Film yang Mengajarkan Anda Tentang Keuangan

Inspirasi dan pelajaran bisa datang dari mana saja tanpa harus berada dalam suasana yang serius atau tegang. Di masa sekarang ini, Anda tidak harus membaca atau mendengarkan ceramah untuk belajar. Anda dapat menikmati secangkir kopi di ruang keluarga, sambil memetik pelajaran berharga dari film yang Anda tonton.

Pengetahuan yang disajikan dalam film bisa sangat beragam. Ada pula film yang menonjolkan satu sisi kehidupan agar penonton dapat memperoleh pengetahuan lebih mengenai hal tersebut. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi film-film yang menonjolkan aspek finansial. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pelajaran berharga mengenai pengaturan keuangan atau usaha, film-film ini dapat memberikan inspirasi, seperti dikutip dari laman imoney.co.id :

The Queen of Versailles (2012)

Film dokumenter ini dibuat pada tahun 2012 oleh Lauren Greenfield dengan teknik sinematografi yang apik, menceritakan tentang pasangan Jackie dan David Siegel yang berusaha membangun mansion terbesar di Amerika Serikat. Pasangan ini adalah pemilik Westgate Resorts, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang pariwisata. Ketika perekonomian Amerika mengalami krisis, mereka terpaksa menjual bangunan yang baru setengah jadi tersebut, dan mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih sederhana.

Pesan yang disampaikan oleh film The Queen of Versailles ini sangat dalam meskipun dikemas dengan sederhana. Film ini menunjukkan bagaimana keluarga ini bertahan menghadapi krisis. Mereka terpaksa menghentikan pembangunan rumah mewah mereka agar perusahaannya tetap bertahan. Saat ini Wesgate Resorts sudah kembali pulih dan pembangunan istana Versailles kedua ini pun dilanjutkan.

Trading Places (1983)

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan dari menikmati film komedi ditemani keripik kesukaan Anda. Trading Places adalah film komedi yang dikemas dengan cerdas namun tetap ringan. Film ini bercerita tentang seorang bankir kaya yang bertukar tempat dengan seorang pengemis dan menjadi miskin. Film yang dibintangi oleh Dan Aykroyd dan Eddie Murphy ini sarat akan pesan dan sangat cocok untuk melepas ketegangan setelah bekerja.

Trading Places tidak hanya memberi pesan moral pada penontonnya. Film ini juga menunjukan bagaimana jalannya permainan dalam perdagangan komoditi. Hal ini menjelaskan pada penonton bahwa timing atau waktu yang tepat akan memberi keuntungan dalam berbisnis. Di akhir cerita, Valentine (Eddy Murphy) dan Winthrop (Dan Aykroyd) memanfaatkan momen yang tepat untuk menjual saham. Tindakan ini mengakibatkan kerugian bagi musuh mereka, Dukes bersaudara.

Margin Call (2011)

Jika banyak orang merekomendasikan Wolf of Wall Street sebagai film terbaik tentang uang, kami menyarankan lain, yaitu film Margin Call. Film ini bercerita tentang 36 jam pertama menuju krisis ekonomi Amerika Serikat di tahun 2008. Margin Call memperlihatkan cara perusahaan-perusahaan bankir di Amerika mengenali tanda-tanda resesi. Penonton juga diajak untuk merasakan ketegangan saat para pelaku bisnis mendekati masa kebangkrutan mereka.

Film yang bercerita tentang para pemain di pasar saham ini menangkap pelajaran berharga dari peristiwa resesi 2008 dengan menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh para pimpinan perusahaan dan pegawai Wall Street Investment Bank dalam mencari tahu penyebab dan solusi dari krisis di perusahaan mereka. Margin Call adalah film yang kami rekomendasikan bagi para pengusaha atau mereka yang hendak melakukan investasi saham.

The Counterfeiters (2007)

The Counterfeiters adalah pilihan bagi Anda yang menyukai film dengan latar belakang sejarah. Diangkat dari kisah nyata pada masa Perang Dunia II, The Counterfeiters menggambarkan konflik psikologis yang dialami oleh seorang tahanan NAZI bernama Salomon Sorowitsch (Karl Markovics). Sorowitsch adalah seorang pemalsu uang yang dipekerjakan dalam industri uang palsu milik NAZI.

Film ini menceritakan bagaimana penguasa menciptakan sistem ekonomi untuk mendukung kebutuhan perang pada saat itu. Tentu saja Anda akan mendapat banyak hikmah dari film ini, terutama mengenai kondisi ekonomi pada masa Perang Dunia II dan bagaimana pemerintah menyembunyikan kebangkrutan. Dengan sinematografi yang menawan, tidak mengherankan kalau film ini kemudian menjadi film berbahasa asing terbaik di ajang Academy Awards tahun 2007.

Film-film di atas merupakan film yang, kami rasa dapat memberikan pelajaran berharga mengenai bisnis dan keuangan. Selain menghibur, film–film tersebut juga dapat menangkap serta menceritakan kondisi perekonomian dengan apik. Tentunya masih ada film lainnya yang dapat memberikan pendidikan finansial. Apa pun film yang akhirnya Anda tonton, semoga memberi inspirasi positif bagi peningkatan taraf hidup Anda.

0 Response to "Film yang Mengajarkan Anda Tentang Keuangan"

Post a Comment