9 Tips Sukses Tes Wawancara 2013

Para pencari kerja pekikan kata-kata yang memberimu inspirasi, ketika mau melamar kerja ke perusahan yang  kamu incar. Jangan sepelekan hal-hal yang kecil dan terlalu takut pada sesuatu yang besar, kiasan untuk anda yang akan terjun dalam dunia bisnis. Sebab entah anda jadi seorang pengusaha atau pegawai ,anda akan merasakan sensasi dalam dunia kerja pada era modern ini.

Untuk anda yang lagi bingung terutama yang berstatus fresh graduate, jangan kawatir akan nasib anda kedepan karena hanya ada dua cara untuk mendapatkan uang. Jadi bos atau karyawan, nah jika anda memilih jadi karyawan silahkan simak abik-baik tips dalam tes wawancara berikut ini. karena sebuah perusahaan biasanya menggunakan tolak ukur tes wawancara dalam merekrut karyawannya.

1. Jangan Sampai Terlambat
Usahakan jangan sampai terlambat saat mau mengikuti wawancara kerja. Tunjukan keseriusan kita dengan pekerjaan yang kita lamar. Usahakan datang di tempat tes wawancara lebih awal.  Saya biasanya melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara kerja untuk menghindari kebingungan mencari lokasi pada hari H. Kalau hari pertama sudah terlambat ,anda tidak bisa dipercaya untuk kedepanya dalam berbisnis .

2. Berpenampilan Menarik
Kesan pertama harus menggoda, itulah prinsip yang saya miliki. Di beberapa tempat saya melamar pekerjaan, ketika akan mengikuti tes wawancara saya selalu tampil dengan sesebaik mungkin tanpa terkesan berlebihan terutama urusan baju. Tidak ada salahnya kita menggunakan kostum atau baju yang cocok dengan kantor tujuan wawancara.

So ada pepatah yang mengatakan "ajine rogo songko busono" yang berarti harga diri seseorang bisa dilihat dari cara berpakaian. Untuk itu gunakan baju yang meyakinkan dan mencerminkan pribadi yang pantas untuk jabatan yang anda incar.

3. Pakai Parfum
Setelah urusan baju selesai, jangan lupa urusan badan juga perlu dirawat seperti menyisir rambut dengan rapi. Perlu juga mempergunakan diodoran atau atau parfum yang segar sehingga ketika kita datang tercium aroma yang enak. Tidak jarang ketika mengikuti tes wawancara ada banyak sekali pesertanya sehingga terjadi antrian yang panjang.

Kondisi ini membuat kita sering kali berkeringat sehingga menimbulkan bau badan yang membuat kita tidak nyaman.Terkadang kita juga terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang berdesak-desakan dan membuat kita berkeringat dan menimbulkan bau badan tidak sedap. Penggunaan diodoran atau parfum akan membuat kita memiliki rasa percaya diri yang bagus.

4. Jaga bau mulut
Stress yang memuncak ketika mengikuti tes wawancara seringkala berdampak yang aneh pada diri kita. Akibat stres, bisa jadi mulut menjadi kering sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Jangan sampai si pewancara menjadi mual ketika berbicara dengan kita yang akhirnya akan mengganggu kenyaman interview. Jika kita kurang yakin dengan bau mulut, silakan bawa permen segar atau botol minum untuk membasahi mulut. Pastikan bau mulut tidak menebarkan aroma tidak enak.

Tips lainya, ketika akan menghadiri interview hindari makan manakanan yang memiliki bau tidak sedap seperti pete, jengkol atau bawang daripada Anda sendiri menjadi canggung karena mau mulut yang kurang sedap.

5. Jaga Etika
Jawablah semua pertanyaan pewancara dengan bahasa yang baik, seperti penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Jangan berbicara terlalu cepat, tunjukan jika emosi kita sudah matang. Hindari sikap menggurui si pewancara atau sikap egois seolah kita paling tahu dan pintar. Ingat tidak selamanya pencari kerja tertarik dengan karyawan yang arogan. Lebih baik kita bersikap membumi dan apa adanya.

Jika tidak memiliki rasa percaya diri yang baik saat berbicara dengan orang lain, silakan melakukan latihan terlebih dahulu di rumah. Minta tolong orang lain untuk bertanya ke Anda.

Berusahalah duduk yang santai dan nyaman. Hindari gerakan-gerakan aneh yang bisa mengganggu kenyaman wawancara seperti suka menggerak-gerakan kaki atau menggetar-getarkan kaki.

6. Siapkan dokumen yang diperlukan
Sebelum mengikuti wawancara kerja, biasanya kita sudah mengirimkan dokumen awal terlebih dahulu seperti surat lamaran dan semua pendukungnya. Jika Anda memiliki dokumen yang lain dan dirasa diperlukan, lebih baik di bawa sekali. Kelengkapan dokumen yang kita bawa pasti akan membuat rasa percaya diri jauh lebih baik.

7. Berikan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan kunci.
Dari sekian banyak pertanyaan yang diberikan oleh pewancara, pasti ada beberapa pertanyaan kunci. Sebaiknya kita memberikan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan kunci tersebut. Beberapa pertanyaan kunci seperti mengapa kita ingin bekerja di tempat tersebut, pengalaman pekerjaan dan keahlian kita, gaji yang kita inginkan dan kontribusi yang akan kita berikan ke tempat kerja jika kita diterima. Beberapa pertanyaan tersebut bisa kita latih sebelumnya di rumah.

8. Belajar bahasa Asing.
Beberapa kali saya menghadiri wawanacara dengan bahasa Inggris. Sebenarnya pertanyaan yang diberikan relatif sama, yang berbeda adalah pertanyaan-pertanyaan tersebut diberikan dalam bahasa Inggris namun dari sisi konten tetap saja saja. Ketika kita mengetahui jika wawancara dalam bahasa Inggris, maka mau tidak mau kita harus menyiapkan jawaban dalam bahasa Inggris. Cara yang paling efektif,  kita belajar di rumah dan membuat simulasi pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Kita harus mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan melatihnya.

9. Berdoa
Setelah berusaha sesuai dengan kapasitas anda sebagai amanusia, yang terakhir adalah berdoa kepada Tuhan. Kenapa harus berdoa, karena doa memiliki sugesti tersendiri pada diri kita.

Saya sarankan, mulailah semua usaha dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan kita masing-masing dengan harapan semoga Tuhan melancarkan perjalan kita, melancarkan lisan kita ketika menjawab semua pertanyaan kita dan mengabulkan permohonan kita.

Tips lain yang tidak kalah menarik untuk dicermati adalah asal pewancara kita misalnya orang Australia, Amerika, Inggris, atau India. Sekedar catatan saja, setiap negara memiliki aksen bahasa Inggris yang berbeda-beda sehingga bisa menjadi kendala tersendiri bagi kita yang kurang terbiasa dengan bahasa Inggris.

Oke buat sobat-sobat yang sudah baca artikel diatas semoga bisa membantu kelancaran dalam memperoleh pekerjaan yang layak dan halal, bekerja bukan tuntutan atau suatu yang sulit tapi bekerja adalah seni dalam bertahan hidup.

Oleh : Nanang Bagus Subekti
Referensi lihat disini

8 Responses to "9 Tips Sukses Tes Wawancara 2013"

  1. For newest information you have to go to see world-wide-web and on world-wide-web I found this website as a most excellent site for newest updates.


    Also visit my site - naturalanxietyremediestips.com

    ReplyDelete
  2. Hello, i think that i saw you visited my website so i came to “return
    the favor”.I'm trying to find things to enhance my web site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

    Feel free to visit my web site :: http://webhostingtop3.com

    ReplyDelete
  3. I think this is one of the most vital info for me. And i'm glad reading your article. But should remark on some general things, The website style is great, the articles is really nice : D. Good job, cheers

    Feel free to surf to my blog: public cloud hosting companies

    ReplyDelete
  4. Very soon this site will be famous amid all blogging and site-building visitors, due to it's pleasant articles

    Stop by my homepage vexxhost recommends

    ReplyDelete
  5. Appreciate the recommendation. Let me try it out.



    Here is my web blog; http://www.youtube.com/watch?v=Uo_9UEeTWMQ

    ReplyDelete
  6. Hi, I do think this is an excellent blog. I stumbledupon it ;
    ) I will return yet again since I saved as
    a favorite it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to guide other people.


    Review my web site; How To Make Money Online Fast

    ReplyDelete
  7. Greetings from Los angeles! I'm bored to tears at work so I decided to browse your blog on my iphone during lunch break. I love the knowledge you present here and can't wait to take a look when I get home.
    I'm shocked at how quick your blog loaded on my phone .. I'm not
    even using WIFI, just 3G .. Anyways, excellent blog!

    Also visit my web page; vexxhost ratings ()

    ReplyDelete
  8. thanks mister, iam the design blog whith soft template

    ReplyDelete