Inilah 35 Ide Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa yang Menjanjikan


1. Bimbingan belajar.
Pasti akan selalu ada mahasiswa yang mencari bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah yang mereka anggap sulit demi grafik Indeks Prestasi yang stabil. Anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dirikan sebuah layanan bimbingan belajar yang membantu mereka ini. Anda bisa melakukan pembimbingan sendiri atau mempekerjakan orang lain atau sesama rekan mahasiswa yang Anda anggap kompeten dalam bidang yang diberikan.

2. Bisnis online.
Anda bisa memulai bisnis online dari kamar tidur. Anda bisa membuat situs, blog atau toko e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif meski Anda harus mengikuti perkuliahan. Peluang usaha semacam ini juga makin terbuka lebar. Jika Anda seorang mahasiswa yang suka menulis atau menyukai dunia maya untuk berinteraksi dan menuangkan gagasan, cobalah peluang ini. Syaratnya diperlukan ketelatenan dan displin diri yang keras untuk membangunnya setiap hari. Meski mudah memulainya, keberhasilan dalam bisnis online (seperti halnya bisnis di dunia nyata) memerlukan waktu dan tenaga. Jadi jangan  berharap bisa meraup untung dalam waktu singkat dengan sedikit kerja keras.

3. Jual beli dan simpan pinjam buku bekas.
Siapa yang tidak butuh buku murah jaman sekarang? Saat biaya pendidikan semakin membubung, peserta didik dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang kurang mampu terus terbebani. Siswa dan mahasiswa selalu membutuhkan buku teks dan Anda bisa memberikan mereka buku teks yang lebih murah dari yang baru tanpa mengorbankan fungsinya dalam menunjang proses belajar. Atau Anda bisa juga merancang sebuah program pertukaran buku yang memfasilitasi para peserta didik yang ingin menemukan buku atau meminjamkan buku yang sudah tidak mereka butuhkan lagi. Anda bisa menjual buku-buku bekas tersebut.

4. Menyusun catatan kuliah
Anda ingin berbisnis tetapi tidak mau ketinggalan mata kuliah yang diajarkan? Mudah saja, kenapa tidak membuat sebuah catatan perkuliahan yang Anda bisa jual kepada teman-teman yang malas mencatat atau merangkum materi yang disampaikan dosen? Anda bisa menetapkan tarif untuk setiap lembar catatan yang Anda miliki. Tawarkan juga potongan harga bagi yang sudah menjadi langganan. Asyik bukan?

5. Koran/situs kampus
Tugas Anda adalah bagaimana membuat sebuah situs atau blog atau media kampus yang lebih mengerti aspirasi dan keinginan masyarakat kampus. Anda bisa mengajak beberapa teman untuk mendirikan blog atau situs yang menyediakan berbagai macam informasi yang sering terlupa dan remeh tetapi penting dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa. Misalnya, tempat kos yang nyaman dan murah, daftar rumah makan atau katering yang terjangkau tetapi sehat dan bergizi, atau cara berobat hemat ke poliklinik kampus atau perawatan kesehatan lain yang jarang terlintas di pikiran kita tetapi terbukti sangat berguna bila tersedia di Internet. Isu terbaru di lingkungan kampus atau kebijakan rektorat yang patut disebarluaskan pun bisa menjadi magnet bagi para pembaca agar senantiasa mengunjungi situs. Saat sudah ramai, Anda bisa mengembangaknnya menjadi bisnis yang menguntungkan dengan memasang iklan, membangun komunitas yang loyal, meluncurkan layanan atau produk, dan sebagainya.

6. Laundry anak kos
Angkat tangan Anda jika semasa kuliah Anda kewalahan harus mencuci sendiri pakaian kotor Anda. Menjalani perkuliahan yang padat dan mengerjakan tugas-tugas dan makalah sudah menyita banyak waktu dan tenaga. Dan ditambah pekerjaan mencuci dan menyeterika pakaian, semua ini seolah tak ada habisnya. Bagi mahasiswa yang tinggal di kos, lebih praktis untuk menggunakan jasa laundry yang terjangkau daripada harus membeli deterjen, mencuci dan menyeterika semua pakaiannya sendiri. Terutama di musim-musim ujian, bisnis semacam ini bisa menuai banyak untung.

7. BEASISWA.
Kalau kalian emang ngerasa pinter, dan nilai sangat mencukupi, cepet-cepet deh cari beasiswa. Beasiswa itu duwit lho bro! Lumayan kan, duwitnya bisa buat bayar SPP kuliah. Bangga nggak sih, kalau kita bisa bayar SPP sendiri tanpa harus minta ke ortu. Bangga dong! Nggak cuman, buat yang pinter aja sih.  Contoh, saya. Nggak pinter. Sumpah. IP pas-pas an. Dapet beasiswa. Caranya? Mengabdilah pada kampus. Cintai kampus kalian dengan sepenuh hati. Ciyee… hehe.. Maksudnya, jadilah aktivis di kampus. (Aktivis yang membangun lho ya! Bukan aktivis yang kerjanya cuman demo doang). Aktivis, bisa seperti… bantuin riset dosen (saya nggak ambil ini, karena nggak bisa!), jadi panitia acara-acara di kampus, kontributor jurnalis, bantuin ngurusin website kampus, atau banyak yang lain deh.

8. Ikut Lomba.
Lomba itu selalu ada berhadiah kan? Dan, hadiahnya rata-rata biasanya berupa duwit. Ikut aja lomba-lomba mahasiswa. Selain, nambah koleksi sertifikat – hadiahnya bisa buat makan-makan bro.. Nggak usah takut kalah. Yang penting menang!

9.  SPG.
Buat yang merasa cantik dan bohay… daripada weekend tidur-tiduran di rumah, bisa ikutan jadi SPG. Kadang, memang SPG konotasinya negatif ya, seperti SPG rokok yang pake baju mini dan ketat. Tapi, kita bisa kok jadi SPG yang kostum nya nggak seksi-seksi banget. Misal, jadi SPG untuk produk bayi, alat rumah tangga, snack, dan banyak lainnya. Lumayan kan, dapet 100ribu-300ribu dalam sehari. Biasanya, SPG dibutuhkan untuk satu event, dan tiap event minimal untuk 2 hari. Ting-ting-ting..! Ya udah sih.. dikali aja bisa dapet berapa duwit.

10. Freelancer
Karena saya suka nulis, jadi waktu itu sempet diterima jadi reporter di salah satu surat kabar Surabaya. Lumayan, dapet gaji tetap tiap bulan. Dan, lumayan lagi karena duwitnya saya pakai buat beli motor. Freelancer ada banyak macemnya, salah satunya bisa ikutan event organiser dan jadi salah satu team nya. Cari event-event yang weekend atau selesai kuliah. Atau, buat yang suka foto-foto, ikutan aja jadi fotografer freelance. Sekarang kan banyak tuh…yang nyari fotografer acara-acara tertentu dengan harga murah. Semurah-murahnya fotografer, tetep duwitnya banyak bagi mahasiswa bro. Percaya deh.

11. Bisnis printer

Menerima jasa print meski beberapa tugas kuliah dari dosen dikirim lewat media online banyak mahasiswa yang saat ini masih membutuhkan printer untuk mencetak beberapa data atau tugas dari dosen. Jika di kampus masih banyak yang membutuhkan jasa print, maka ini adalah kesempatan kita untuk mebeli seperangkat alat print untuk melayani para rekan mahasiswa dan tentunya juga mengeruk keuntungan. Jika punya komputer atau laptop ya… tinggal beli saja alat-alat print, seperti printer dan kertas sesuai kebutuhan. Bukalah usaha print kecil-kecilan di kos-kosan, kini biaya operasional print sudah cukup terjangkau. Usaha print ini pun bisa kita buka saat kista sedang di kost, dan kita tutup saat sedang kuliah, atau bisa juga kita bergantian dengan teman beda jurusan untuk membuka usaha kecil-kecilan ini.

12. Jualan makanan
Menjual makanan ringan atau makanan yang lain di kos-kosan, bisa menjadi langkah awal untuk belajar mencari uang. Mebiasakan berbisnis sejak dini adalah lebih baik meskipun itu kecil. Namun usaha yang ini tak bisa kita lakukan hanya seorang diri, butuh teman untuk bekerjasama agar usaha kecil ini bisa tetap berjalan.

13. Jadi reseller
Seperti umpamanya buka usaha jadi reseller makanan kecil. Mahasiswa dapat jadi reseller suatu makanan kecil lalu menitipkannya di koperasi universitas. Makanan yang di jual dapat berbagai macam bergantung dari distributornya. Serta juga, tak membutuhkan saat, tenaga serta juga modal yang besar. Mahasiswa dapat terus konsentrasi pada kuliahnya.

14. Bisnis sablon
Diluar itu, bila contoh Anda seseorang mahasiswa yang memilikki modal yang agak besar Anda dapat bekerja sama juga dengan rekan Anda buka bisnis sablon pakaian. Sablon pakaian untuk anak kuliahan umumnya diminati banyak mahasiswa. Didukung juga lantaran factor mahasiswa yang kerap mengadakan acara hingga pakaian sablon kerap diperlukan.

15. Bisnis rental kaset video game
Buka rental kaset video game. Untuk mahasiswa lelaki kadang-kadang mereka memilikki kaset video game yang banyak bawaan dari rumah. Anda dapat buka usaha dengan kaset itu, yakni dengan buka rental kaset video game. Serta kelak sesudah memperoleh keuntungan, Anda dapat memakainya untuk melengkapi serta menaikkan koleksi kaset Anda.

16. Jualan kopi
Bagi mahasiswa tingkat akhir biasanya sering begadang malam-malam dikampus, ini juga berlaku bagi mahasiswa yang mendapat tugas berat. Nah manfaatkan peluang ini untuk jualan kopi, susu, makanan ringan dll yang mampu dijual untuk mereka. Karena jarak kampus dan tempat makanan atau minuman jauh dari kampus jadi mahasiswa malas untuk keluar kampus ditambah lagi jam-jam malam warung-warung sudah tutup.

17. Asisten dosen
Menjadi asisten dosen adalah sebuah keuntung yang berlipat ganda dimana anda bisa mendapatkan rekomendasi seorang dosen untuk mendapatkan beasiswa. Jadi peluang anda paling besar diantara mahasiswa lain. Disamping itu biasanya dosen menyuruh anda untuk memberi tutorial atau menggantikan ngajar, dan mengoreksi hasil kerjaan mahasiswa yang diampuh oleh dosen dari sanalah anda dapat mendapatkan uang yang lumayan untuk beli jajan dan pulsa.

Contoh bisnis lain :


18. Mengembangkan profesi menulis
19. Buat komunitas ngojek mahasiswa
20. Bisnis pulsa
21. Bisnis makanan khas dengan patner
11. Bisnis makanan hasil budidaya penelitian
22. Jasa advertising
23. Bisnis tiket pesawat
24. Jasa translate
25. Jasa penulisan artikel
26. Bisnis warnet

Jika anda sebagai mahasiswa yang kepepet butuh uang hidup :


27. Jadi cleaning service
Entah jadi cleaning service, sekolahan, kantor, kampus anda sendiri ndak apa-apa lah yang penting halal dan berkah. Ha ha

28. Jadi tukang kebun kampus
Perguruan tinggi biasanya mempunyai lahan yang luas, disana dibutuhkan orang untuk merawatnya coba anda daftarkan diri anda disana kepada yang bersangkutan. Meskipun harus berpanas-panasan pekerjaan ini tidak terlalu buruk untuk seorang mahasiswa.


Solusi dalam memulai bisnis bagi mahasiswa yang masih cupu dalam berbisnis


29. Mulai dari yang kecil untuk bisa mengembangkan yang lebih besar

30. Bila membutuhkan patner, pilih yang benar-benar bisa Anda percaya

31. Anda bisa mencari modal dari dana hibah wirausaha untuk mahasiswa, kredit perbankan atau bantuan dari orang tua maupun donatur.

32. Anda harus serius dan jangan menganggap usaha tersebut hanya main-main. Bayangkan bahwa setelah tamat nanti, itulah pekerjaan yang akan Anda geluti. Nyatanya memang tak sedikit mereka yang sejak mahasiswa memiliki usaha bisnis, setelah tamat mereka tetap meneruskannya dan enggan mencari pekerjaan lain.

33. Jangan lupa banyak belajar kepada para pebisnis senior.

34. Tapi, jujur ya.. Hikmah terbesar saat kerja sampingan itu sendiri bukan soal duwit. Tapi lebih ke pengalaman, wawasan dan banyak teman baru. Kalau duwit sih bisa dicari. Tapi, kalau pengalaman & teman nggak bisa dibeli.

35. Tetep inget ya bro. Tugas utama pelajar itu adalah sekolah. Jadi, apapun kerja sampingan kalian, pastikan nilai akademis jangan sampai anjlok. Minimal, tetep di atas 3.0 lah… Malu dongg…bisa cari duwit sendiri, tapi nilainya jelek. Tunjukkan bahwa kalian adalah lulusan terbaik yang punya banyak aktivitas serta punya nilai akademis yang bagus.


Dikutip dari berbagai sumber

1 Response to "Inilah 35 Ide Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa yang Menjanjikan"

  1. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : D04A8185

    ReplyDelete