5 Tips 'Menjual Diri' di Bursa Lapangan Kerja

Selamat akhirnya Anda lulus kuliah. Bagi banyak orang, inilah saatnya untuk mulai berburu pekerjaan yang diinginkan atau yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.  Bagi sebagian orang mencari pekerjaan bukan pekerjaan mudah, tetapi tetap ada cara untuk menyiasatinya.

Berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk kebutuhan itu, seperti dikutip dari laman Suara.com :

1. Susun curriculum vitae (resume) yang menarik
Pastikan untuk menyusun resume yang menarik dan sesuai dengan surat lamaran. Ungkapkan secar aeksplisit Andalah kandidat terbaik untuk posisi yang ditawarkan. Minta saran dari seorang ahli jika diperlukan. Sebelum menyusun resume baca deskripsi pekerjaan secara teliti. Setelah itu temukan faktor kuci dari posisi yang Anda impikan.

2. Tonjolkan kemampuan Anda
Bagian HRD harus membaca ratusan resume per hari. Mereka tidak punya cukup waktu untuk membaca dengan cermat. Karena itu, maka, Anda harus menemukan cara untuk membuat resume Anda menonjol dari orang lain. Menggunakan model online, juga membuat bagian HR tidak membaca 'perbedaan' Anda. Selain itu, target surat lamaran dan resume Anda adalah posisi yang Anda inginkan, jadi buatkan selalu resume yang seusia. Pastikan juga tidak mengandung kesalahan. Anda dapat berbagi kegembiraan dan antusiasme Anda tentang tawaran pekerjaan yang Anda inginkan.

3.Mencari informasi
Anda dapat mulai mencari-cari informasi mengenai kesempatan kerja, Ada ratusan situs di internet yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Cari juga di koran, dan berusahalah untuk tetap terhubung dengan teman dan meminta mereka jika ada tawaran di tempat yang mungkin menarik bagi Anda.Ingat, lamaran kerja tidak dapat langsung diproses beberapa hari setelah diterima pihak HRD, jadi  Anda perlu bersabar dan terus mencari.

4.Manfaatkan media sosial
Jaringan sosial dapat Anda manfaatkan untuk kepentingan profesional Anda. Ikutlah kelompok profesional, ikutlah aktif terlibat untuk menunjukkan kompetensi Anda. Anda tak perlu khawatir dengan minimnya pengalaman Anda. Jadikan media sosial sebagai cara utama untuk membangun jaringan. Cepat atau lambat Anda akan mendapat respon dari pemberi kerja.

5.Percaya diri dan jangan pernah menyerah
Camkan ini, jika Anda sudah banyak berusaha tapi belum juga membuahkan hasil. Dari pengalaman yang ada, percaya diri akan memudahkan mereka yang sedang mencari pekerjaan pertamanya. Lapangan kerja adalah kompetisi. Menyerah berarti membuang kesempatan. Jadi jangan pernah kehilangan motivasi dan inisiatif.


0 Response to "5 Tips 'Menjual Diri' di Bursa Lapangan Kerja"

Post a Comment