Inilah Nasihat Bisnis Terbaik yang Pernah Diterima Pendiri Air BnB Brian Chesky

Satu nasihat terbaik yang pernah saya terima saat memulai Air BnB pada bulan Januari tahun 2009 ialah nasihat yang diberikan oleh Paul Graham dari Y Combinator.

Ia mengatakan:"Buatlah bisnis yang skalanya tidak membesar." Saya tentu tidak menerimanya begitu saja, bahkan menganggapnya kontraintuitif atau berlawanan dengan akal sehat.

Namun, saya kemudian memikirkan maknanya bagi Air BnB. Akhirnya kami bisa pergi dari rumah ke rumah menemui setiap orang yang telah menggunakan jasa kami untuk menciptakan pengalaman yang bagus.

Apa yang ingin disampaikan Paul Graham pada kami ialah jangan terburu-buru untuk memperluas skala bisnis kami. Ia menyarankan untuk lebih fokus pada beberapa pengguna layanan yang sudah ada dan memaksimalkan pengalaman mereka dalam menggunakan layanan Air BnB.

Intinya, pastikan konsumen yang sudah ada merasa sangat puas dulu, baru setelah itu dipastikan tercapai, scaling-up atau membesarkan skala usaha bisa dilakukan dengan menambah jumlah apartemen atau kamar yang disewakan.

Inilah yang banyak dilupakan entrepreneur. Mereka lupa memecahkan masalah yang lebih mudah dan berusaha memecahkan masalah lain yang jauh lebih sulit dengan terburu-buru. Padahal jika mereka mau lebih telaten dan bersabar, bisnis mereka bisa berkembang lebih baik dan stabil.

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

0 Response to "Inilah Nasihat Bisnis Terbaik yang Pernah Diterima Pendiri Air BnB Brian Chesky"

Post a Comment