonesia berfokus pada tujuh bidang, yakni pangan, energi dan air, kesehatan, pertahanan, transportasi, informatika, dan material maju. Seluruhnya membutuhkan inovasi sains dan teknologi yang sesuai supaya dapat dikembangkan, terutama pada skala industri.

Dudi mengatakan, sektor industri di Indonesia kurang menyerap teknologi hasil lembaga riset dan universitas. Ini wajar karena negara berkembang biasanya lebih banyak mengambil teknologi dari luar negeri. Namun, tidak semua negara berkembang mampu mengadopsi teknologi dari negara maju.

Karena itu, pengalaman Korea Selatan penting sebagai pelajaran. Sekitar tahun 1960, Korea masih bergantung pada teknologi dari Amerika Serikat dan Eropa. Namun, sejak 1980, bangsa Korea mengembangkan teknologi sendiri. "Pengguna teknologi impor akhirnya bisa menghasilkan teknologi sendiri," kata Dudi.

Direktur Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Research and Technology, Jeong Hyop Lee, mengatakan, butuh waktu puluhan tahun dan upaya keras bagi Korea untuk bangkit dan mandiri teknologi. Korea mengawalinya dengan mengerahkan tenaga kerja murah untuk memproduksi barang ekspor, terutama ke pasar Amerika. Mereka pun terus melakukan alih teknologi dari negara-negara maju. Hingga akhirnya berfokus mengembangkan teknologi untuk industri berat (otomotif, kapal, elektronik), dan kimia.

"Kini Hyundai menjadi industri otomotif peringkat lima dunia," ujar Lee, menyebutkan keberhasilan Korea mengembangkan industri otomotif, salah satu industri berat yang teknologinya digarap serius sejak 1980-an.

Kepala Pappiptek LIPI, Husein Avicenna Akil, mengatakan, langkah Korea Selatan patut ditiru, meski tidak gampang. Indonesia tidak dapat selamanya menggantungkan teknologi asing. "Kondisi kita berbeda dengan negara berkembang lain dan negara maju."

Referensi : http://www.tempo.co/read/news/2013/01/28/061457446/Majukan-Iptek-Indonesia-Berguru-ke-Korea-Selatan
»»  READMORE...

Begini Cara Korea Mandiri Teknologi



Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara maju di Asia. Bersama Jepang, Negeri Ginseng dikenal sebagai negara dengan industri otomotif yang mampu memproduksi mobil-mobil kelas dunia. Jepang lewat Honda dan Toyota, Korea lewat Hyundai.


Prestasi Korea mendongkrak industri otomotif tentu tidak seperti membalikkan telapak tangan. Mereka mengawali kemandirian justru dengan ketergantungan teknologi dari negara-negara maju.


"Dekade 1960 kami hanya punya tenaga kerja murah dan pasar domestik yang rendah," kata Jeong Hyop Lee, peneliti di Science and Technology Policy Institute, Senin, 28 Januari 2013. Lee menjadi salah satu pembicara dalam seminar Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Research and Technology 2013 yang dibuka di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahua Indonesia hari ini.

Ia mengatakan, tenaga kerja murah Korea saat itu dikerahkan memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi pasar ekspor, terutama ke Amerika Serikat. Bersamaan dengan itu teknologi dari negara maju mulai diadopsi untuk menggerakkan industri.

Aliran teknologi dari negara-negara maju, salah satunya Amerika Serikat, semakin gencar lantaran saat itu terjadi perang dingin antara Korea Selatan dengan negara tetangganya, Korea Utara. Alih teknologi menjadi semacam bentuk dukungan dari Amerika dan negara-neara sekutunya supaya paham komunis tidak menyebar ke selatan.

Namun, Lee mengatakan, pertumbuhan ekonomi Korea sangat sulit berkembang jika hanya mengandalkan ketergantungan teknologi dari negara lain. Hingga bangsa Korea menghadapi titik balik pada akhir dekade 1970. Saat itu terjadi krisis minyak dunia yang berdampak pada pemblokiran aliran teknologi dari negara maju ke negara berkembang.

Mulailah bangsa Korea berusaha menggerakkan perekonomian dengan tenaga sendiri. Pemerintah saat itu memacu pertumbuhan ekonomi lewat industri berat dan kimia, antara lain otomotif, kapal, dan elektronik. "Ini membutuhkan inovasi sains dan teknologi," ujar dia.

Untuk mengembangkan sains dan teknologi, pemerintah Korea mendirikan lembaga riset pemerintah, yakni Science and Technology Policy Institute (lembaga riset Korea, seperti LIPI di Indonesia), dan konsorsium riset nasional. Konsorsium berperan sebagai lembaga "penyangga" yang membagi risiko investasi antara pihak pemerintah dan sektor swasta.

Strategi ini terbukti cocok. Lee mengatakan, pada 1980 lebih dari 90 persen investasi riset berasal dari pemerintah. Sepuluh tahun kemudian, lebih dari 80 persen investasi berasal dari sektor swasta. "Kebijakan inovasi memerlukan keterlibatan pihak swasta, karena mereka yang akan meneruskan inovasi itu," kata dia.

Hasilnya tidak main-main. Industri elektronik Korea, lewat merk Samsung dan LG, menjadi pesaing produk-produk elektronik buatan Cina, Eropa, Kanada, bahkan Amerika. "Hyundai menjadi industri otomotif peringkat lima dunia," ujar Lee menyebutkan keberhasilan Korea mengembangkan industri otomotif.

Dudi Hidayat, peneliti Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pappiptek) LIPI, mengatakan, Korea mengembangkan teknologi yang berbeda dengan yang diresepkan negara-negara maju. "Mereka mengambil proses pembelajaran teknologi yang dikembangkan sendiri," katanya.

Kemandirian teknologi yang dicapai Korea disebabkan strategi kebijakan teknologi yang diintegralkan dengan kebijakan industri. Pengembangan inovasi sains dan teknologi menjadi bagian dari pengembangan industri. Ini yang tidak dijumpai di Indonesia.

Kepala Divisi Riset Sistem Manajemen Sains dan Teknologi LIPI, Trina Fizzanty, mengatakan, kualitas sumber daya manusia menjadi unsur yang penting untuk mencapai kemandirian teknologi. Korea membangun universitas yang khusus untuk menghasilkan ilmuwan. "Malaysia mengasah para ilmuwannya dengan jiwa kwirausahaan sehingga mau investasi untuk usaha," kata dia.

Ini belum termasuk keberpihakan pemerintah lewat anggaran penelitian. Dudi mengatakan, Indonesia hanya mengalokasikan dana riset sebesar 0,08 persen dari produk domestik bruto nasional. Bandingkan dengan Korea yang mematok tiga persen dari produk domestik bruto mereka untuk dana penelitian.

Menurut Lee, sebagai negara besar, Indonesia perlu berfokus pada teknologi infrastruktur dan transportasi. Pengembangan teknologi di kedua bidang itu yang sangat diperlukan untuk menyatukan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. "Butuh kepemimpinan yang kuat untuk mengkordinasikan semua itu," ujarnya.

Referensi : http://www.tempo.co/read/news/2013/01/28/061457502/Begini-Cara-Korea-Mandiri-Teknologi
»»  READMORE...

Lowongan PNS mana saja yang dibuka Juni 2013 ?



21 Januari kemarin, pemerintah telah memutuskan menghentikan moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS). Artinya, dalam tahun ini, pemerintah akan membuka lowongan calon PNS untuk mengisi kekurangan pegawai pelayan masyarakat.

Paling tidak, Kementerian Keuangan pernah menyebutkan di lembaga bendahara negara ini, kekurangan pegawai untuk Direktorat Pajak 30.000 orang, dan cukai 13.000 orang. Lowongan tersebut tidak termasuk di 36 lembaga kementerian dan non kementerian serta pemerintah daerah.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasodjo mengatakan jumlah lowongan yang akan diperebutkan sekitar 60 ribu pegawai. Kebutuhan tersebut sesuai dengan analisa kebutuhan pegawai di instansi pemerintah pusat sampai daerah. Pihaknya belum mau merinci lembaga mana yang akan merekrut pegawai. "Jadi Juni baru seleksi," ujarnya.

Akan tetapi, pemerintah memberikan bocoran, jika perekrutan di suatu instansi pemerintah, harus melihat pada peta jabatan serta rencana kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan yang didukung oleh analisis jabatan dan analisis beban kerja, memiliki rencana dan melaksanakan redistribusi pegawai serta memiliki pola rekrutmen CPNS yang terbuka, fair, bersih, efisien, dan akuntabel.

Selain itu, perekrutan hanya dilakukan oleh kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang anggaran belanja pegawainya di bawah 50 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta perekrutan hanya dilakukan setelah mendapat izin dari Komite Pengarah Reformasi Birokrasi yang diketuai Wakil Presiden.

"Kita butuh pegawai karena ada 2.000 yang pensiun tahun ini. Sedangkan untuk meningkatkan kinerja keuangan terutama di pajak dan cukai dan anggaran kita perlu pegawai," ungkap Menteri Keuangan Agus Martowardodjo.

Dalam situsnya, Wakil Presiden Budiono mengatakan sepanjang masa moratorium 16 bulan tersebut, berbagai upaya penataan-ulang kebijakan dan sistem kepegawaian telah ditempuh. Mulai dari analisis jabatan, penghitungan jumlah PNS berbasis analisis beban kerja, dan perencanaan sumber daya manusia per lima tahun untuk setiap instansi. Penataan struktur organisasi (restructuring and rightsizing) hingga pengaturan kembali kesejahteraan PNS juga telah dilakukan.

Dia mengatakan promosi jabatan secara terbuka diterapkan di beberapa kementerian, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Rekrutmen untuk jabatan eselon I dan II di lingkup Kementerian PAN-RB dan Lembaga Administrasi Negara dipublikasikan secara umum di media massa," ujarnya.

Dia menegaskan sejumlah kebijakan terkait pembenahan pengelolaan kepegawaian telah diterbitkan. Di antaranya penataan organisasi dan penambahan formasi, redistribusi tenaga pendidikan dan tenaga medis dan sistem perekrutan terpusat berbasis kompetensi yang transparan.

"Upaya-upaya pembenahan kebijakan maupun sistem kepegawaian akan terus digencarkan, antara lain dengan menyelaraskan siklus analisis kebutuhan pegawai pemerintah dengan siklus anggaran," katanya.

Referensi : http://www.merdeka.com/uang/lowongan-pns-mana-saja-yang-dibuka-juni-mendatang.html
»»  READMORE...

Perusahaan Ritel Terbesar China Sun Art Bidik Indonesia


Perusahaan Ritel Terbesar China Sun Art Bidik Indonesia

Sun Art Retail Group Ltd, operator hypermarket terbesar Cina menjajaki ekspansi ke Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Sun Art mencari pasar ke luar negeri di kawasan Asia karena melihat pertumbuhan ekonomi yang kuat.

"Kami saat ini sedang memikirkan ekspansi ke Indonesia, Malaysia dan Vietnam," ujar Ketua konglomerat Taiwan Ruentex Samuel Yin, pemegang saham utama Sun Art seperti dilansir Reuters, Selasa (29/1/2013).

Sun Art, merupakan perusahaan patungan antara Ruentex Group dan perusahaan swasta Perancis Groupe Auchan SA, mampu menyalip pesaingnya di China seperti Wal-Mart Stores Inc pada 2010, menurut data perusahaan riset Euromonitor.

Perusahaan ritel ini menyalip Wal-Mart Stores Inc sebagai operator hypermarket terbesar di China. Hal tersebut didukung ekonomi lokal dan mengandalkan loyalitas konsumen terhadap merek China, menurut seorang pemegang saham utama.

Sementara perusahaan ritel asing lain di China tidak memiliki kecerdasan politik yang sama. Sun Art memiliki pandangan sebagai sebuah perusahaan China dengan pengetahuan tentang pasar lokal.

"Kami seperti lengan pemerintah daerah. Kami mengetahui apa keuntungan dari pelanggan China, sehingga semua pemerintah daerah sangat mendukung kita. Kami membantu mereka menstabilkan harga konsumen dan menambah pekerjaan," tutur dia.

Sun Art, perusahaan patungan antara Ruentex dan swasta Groupe Auchan SA dari Prancis yang terdaftar di Hong Kong. Perusahaan ini memasuki pasar China pada 1998, tiga tahun setelah Wal-Mart. Namun perusahaan ini mampu menyalip perusahan ritel raksasa Amerika Serikat pada 2010, memperluas memimpin pasar pada 2011.

Perusahaan ini mengoperasikan 240 hypermarket di China dan menguasai 12% dari pangsa pasar pendapatan pada 2010, sementara Wal-Mart memiliki 11,2% dan Carrefour SA memiliki 8,1%, menurut perusahaan riset Euromonitor.

"Ada banyak kesempatan ketika pemerintah daerah mengundang kalangan bisnis untuk berinvestasi dan pesaing kami telah diminta untuk meninggalkan selama pertemuan tersebut," kata Yin.

Sentimen anti-Perancis muncul di China pada 2008 setelah tumbuh rumor bahwa Carrefour dan LVMH pemegang saham Groupe Arnault mendukung Dalai Lama.

Carrefour kemudian membantah rumor tersebut. Yin mengatakan kepercayaan Carrefour terkait dukungan untuk Dalai Lama telah menyakiti operator supermarket asal Perancis tersebut. Nasionalisme memainkan peran besar tidak hanya dengan para politisi, tetapi juga pada konsumen biasa.

"Kesalahan terbesar yang Carrefour telah buat adalah bahwa mereka berpikir asalkan harganya rendah, pelanggan akan datang. Itu belum tentu benar. Pelanggan Cina cukup patriotik," lanjut dia.

Yin berpendapat Art Sun juga telah kalahkan Carrefour dan Wal-Mart dengan menawarkan barang murah dan menjalin hubungan baik dengan pemasok.

"Kami lebih kecil, membuat kita lebih berhati-hati tentang setiap langkah yang kita buat. Kami melokalisasi dan kami mengurangi jumlah pemasok kami, membuat produk kami lebih murah. "

Pertumbuhan China akan didorong oleh urbanisasi yang cepat di negara tersebut.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/498941/perusahaan-ritel-terbesar-china-sun-art-bidik-indonesia
»»  READMORE...

Sunday, January 27, 2013

Bermodal Rp 70 Ribu, Omzet Dayat Kini Jutaan Dolar



Jangan pernah mengkhianati kepercayaan. Itulah modal utama para perantau asal Jawa Barat di Batam, Kepulauan Riau. Berbekal kepercayaan itulah, mereka sukses dalam berbisnis. Dayat Hidayat, pengusaha kayu sukses asal Jabar, misalnya, pun benar-benar memanfaatkan kepercayaan yang diberikan orang lain kepadanya.

Jika berbicara tentang berapa rupiah modal saat pertama kali ke Batam, Dayat mengaku hanya berbekal Rp 70 ribu. "Itu pun uang pemberian kakek saya. Hanya itu modal saya ke Batam," kata pria kelahiran Sumedang 50 tahun silam ini.

Ketika pertama kali ke Batam, Dayat, yang ketika itu masih tercatat sebagai pegawai negeri sipil (PNS), harus berjuang keras. Semangat dan darah mudanya tidak menghalangi tekadnya untuk tetap bertahan.

Memang, kata Dayat, saat itu, dia mendapat gaji PNS. Akan tetapi, naluri Dayat berkata lain. Dayat punya keinginan kuat untuk lebih maju. "Saya akhirnya terjun pada dunia bisnis," katanya.

Pertama kali berbisnis, Dayat menggeluti dan menggarap limbah bisnis industri logam. "Saat itu, belum ada yang menggarapnya. Jadi, saya pikir ini peluang," ujar dia.

Pada 1992, Dayat memutuskan mundur sebagai PNS. Sejak itu, Dayat serius di bisnis limbah industri logamnya. Perlahan tapi pasti, Dayat memupuk kesuksesan. Kontrak demi kontrak dia raih.

Memasuki dekade 2000-an, berbekal pengalamannya menggarap limbah industri logam, Dayat beralih pada perkayuan. Ternyata, Dayat harus melakukannya lagi sejak awal. "Saya memproduksi berbagai jenis perlengkapan kayu, seperti pintu," sambung Dayat.

Untuk memasarkan produk-produknya, Dayat berkelana ke berbagai daerah, termasuk Singapura. Mengapa Singapura? Dayat menilai, pasar Singapura sangat menjanjikan. Jaraknya dengan Batam pun relatif dekat.

"Hasil bisnis dan tabungan selama menjadi PNS saya jadikan modal. Saya harus door to door menawarkan produk ke berbagai perusahaan di Singapura," katanya.
Usahanya yang tidak pantang menyerah berbuah hasil. Sebuah perusahaan Singapura tertarik pada produknya.

"Mereka memesan produk saya. Itu menjadi order pertama. Mereka memesan 4 ribu lembar pintu senilai Rp 450 juta," ungkapnya.

Sejak itu, Dayat menerima banyak pemesanan. Pada pertengahan dekade 2000-an, Dayat bertemu Daniel Ong. Pengusaha kaya raya Singapura itu memberinya kepercayaan untuk mengelola perusahaannya.

"Saya tidak meminta gaji besar. Yang saya minta kepada Ong saat itu adalah keleluasaan untuk mengembangkan usaha. Dia menyetujuinya," ujar Dayat.

Ternyata, putusan Dayat tepat. Bisnis yang dikelola Dayat kian berkembang. Dayat pun makin kerap menerima order. "Mayoritas, saya mengirim produk ke Singapura," kata Dayat.

Otomatis, omzet Dayat pun naik berlipat. Nilainya mencapai jutaan dolar Singapura per bulan. Daniel Ong, yang semula menjadi pemodal, beralih peran menjadi rekan bisnis.

"Saya mengambil hikmah perjalanan hidup ini. Saran saya, jangan pernah mengkhianati kepercayaan. Alhamdulillah, hasilnya saya rasakan saat ini," kata Dayat.

Referensi : http://www.tribunnews.com/2013/01/26/bermodal-rp-70-ribu-omzet-dayat-kini-jutaan-dolar
»»  READMORE...

50 Juta Orang Indonesia Bergaji Rp 20 Juta Sebulan



Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan masyarakat kategori ekonomi menengah ke atas di Indonesia lumayan banyak.

"Saat ini ada 50 juta orang Indonesia yang punya penghasilan Rp 20 juta sebulan," kata Bayu saat menjadi pembicara seminar nasional Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sabtu, 26 Januari 2013.

Kelompok kelas ekonomi ini, menurut Bayu, menjadi penting karena mereka punya daya beli dan tuntutan produk yang luar biasa. Padahal, lanjut dia, pendapatan rata-rata orang Indonesia di angka US$ 3.500 per tahun.

Bayu menambahkan, angka 50 juta orang setara dengan 20 persen jumlah penduduk Indonesia saat ini. Dia mengemukakan kalangan ekonomi menengah ke atas tidak hanya ada di kota-kota besar.

"Mereka juga berdomisili di kota yang lebih kecil seperti Jember, Purwokerto, Solo, dan Malang," katanya. "Tanda daya beli masyarakat meningkat ketika sudah berdiri supermarket, mall, dealer mobil, dan bioskop di sebuah daerah,"

Referensi : http://www.tempo.co/read/news/2013/01/27/090457172/50-Juta-Orang-Indonesia-Bergaji-Rp-20-Juta-Sebulan
»»  READMORE...

Ternyata Bill Gates Benci Uang, Ini Alasannya



Orang superkaya di dunia Bill Gates seringkali tak punya uang tunai di dompetnya. Kalau pun ada uang tunai jumlahnya hanya beberapa lembar saja.

Bos Microsoft itu mengaku dirinya paling benci pegang uang tunai. Dia benci pegang uang tunai karena efeknya pada orang-orang miskin yang tidak punya akses ke perbankan.

Uang tunai telah menjadi masalah buat banyak orang miskin terutama karena mereka tak punya rekening bank. Padahal di zaman elektronik seperti ini, banyak transaksi yang dilakukan dengan tanpa uang tunai.

Menurutnya transaksi elektronik lebih baik dari pada pembayaran tunai. Maka itu pada September 2012, Bill melalui yayasan Bill & Melinda Gates Foundation mendirikan The Better Than Cash Alliance.

Seperti dilansir Buisenssweek, Sabtu (26/1/2013), menurutnya ada lima alasan kenapa transaksi elektronik lebih baik dan menguntungkan daripada pegang uang tunai:

1. Lebih transparan
Transaksi elektronik mengurangi peluang orang untuk melakukan korupsi atau pencurian karena jejaknya mudah dilacak.

2. Lebih aman
Orang tak perlu punya tempat khusus untuk menaruh uang tunai. Cukup selembar kartu dan hanya Anda atau orang-orang kepercayaan Anda yang bisa memakainya.

3. Lebih inklusi (terbuka)
Pembayaran elektronik bisa menjangkau orang-orang yang tak memiliki rekening bank. Orang-orang di negara maju yang tak punya akses ke perbankan tetap bisa melakukan transaksi dengan kartu elektronik. Ini karena pembayaran elektronik sifatnya bisa terbuka untuk digunakan semua orang.

4. Lebih hemat
Biaya yang dipakai untuk transaksi biasanya sangat kecil dengan pembayaran elektronik. Orang juga tak perlu direpotkan dengan membawa uang tunai jika ingin berbelanja.

5. Punya akses yang lebih luas
Dengan pembayaran elektronik orang bisa punya akses yang lebih luas ke semua penyedia jasa keuangan.

Untuk contoh pembayaran elektronik, Kenya adalah negara berkembang yang mulai menuju melakukan itu untuk warganya sejak tahun 2007.

Bill Gates sendiri punya cita-cita semua orang, baik miskin atau kaya punya akses yang sama untuk transaksi apa pun baik yang punya rekening bank atau tidak. Ia melihat pembayaran elektronik sebagai salah satu solusinya.

Bill yang dikenal dermawan ini melalui yayasan barunya mulai membantu beberapa negara berkembang yang ingin menggunakan pembayaran elektronik.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/496913/bill-gates-benci-uang-tunai-ini-alasannya
»»  READMORE...

Prestasi Warga Indonesia pada Januari 2013, Pemerkosaan Mencapai 25 Kasus



Kasus perkosaan terus melonjak di Indonesia. Sepanjang Januari 2013, sudah terjadi 25 kasus perkosaan dan dua kasus pencabulan. Sementera, dengan jumlah korban mencapai 29 orang dan jumlah pelaku mencapai 45 orang.

Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch, mengatakan tragisnya pada Januari 2013 ini terjadi lima kasus perkosaan massal, tiga diantaranya dilakukan sejumlah pelajar terhadap gadis teman sekolahnya. "Di Tegal, Jateng misalnya, seorang siswi Madrasah Tsanawiyah diperkosa tujuh teman lelakinya pada 16 Januari. Setelah diperkosa, korban ditinggalkan begitu saja dalam keadaan tak sadarkan
diri di sebuah gubuk," katanya melalui keterangan tertulis.

Sebagian besar korban perkosaan berusia 1-16 tahun sebanyak 23 orang dan usia 17-30 tahun sebanyak 6 orang. Sedangkan pelaku perkosaan berusia 14-39 sebanyak 32 orang dan berusia 40-70 tahun ada 12 orang. Lokasi perkosaan sebagian besar terjadi di rumah korban (21 kasus) dan di jalanan 6 kasus.

Data ini menunjukkan bahwa rumahnya sendiri ternyata tidak aman bagi korban. Sebab pelaku perkosaan terdiri dari tetangga 8 orang, keluarga atau orang dekat 7 orang, teman 4 orang, ayah kandung 3 orang dan ayah tiri 2 orang orang.

Daerah rawan perkosaan di sepanjang Januari adalah Jabar ada 8 kasus, Jakarta 5 kasus, Jateng 5 kasus dan Jatim 3 kasus. Ind Police Watch (IPW) mendata, maraknya angka perkosaan ini karena semakin mudahnya masyarakat mengakses film2 porno, baik melalui internet maupun lewat ponsel. Sebab sebagian besar pelaku perkosaan kepada polisi mengaku, mereka melakukan aksinya karena terangsang setelah melihat film2 porno.

Selain itu, lembaga hukum di Indonesia tidak berfungi dengan baik. Para Penegak hukum seperti Polisi, Jaksa, Hakim tidak menjalankan tugasnya dengan baik, terutama dalam menghukum pelaku perkosaan, sehingga tidak ada efek jera. Ketika satu kasus perkosaan tidak dengan cepat diungkap dan dituntaskan oleh polisi, kasus itu akan menjadi tren di kalangan pelaku. Hal ini terlihat dari kasus perkosaan massal yang dilakukan para pelajar. Di tahun 1980-an, Jakarta juga pernah dilanda tren perampokan yang disertai perkosaan.

Referensi : http://id.berita.yahoo.com/ipw-sepanjang-januari-2013-pemerkosaan-mencapai-25-kasus-013215763.html
»»  READMORE...

29 Industri garmen dan tekstil di Jateng cemari lingkungan



Sebanyak 29 industri dan perusahaan yang tersebar di Jawa Tengah mendapatkan sanksi administratif dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah. Ke-29 industri yang bergerak dalam produksi garmen dan tekstil ini dinilai tidak mematuhi peraturan tentang daya dukung dan kelestarian lingkungan.

29 Industri tersebut dinilai telah menyalahi pengelolaan limbah pembuangan industri mereka masing-masing. Sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan yang ada di sekitar industri/pabrik.

"Sepanjang tahun 2012 lalu, telah dilakukan pengawasan dan pembinaan terhadap sejumlah industri. Pembinaan ini berkaitan dengan proses pengelolaan limbah yang mencemari lingkungan. Hasilnya, ada 29 perusahaan yang tersebar di Jawa Tengah tidak mematuhi aturan tentang lingkungan hidup. Sejumlah perusahaan yang tidak patuh tersebut diberikan sanksi administratif," tegas Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, Djoko Sutrisno saat dikonfirmasi merdeka.com Senin (28/1).

Djoko menengarai pelanggaran terhadap ketaatan dalam pelestarian lingkungan ini masih banyak terjadi dan belum terpantau. Pada musim penghujan untuk mendeteksi pencemaran limbah mengalami kesulitan, sebab debit air yang sangat tinggi. Pencemaran lingkungan tersebut baru nampak pada musim kemarau ketika debit air rendah.

Pada musim hujan kali ini BLH Provinsi Jawa Tengah melakukan pemetaan wilayah yang terkena banjir dan mengidentifikasi seperti apa kondisi air di wilayah atas dan kawasan terkena banjir.

"Akan kita lihat bagaimana kualitas air atasnya, seperti apa? Hal ini dilakukan untuk antisipasi adanya dampak pencemaran yang lebih luas. Terutama penyebaran pencemaran ke wilayah yang lebih luas dan lebih jauh disekitar industri atau pabrik itu," pungkas Djoko.

Referensi : http://www.merdeka.com/peristiwa/29-industri-garmen-dan-tekstil-di-jateng-cemari-lingkungan.html
»»  READMORE...

Thursday, January 24, 2013

Kinerja Perdagangan Indonesia Masih Lesu



Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution memperkirakan kinerja perdagangan Indonesia pada semester pertama tahun ini masih lesu. Kinerja impor diprediksi lebih tinggi ketimbang ekspor. "Situasinya belum baik. Bahkan Bank Dunia menurunkan lagi pergerakan pertumbuhan ekonomi," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Januari 2013.

Lesunya kinerja perdagangan disebabkan derasnya investasi yang berimbas pada tingginya impor pada barang modal dan bahan bakar minyak. Impor keduanya menghasilkan defisit transaksi berjalan pada semester awal bakal tetap tinggi. "Impor berjalan karena investasi. Jadi transaksi berjalan kecendrungan defisitnya lebih besar," katanya.

Transaksi berjalan terus memperbesar defisit dua tahun belakangan. Tahun lalu, Darmin menambahkan, target defisit transaksi berjalan pada kisaran 2,2 - 2,3 persen. Namun pada kuartal terakhir defisit diperkirakan melebar dari target. "Angkanya akan keluar beberapa minggu lagi. Seingat saya mungkin defisit 2,4 persen," ujarnya.

Kendati demikian, Darmin optimistis kinerja perdagangan membaik pada semester dua tahun ini. Alasannya kinerja ekspor mulai menggeliat. Selain itu Darmin menilai jika transaksi modal dan finansial mencapai surplus akan berimbas baik baik pada defisit transaksi berjalan.

Kekhawatiran Darmin sepenarikan napas dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Lemahnya kinerja ekspor mendorong memburuknya defisit transaksi berjalan. Kendati demikian Agus yakin badai pasti berlalu. Impor barang modal bakal membantu kegiatan investasi. "Selama sifatnya mendukung investasi, kami terus mendorong,” katanya. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu berkomitmen memberikan insentif fiskal pada sektor produktif lainnya. “Karena akan memperbaiki current account,”

Referensi : http://www.tempo.co/read/news/2013/01/24/087456613/Kinerja-Perdagangan-Indonesia-Masih-Lesu
»»  READMORE...

Ini Resep Sukses Ala 'Raja' Walt Disney


Ini Resep Sukses Ala 'Raja' Walt Disney

Walt Disney (Disney), perusahaan hiburan asal Amerika Serikat terus membesar, di bawah tampuk kepemimpinan Robert Iger. Pada 2012, Disney berhasil mengantongi peningkatan pendapatan sebesar US$ 40,2 juta atau naik 20% dari 2011.

Bukan hanya itu, saham perusahaan terus merangkak naik, bahkan menembus 38% selama 12 bulan ke posisi tertinggi dalam sejarah Disney berdiri sebesar US$ 54 per saham.

Merek-merek kelas atas, seperti Pixar, Marvel dan Lucasfilm telah menjadi bagian dari perjalanan Walt Disney. Ini seiring langkah Iger menekuni industri hiburan dan media.

Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat itu terus melebarkan sayap usaha di segala lini. Hingga mampu menguasai aset berupa studi, film, video dan sebagainya dengan nilai US$ 95,6 miliar.

Bagi pelaku usaha yang berniat menjalani bisnis hiburan dan media, Iger membagi 'resep' suksesnya seperti yang dilansir dari situs Forbes, Kamis (24/1/2013):

1. Bersikap Jujur
Untuk membesarkan usaha, setiap pemimpin perusahaan mesti menerapkan kejujuran kepada mitra kerja, pelanggan dan siapapun. Itu dibuktikan ketika Iger harus mengambilalih Walt Disney dari Michael Eisner pada tahun 2005, dari sisi negosiasi. Hingga akhirnya, Iger berhasil mendapatkan perusahaan tersebut dengan aset senilai US$ 7,4 miliar saat itu, dan Steve Jobs menjadi pemegang saham terbesar Disney.

2. Percaya pada Merek
Di bawah kekuasaan Iger, Disney telah mengakuisisi tiga merek ternama, Pixar dan Marvel pada 2010 sebesar US$ 4 miliar dan belum lama ini membeli Lucasfilm serta Star Wars dengan nilai yang sama.
Dia menyarankan, agar setiap pelaku usaha yang membeli merek apapun dengan berbagai alasan, hendaknya percaya dan berusaha untuk membesarkan merek itu supaya mampu memiliki imej kuat di mata pelanggan.

3. Hormat Tanpa Perlu Mengingat Masa Lalu
Iger merupakan tipe orang yang tidak ingin banyak mengenang masa lalu. Tapi telah berkomitmen untuk fokus pada masa depan perusahaan. "Ada banyak peristiwa terjadi di masa lalu, di mana nilai dan pelajaran dari kejadian itu bisa dibawa ke depan. Saya mencoba untuk menarik diri dari masa lalu," paparnya.

4. Jadikan Perusahaan Memiliki Kompetitif atau Daya Saing
Saat ini, kehadiran perusahaan yang bergerak di bidang sama dengan Walt Disney cukup menjamur. Namun Iger berpendapat tidak perlu menghabiskan pikiran dan waktu Anda untuk berkompetisi semata, tapi buatlah perusahaan Anda berbeda dengan kompetitor, dari sisi produk, teknologi, pelayanan dan sebagainya.

5. Menghargai Karya Orang Lain
Penghargaan terhadap karya pegawai sangat penting. Ini pula yang dilakukan Iger saat mengakuisisi Lucasfilm. Bahwa aksi tersebut juga merupakan ide dari orang-orang kepercayaan di sekitarnya, seperti karyawan, teman maupun partner kerja.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/495500/ini-resep-sukses-ala-raja-walt-disney
»»  READMORE...

Wednesday, January 23, 2013

Diatas Pengadilan Tuhan Yang Maha Adil



Sejauh mata melihat, candamu melayang dalam qolbu ku. Kiasan malam bertabur bintang terhelai kabut-kabut berasap mengelilingi dikesunyian malam. Ceritakan mana yang ada dalam benak hati ini. Jikalau muslihatmu masih kau tutupi.

Cahaya menghampiri bersinarlah bulan purnama, belum ada yang mengetahui dimana jasadku bersembunyi. Dan ketika aku melihat disekelilingku nampaknya tempat ini sudah tak asing lagi. Kematian tak berujung batas antara langit dan bumi kelihatanya tak ada batasnya.

Merindunkan hari kemarin tapi asaku sudah purna, bakti ini telah tuntas dan ku kabarkan pada orang-orang ter dahulu yang tak sempat ku ketahui namanya. Hanya saja ini nyata atau mimpi jika saya bertemu dengan orang-orang besar, yang namanya melegenda dipenjuru dunia.

Alangkah bodohnya mataku melihat kiasan dunia, kiasan yang seolah-olah menghalangi dalam geraak langkah menuju kebaikan. Hari ini sudah lewat berharap-harap dapat ampunan diatas pengadilan Tuhan, pengadilan yang maha adil.

(Mimpi atau Mati)
»»  READMORE...

Dongkrak Produksi di RI, Produsen Baja India Investasi Rp 1,2 T



PT Essar Steel, produsen baja asal India, mengalokasikan dana US$ 125 juta atau setara Rp 1,2 triliun untuk meningkatkan kapasitas produksi baja canai dingin (cold rolled coil/CRC) di Indonesia.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto, menyebutkan saat ini kapasitas produksi baja canai dingin Essar di daerah Cibitung baru sebesar 200 ribu ton per tahun dan akan ditingkatkan menjadi 700 ribu ton per tahun.

"Kebutuhan CRC terus meningkat, makanya mereka ekspansi lagi," kata Panggah usai menerima kunjungan PT Essar Steel.

Panggah menuturkan kebutuhan baja canai dingin di Tanah Air mencapai 2,5 juta ton per tahun. Saat ini pangsa pasar baja canai dingin masih dikuasai PT Krakatau Steel Tbk, dengan produksi CRC mencapai 850 ribu ton per tahun, atau setara 30% kebutuha CRC domestik.

Essar Steel telah memulai operasi komersialnya pada 1997 dan merupakan produsen terbesar Cold Rolled Steel di sektor swasta di Indonesia. Perseroan merupakan produsen baja kelas dunia yang juga beroperasi di India, Kanada, Amerika Serikat, dan Asia.

Referensi ; http://bisnis.liputan6.com/read/495036/dongkrak-produksi-di-ri-produsen-baja-india-investasi-rp-12-t
»»  READMORE...

Indonesia Layak Jadi Laboratorium Pluralisme



Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan di forum internasional, Indonesia tepat  menjadi laboratorium penelitian hubungan yang baik antar umat beragama dalam sebuah negara.

“Kesadaran akan fitrah kemanusiaan dan konsep persaudaraan inilah yang mendasari masyarakat Indonesia sehingga sampai hari ini dan seterusnya tetap bersatu dalam NKRI. Kami berbeda tetapi kami satu,” ujar Suryadharma usai menjadi pembicara di seminar internasional Princess of Songkhala University Pattani Campus, Thailand, Rabu (16/1).

Suryadharma menjelaskan, penganut agama-agama di Indonesia memiliki dasar yang kuat sehingga bisa bersatu dalam perbedaan. Dasar tersebut adalah kesadaran bahwa perbedaan itu fitrah. “Perbedaan itu adalah fitrah. Jika tidak menerima perbedaan,berarti kita mengingkari fitrah kemanusiaan,” tegasnya.

Umat Islam Indonesia, ujar Suryadharma, mempunyai tiga konsep persatuan dan persaudaraan, yaitu ukhuwah Islamiyah (persaudaran seagama), ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan kemanusiaan).

Terkait kerukunan, Suryadharma menegaskan, sebagai negara yang mempunyai lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia sangat plural. “Perekat utamanya, salah satunya adalah kekuatan Islam. Yaitu Islam yang toleran, Islam yang berwajah kemanusiaan, dan Islam yang rahmatan lil alamin,” terangnya.

Menurut Suryadharma,lembaga pendidikan Islam juga mengakomodir nilai-nilai lokal. Umat Islam Indonesia, hidup dalam lingkungan yang plural sehingga harus bisa memahami kondisi tersebut dengan mengembangkan kebijakan yang lebih bermanfaat bagi lingkungannya.

Di Thailand, Menag juga mengadakan pertemuan dengan Sekjen Southern Border Provinces Administrative Center (SBPAC), Kolonel Polisi Tawee Sodsong. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh Muslim Provinsi Pattani.

Referensi ; http://www.republika.co.id/berita/internasional/asean/13/01/16/mgpd8c-indonesia-layak-jadi-laboratorium-pluralisme
»»  READMORE...

Toko Apple Indonesia Jadi yang Keempat di Asia



Rencana Apple Inc. membuka toko di Indonesia rupanya bukan yang pertama kali. Pada 2008 hingga 2010, Apple sebenarnya sudah pernah menjual produknya lewat toko online di Indonesia. Namun, penjualan online ini ditutup sekitar tiga bulan kemudian, setelah mulai terjadi ketidakberesan pengiriman pada November 2010.

"Situs Apple di Indonesia masih online untuk mempromosikan produk-produk dan menunjukkan harga, sekaligus mengarahkan pembeli ke distributor resmi," demikian artikel di situs www.thenextweb.com.

Namun, kini Apple kembali melirik pasar Indonesia dan berencana membuka toko online dan gerai retail di Jakarta. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan produsen iPad dan iPhone ini sudah mengantongi izin dari BKPM.

Investasi pengembangan jaringan ritel Apple ke Indonesia ini diperkirakan sekitar US$ 3 juta atau setara Rp 28 miliar. Saat ini Apple baru memiliki 3 toko resmi di Asia, yaitu di Shang Hai, Hong Kong dan Tokyo. Jika jadi dibangun, Jakarta akan jadi toko Apple keempat di Asia.

Referensi : http://www.tempo.co/read/news/2013/01/23/090456452/Toko-Apple-Indonesia-Jadi-yang-Keempat-di-Asia
»»  READMORE...

Monday, January 21, 2013

Ku Pusatkan Mantra Tuhan



Golongan mana yang menyalahkan saya jika saya menjual harga diri saya, tubuh ini adalah tubuh sendiri biarkan ku jual untuk sesuap nasi demi menyambung hidup.

Lontaran cacian bertebaran dimana-mana tertuju pada diriku, entah besok atau kapan aku akan hidup normal layaknya manusia biasa, bukan keterasingan menghadapi pahitnya nasib.

Masa kecilku suram karena terenggut kebutuhan ekonomi, lapangan pekerjaan yang tak sanggup ku masuki, menjadikanku begitu mudah tergoda pada kenikmatan duniawi.

Surat Bertaubat ku layangkan pada yang maha kuasa, berharap anak ku kelak tak menerima nasib seperti ini. Dosaku bertabur dalam pandangan orang dan tuhan. Sekian lama mata menatap pagi yang sama tapi tubuh sudah mulai berubah dan sekarang tinggal penyesalan.

( penyesalan pelacur )
By : bagus J.
»»  READMORE...

Ekonomi Eropa, Diantara Tanda-tanda Pemulihan dan Ketakutan



Ini mungkin menjadi tahun terburuk bagi negara-negara yang berada di zona Eropa alias negara-negara yang menggunakan mata uang euro. Permasalahan ekonomi yang belum ada titik terang, menjadikan kecemasan tersendiri bagi negara-negara yang berada di kawasan ini.

Setelah Yunani, kini Irlandia menjadi negara selanjutnya yang diindikasikan akan menerima dana talangan (bailout) untuk menyelesaikan masalah utang yang tinggi di negara tersebut. Jika rasio utang terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Yunani tahun 2012 sebesar 157,7 persen, maka Irlandia angkanya mencapai 121,5 persen.

Padahal rasio utang terhadap PDB yang sehat adalah di bawah 50 persen, sedangkan jika rasionya sudah mencapai 90 persen itu artinya negara dalam kondisi keuangan yang berbahaya karena bisa gagal membayar utang.

Kondisi ini seolah menjadi isyarat bagi para spekulan untuk tidak berharap terlalu banyak terhadap kebangkitan ekonomi zona Eropa.

Selama tiga tahun, Kanselir Jerman Angela Marker telah berupaya membuat beberapa kebijakan demi meningkatkan nilai mata uang Euro. Dan positifnya, mata uang euro sejak awal Januari 2013 terus mengalami penguatan terhadap dolar AS. Sedangkan selama 6 bulan terakhir euro telah menguat 11% terhadap dolar AS. Posisi mata uang euro terhadap dolar AS kini ada di level 1,3306.

Dalam pertemuan World Economic Forum, yang akan dibuka Rabu 23 Januari 2013 di Davos, Swiss, muncul kekhawatiran para pemimpin negara Eropa menjadi kurang waspada terhadap berbagai permasalahan baru yang muncul mengingat performa mata uang euro yang mengalami peningkatan terhadap dolar AS.

"Risikonya adalah bahwa dalam kondisi yang tidak mendesak seperti ini setiap keputusan yang diambil dirasa cukup dan jika itu terjadi maka Eropa akan menjadi Jepang berikutnya yang kawasan ekonominya hingga sekarang terus tertekan", ungkap Jacob Kirkegaard, pakar ekonomi dari Peterson Institude di Washington seperti dilansir dari CNBC, Selasa (22/1/2013).

Pelaku pasar kini berharap pada presiden bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB), Mario Daghri agar bisa menormalkan kondisi ekonomi di kawasan ini. Daghri memberikan harapan bagi para pelaku pasar dengan janjinya di musim panas lalu untuk melakukan apa pun yang diperlukan demi menjaga Euro, termasuk membeli obligasi pemerintah Spanyol jika diperlukan untuk menutup biaya pinjaman negara tersebut.

Janji Daghri ini menjadi pengaruh yang sangat jelas demi tercapainya bantuan dana talangan (bailout) dunia internasional untuk Irlandia, Yunani dan Portugal. Beberapa kalangan mulai khawatir negara-negara di selatan Eropa itu akan lepas dari Zona Eropa karena harus berjuang mengatasi tingginya utang.

Kemungkinan mengerikan lainnya adalah Jerman dan negara-negara di utara Eropa yang berencana keluar dari mata uang euro demi menghindari masalah ekonomi yang terjadi saat ini.

Apapun yang terjadi, fokus dari kecemasan saat ini adalah situasi fiskal di Amerika Serikat, karena apapun permasalahan di Washington telah melemahkan beberapa kebijakan Euro yang dibuat oleh politisi Eropa.

Kenneth S. Rogoff, profesor ekonomi di Harvard mengatakan, "Beberapa pembuat kebijakan Eropa yang mengunjungi Amerika Serikat baru-baru ini begitu senang melihat bahwa dinding fiskal Eropa tidak termasuk dalam alur permasalahan".

Namun, Profesor Rogoff menambahkan, Eropa harus menghidupkan kembali pertumbuhan ekonominya untuk mengatasi masalah tersebut. "Dan bahkan jika mereka melakukannya, itu bukan solusi jangka panjang. Mereka perlu mengintegrasikan lebih lengkap, atau mereka akan hancur berantakan," ungkapnya.

Pemimpin politik Eropa telah mengambil langkah-langkah penting untuk meningkatkan kedisiplinan pengeluaran para negara pengguna mata uang Euro. Langkah lain adalah memberikan batasan keuangan bagi negara-negara zona Eropa yang bermasalah dan mengkonsolidasikan pengawasan terhadap bank.

Meskipun banyak ketidaksempurnaan, tindakan itu nampaknya telah cukup untuk meyakinkan investor bahwa kebijakan para pejabat di Eropa secara perlahan menjadikan nilai mata uang Euro mengalami kenaikan.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/493917/ekonomi-eropa-diantara-tanda-tanda-pemulihan-dan-ketakutan
»»  READMORE...

Merdeka atau Macul........?



Kata-kata semanagt 45 dalam dada masyarat indonesia mulai luntur karena kurang kerjasama dan kepercayaan masyaratkat dan pemerintah. Dalam peristiwa sekitar 70 tahun lalu bangsa yang berbeda suku dsb, ini bersatu dalam lancana tekad yakni mengusir penjajah.

Penjajah telah lewat, rakyat menggugat pemerintah, katanya negara kita adalah negara terkaya didunia dengan sumberdaya alamnya apakah benar..? ya ini berita baik yang memang benar. Pernah pada suatu ketika pak habibie memikirkan hal ini diusianya yang ke-35 beliau mudik dari jerman pulang kampung ke-indonesia.

Kenapa pak habibie mudik...? karena sangat sayangnya beliau pada rakyat indonesia beliau mengetahui bahwa kita bangsa indonesia mampu menjadi bangsa yang besar dan maju. Namun kendalanya hanya satu yakni sumberdaya manusianya yang belum siap. ha ha ha

Lah terus gimana..? Perlu kesadaran dari masing-masing elemen baik itu dari sumber manusia dan bidang studi masing-masing untuk menggenggam tangan meraih satu tujuan yakni buat anak cucu kelak. Kenapa...? karena kita adalah manusia yang dimulyakan Tuhan, kita diberi anugerah yang tidak dimiliki oleh bangsa lain berupa kekayaan sumber daya alam yang berlimpah ruah.

Oh.......! kelihatanya masuk akal juga kita bangsa yang tidak serakah dan kita mampu memegang tanggung jawab dari Tuhan, itu karena kita lahir dari tanah air Indonesia. Ayo jangan saling mengkambing hitamkan seseorang atau golongan manapun karena kita binika tunggal ika "berbeda-beda tapi tetap satu" cirikhas yang akan melekat pada kita dan anak cucu kelak.
»»  READMORE...

RI bisa Tiru Thailand Kembangkan Kawasan Industri



Pengembangan kawasan industri di Indonesia masih tertinggal dari Thailand yang menyerahkan badan otorita untuk mengurus masalah perizinan, pembebasan tanah dan prasarana sehingga investor tertarik untuk berinvestasi.

"Pada 1972 dibentuk suatu badan otorita yaitu Industrial Estate Authority of Thailand (IEAT). Badan ini bertugas untuk mengembangkan kawasan industri dan memberi pelayanan mudah dan cepat untuk semua kegiatan industri, seperti proses perizinan, pelayanan informasi investasi, pendirian perusahaan, sumber pendanaan, perancangan dan konstruksi pabrik, serta studi kelayakan," kata pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Latief Adam, di Jakarta, Kamis.

Indonesia seharusnya dapat menerapkan langkah seperti yang dilakukan Thailand untuk meningkatkan pengembangan kawasan industri dan menarik lebih banyak investor asing.

Di Indonesia, menurut Latief, kawasan industri masih jauh dari kondisi ideal. Banyak terdapat kawasan industri, baik yang difasilitasi oleh pemerintah maupun yang berdiri sendiri atas prakarsa pihak swasta, yang kavlingnya belum dapat terisi seluruhnya.

"Permasalahan yang mendasarinya beragam, seperti penataan lahan dan infrastruktur yang belum memadai. Hal ini menyebabkan daya tarik kawasan industri, terutama di luar Pulau Jawa, relatif kurang," paparnya.

Sementara itu, semakin tipisnya hambatan dalam aktivitas perekonomian antarnegara termasuk di sektor industri, lanjut Latief, menyebabkan perekonomian suatu negara tidak dapat terlepas dari pengaruh berbagai faktor eksternal, selain sejumlah faktor ekonomi, sosial dan politik dalam negeri.

"Berbagai faktor eksternal dan internal berpengaruh secara simultan terhadap daya saing suatu kawasan industri di suatu negara," tambah Latief.

Berbagai faktor internal yang mempengaruhi daya saing kawasan industri suatu negara di antaranya permintaan dan penawaran terhadap kawasan industri, suku bunga, inflasi, ketersediaan tenaga kerja dan tingkat upahnya, dan ketersediaan sumber daya lainnya serta sejumlah faktor sosial dan politik seperti kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan iklim investasi, katanya.

Latief berpendapat, berbagai faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan oleh perekonomian suatu negara juga memiliki pengaruh besar terhadap daya saing suatu kawasan industri.

Untuk itu, kata Latef, dalam rangka meningkatkan daya saing kawasan industri di Indonesia, maka kerangka analisisnya tidak dapat dilepaskan dari berbagai kecenderungan kondisi ekonomi secara internal dan eksternal.

Termasuk menganalisis berbagai kebijakan investasi dalam negeri khususnya dalam pengembangan kawasan industri maupun negara-negara pesaing dalam hal kebijakan fiskal, moneter, dan kebijakan lainnya yang mempengaruhi investasi di kawasan industri, tambahnya lagi.

Referensi  :  http://www.antaranews.com/berita/344783/ri-bisa-tiru-thailand-kembangkan-kawasan-industri
»»  READMORE...

Mau Jadi Orang Optimistis? Perbanyak Makan Sayur dan Buah!



Harvard School of Public Health melakukan sebuah penelitian pertama tentang hubungan antara perasaan optimis dengan tingginya kadar karotenoid, yang diperoleh setelah mengonsumsi sayuran, dalam darah.

Menurut Julia Boehm, ketua penelitian, penelitian ini mengevaluasi konsentrasi darah dari sembilan antioksidan yang berbeda, termasuk karotenoid seperti betakaroten dan vitamin E pada hampir 1.000 penduduk Amerika Serikat berusia 25 hingga 74 tahun.

Dari situ para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang lebih optimis mengalami peningkatan konsentrasi karotenoid mencapai 13 persen dalam darah mereka jika dibandingkan dengan mereka yang kurang optimis.

Peneliti percaya kadar yang tinggi dari konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran pada orang yang optimis dapat menjadi penjelasan dari temuan tersebut. Mereka juga menemukan orang-orang yang mengonsumsi dua atau kurang buah-buahan dan sayur-sayuran per hari akan secara signifikan kurang optimis.

Sebaliknya, para peneliti tidak menemukan hubungan tersebut pada vitamin E, antioksidan yang ditemukan dalam kadar tinggi pada minyak yang dibuat dari bunga matahari dan gandum serta kacang-kacangan lainnya.

Namun, karena para peneliti hanya melakukan sekali pengukuran dari hubungan kandungan antioksidan dengan tingkat optimis tersebut dibandingkan mengikuti mereka sepanjang waktu, maka penelitian ini masih belum dapat menjelaskan apakah optimis mendorong kadar karotenoid yang tinggi atau apakah buah dan sayuran yang cenderung membuat orang optimis.

“Temuan kami sebagian kecil dapat menjelaskan fakta bahwa semakin optimis seseorang cenderung untuk terikat dengan perilaku yang lebih sehat seperti mengonsumsi sayur dan buah serta menghindari rokok,” ujar Boehm.

Referensi : http://www.tribunnews.com/2013/01/21/mau-jadi-orang-optimistis-perbanyak-makan-sayur-dan-buah
»»  READMORE...

Friday, January 18, 2013

3 Cara Menjadi Seorang yang Sangat Optimis



Seseorang yang optimis bukanya sebuah keberuntungan yang sulit diciptan atau dikembangkan dalam diri seseorang. Menurut  James Maddux seorang profesor psikologi di George Mason University di Fairfax.Va, dapatkah orang belajar menjadi optimis? "Jawabannya adalah tidak terbantahkan ya," kata Maddux. Ia dan para ahli lainnya merekomendasikan sebagai berikut :

1. Selalu Merasa Bahagia
Kalau anda selalu membandingkan diri anda dengan sesuatu yang lebih dari yang anda miliki seperti wajah yang lebih yampan, rumah yang lebih besar dll maka anda akan selalu merasa iri dan pesimis.

Maka dari itu tetaplah sukuri dengan apa yang anda miliki beri pujian pada apa yang pernah anda capai dalam hidup atau ketika anda dapat menyelesaikan sesuatu yang anda anggap sulit berilah hadiah pada diri anda misalnya liburan ke laut

Hal-hal ini akan membuat anda lebih rileks dan menghargai diri anda sendiri, sehingga anda semangat bekerja dan lebih optimis menatap kedepan.

2. Kelola Masalah
Katakanlah selamat tinggal phk, bila anda sedang mengalami masalah disitu. Kemudian jangan anggap itu hanyalah satu pekerjaan yang paling cocok untuk anda tapi katakanlan pada diri anda "pekerjaan ini tidak akan saya jalani selamanya".

Hal ini mencerminkan kepintaran anda dalam membaca situasi dan itu sudaha pasti bisa karena anda telah meninggal dan anda akan merasa lebih tertantang dalam mengembangan pandangan anda.

3.Kendalikan Diri
Seorang yang pesimis biasanya memandang segala sesuatu yang buruk menimpanya sebagai nasib sial atau menganggap dirinya tidak beruntung, hal ini akan malah menjadi beban bagi anda, untuk itu "biarkan diri Anda mengakui hal-hal yang berada di luar kendali Anda".
»»  READMORE...

Thursday, January 17, 2013

Modal Bukanlah Faktor Utama dalam Berwirausaha



Modal bukanlah satu-satunya faktor penunjang dalam berwirausaha. Setidaknya ada tiga faktor lain yang sebaiknya dimiliki, yaitu:

Pertama, jadilah seorang opportunity creator atau kemampuan untuk menciptakan dan menangkap kesempatan atas diri dan lingkungan Anda.

Kedua, jadilah seorang innovator dengan mampu menciptakan hal-hal atau ide-ide baru yang orisinil. Pikirkanlah sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain.

Dan terakhir, jadilah seorang calculated risk taker; yaitu orang yang berani mengambil resiko dan mampu menghitungnya dengan cermat. Ingat, setiap usaha memiliki tingkat resiko. Sehingga penting mencari solusi guna mengurangi tingkat resiko usaha yang akan terjadi.

Kini usaha anda telah berkembang. Anda sudah berhasil balik modal. Keuntungan pun sudah lumayan. Anda bahkan sudah mempunyai kelebihan dana untuk ditabung.

Nah, berikut adalah beberapa ide yang semoga bisa membuat anda lebih bersemangat dalam menabung.

Pertama, tetaplah pada tujuan anda. Apa tujuan anda menabung? Untuk meneruskan kuliah ke jenjang S2? Lakukan segala sesuatu agar anda bisa menabung secara berkelanjutan. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan usaha sampingan anda menjadi usaha yang serius, profesional, dan berbadan usaha setelah lulus S1 nanti.

Yang kedua, menabunglah begitu anda selesai membukukan keuntungan setiap bulan. Cepat masukkan sebagian uang anda ke rekening tabungan. Bersikaplah disiplin. Anda hanya boleh menggunakan tabungan anda untuk keperluan kuliah atau pengembangan usaha.

Yang ketiga, jika anda mendapat pemasukan sampingan dari bonus atau undian berhadiah uang tunai dalam sebuah acara, masukkan uang tersebut ke dalam modal usaha atau rekening tabungan. Jangan tergoda untuk bersenang-senang yang tak perlu.

Yang keempat, mulailah menabung dengan jumlah kecil, tapi lakukan secara konsisten. Yang penting, jangan menunda-nunda. Anda akan merasa segalanya menjadi lebih mudah bila sudah memulai.

Referensi : http://uanganda.or.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=172:tips-bisnis-mahasiswa&catid=25:tips-uang-anda&Itemid=85
»»  READMORE...

Ingin Hidup Dikejar Uang, Ini Tips Mantan Presiden BJ Habibie


Ingin Hidup Dikejar Uang, Ini Tips Mantan Presiden BJ HabibieMantan Presiden RI, Baharudin Jusuf Habibie menyarankan bahwa kita harus membuat pekerjaan demi menggapai kesuksesan. Generasi muda Indonesia diharapkan tak hanya bergantung dari pencarian pekerjaan semata.

"Pertama memang kita harus berorientasi pada pasar, kedua mempunyai perencanaan yang harus progresif dan meningkatkan nilai tambah barang yang kita buat, agar kita bisa menyesuaikan harga pasarnya," ujar Habibie dalam Wirausaha Mandiri Expo 2013 di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Habibie mengatakan, tidak ada tips dan trik tertentu untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur yang sukses. Trik dan tips itu tidak layak tanpa adanya disiplin dan produktifitas teknologi yang akan membantu.

"Saya tidak mempunyai trik dan tips untuk menjadi pengusaha sukses. Tapi yang harus dimiliki adalah disiplin dan produktifitas teknologi, itulah yang akan membantu Anda," ujarnya.

Lanjut Habibie, para entrepreneur Indonesia juga harus bisa menumbuhkan nilai budaya serta meningkatkan keagamaan dan pengetahuan. Dengan bersinerginya seluruh aspek tersebut, teknokrat jebolan Jerman ini yakin akan lahirk generasi-generasi pebisnis hebat.

"Jadi harus disinergikan itu semua, nanti akan membuat Anda hebat, hebat, dan hebat. Sehingga duitlah yang akan mengejar Anda," kata dia.

Ia menambahkan, setiap entrepreneur juga harus bisa memperlihatkanlah tingkat kredibilitasnya. Masyarakat Indonesia diimbau jangan hanya mengejar pendidikan tinggi saja tanpa bekerja keras. Lebih penting lagi, pemuda juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Harus bisa menciptakan pekerjaan dan jangan hanya melamar pekerjaan saja," jelasnya.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/490004/ingin-hidup-dikejar-uang-ini-tips-mantan-presiden-bj-habibie
»»  READMORE...

Wednesday, January 16, 2013

10 Orang Terkaya di Indonesia 2013



10 Orang Terkaya di Indonesia 2012 Versi Majalah Forbes - Majalah Forbes adalah majalah yang besar dan sering membuat peringkat 10 ter. Termasuk juga dalam artikel ini, Ada Yang Baru akan membahas tentang 10 orang terkaya di indonesia versi majalah forbes

10 orang terkaya di indonesia ini berlaku untuk tahun 2012 dan kebanyakan dari mereka adalah seroang pengusaha. Ingin tahu siapa saja mereka? Mari langsung kita simak pada daftar 10 orang terkaya di indonesia 2012 versi majalah Forbes dibawah ini:

1.R Budi Hartono
R Budi HartonoOrang ini memang pantas menduduki sebagai salah satu dari 10 orang terkaya di Indonesia. Dengan 2 perusahaan besarnya, yaitu BCA dan Djarum. R Budi Hartono dengan kekayaannya yang mencapai $6,5 milyar selain menduduki posisi sebagai orang terkaya di Indonesia juga sukses menduduki peringkat ke-146 orang terkaya di dunia tahun 2012 ini.

2.Michael Hartono
Michael HartonoMichael Hartono, nama belakangnya sama dengan R Budi Hartono karena memang dia adalah saudara dari R. Budi Hartono. Perusahaan yang dijalankan pria ini sama dengan saudaranya dan dengan kekayaan yang mencapai $6,3 milyar dia sukses masuk ke peringkat 157 orang terkaya di level dunia.


3.Low Tuck Kwong
Low Tuck KwongPria ini adalah seorang pengusaha yang bergerak di usaha batubara. Lahir di singapura dan memiliki perusahaan besar Bayan Resources, denga kekayaan sebesar $3,6 milyar Low Tuck Kwong berhasil menduduki peringkat 304.

4.Martua Sitorus
Martua Sitorus - 10 Orang Terkaya di Indonesia 2012
Dengan perusahaan Wilmar Internasional, Martua Sitorus berhasil menduduki peringkat 337 orang terkaya. Kekayaannya adalah sebesar $3 milyar. Dari informasi yang saya peroleh, Martua Sitorus akan diperiksa oleh PPATK terkait dengan dugaan penunggakan pajak.

5.Sukanto Tanoto
Sukanto Tanoto
Dengan perusahaan Raja Garuda Mas miliknya, Sukanto Tanoto berhasil masuk ke peringkat 418 orang terkaya versi majalah forbes. Untuk tottal kekayaan Sukanto Tanoto adalah sebesar $2,8 milyar

6.Peter Sondakh
Peter SondakhPengusaha sukses ini merupakan pendiri perusahaan besar Rajawali Group. Dengan total kekayaan sekitar $2,6 milyar, Peter Sondakh sukses menduduki peringkat 464 dalam daftar orang terkaya di dunia versi majalah forbes.

7.Achmad Hamami dan Keluarga
Achmad Hamami dan KeluargaBersama dengan keluarganya, Achmad Hamami yang merupakan mantan anggota TNI sukses menduduki peringkat 578 orang terkaya versi majalah Forbes. Adapun perusahaan milik Achmad Hamami adalah Trakindo dan total kekayaannya sebesar $2,2 milyar

8. Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia
Pendiri Indorama ini sukses menempati peringkat 634 dalam jajaran orang terkaya versi majalah Forbes tahun 2012 ini. Total kekayaan Sri Prakash Lohia adalah $2 milyar.

9. Chairul Tanjung
Chairul TanjungDengan total kekayaan mencapai $2, atau dengan kata lain sama dengan Sri Prakash Lohia. Chairul Tanjung berhasil menempati peringkat yang sama dalam daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

10.Kiki Barki
Kiki Barki
Dengan perusahaan Harum Energy dan total kekayaan mencapai $1,7 milyar. Kiki Barki sukses menempati jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Referensi : http://www.adayangbaru.com/2012/06/10-orang-terkaya-di-indonesia-2012.html

»»  READMORE...
 

USAHA BISNIS Copyright 2012 Blog of Revolution by Blogger and Bloganol