Bagaimana Jika Ide Anda Diambil Oleh Rekan Kerja ?

Tahan dulu amarah Anda. Punya rekan kerja yang suka mencuri ide memang membuat frustasi. Tapi orang seperti ini perlu dihadapi dengan “pintar” juga supaya Anda tidak terjebak konfrontasi dan persaingan tidak sehat di dunia profesional. 
    
Kasus: Yang sering terjadi adalah ada rekan kerja yang suka menjilat dan mencuri ide orang lain demi terlihat baik di depan atasan. Saat meeting dengan atasan, ide yang disampaikan oleh satu tim diakui sebagai idenya sendiri. Selain kesal, Anda pun jadi malas mengeksplorasi ide-ide baru karena  takut ide tersebut akan diambil oleh si penjilat. 

Solusi: CLEO berkonsultasi dengan Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, Chief Consultant dari Experd, untuk membantu Anda mengetahui cara berhadapan dan bersaing sehat dengan si penjilat. Menurut Cherry, Anda sebaiknya mengingat lagi bahwa Anda dan rekan kerja lain adalah satu tim kerja. Ada saja di antara tim kerja itu yang ingin tampil menonjol sendirian dan menyebutkan bahwa prestasi kerja tim merupakan hasil karyanya sendiri. Padahal sudah jelas bahwa hal itu merupakan hasil kerja rekan-rekan dalam tim. 

Saat dia mengatakan hal itu adalah idenya, rekan-rekan dalam tim tidak bisa langsung bilang bahwa itu adalah ide kita bersama. Nggak lucu, kan, jika tiba-tiba ada yang mengatakan hal itu di depan atasan atau di dalam meeting. It’s so childish, dan memicu konfrontasi.  

Sebaiknya Anda menghargainya, tetapi jangan tinggal diam. Maksudnya, Anda bisa angkat suara dan menceritakan detail ide yang disampaikan atau rincian lain dari sudut pandang lainnya. Jadi atasan juga memahami bahwa ide-ide tersebut merupakan hal yang sudah didiskusikan oleh tim kerja Anda dan rekan-rekan. Anda juga tidak perlu takut dan menyimpan ide Anda. Atasan bisa menilai sendiri mana ide yang merupakan hasil karya seseorang dan mana yang hasil “curian.” 

Sebagai satu tim, Anda harus bisa sharing dan menyadari bahwa Anda bekerja di sana bersama rekan lain untuk menuntaskan tugas bersama. Jadi jangan sampai sikut-menyikut atau menyembunyikan ide hanya karena khawatir ide kita dicuri orang atau berusaha untuk menjatuhkan orang lain. Anggap saja rekan kerja yang bersikap sebagai penjilat adalah orang yang menantang Anda dalam kompetisi yang positif dan memacu Anda untuk bekerja dengan lebih baik lagi

Sumber : cleo.co.id


0 Response to "Bagaimana Jika Ide Anda Diambil Oleh Rekan Kerja ?"

Post a Comment