industri jepang memiliki ciri khas nguwongake karyawan. Konsep Total Quality Control (TQC) dan Total Quality Managrmrnt (TQM) yang penerapannya kurang berhasil diindustri barat akibat resistensi karyawan, sebaliknya dijepang menjadi dorongan semangat kerja yang menyala-nyala. Salah satu manajemen yang legendaris dijepang adalah manajemen kaizen, berikut ciri-ciri manajemen kaizen yang berbeda dengan manajemen inovasi barat :
1. Dampak jangka panjang dan berlangsung lama, tetapi tidak dramatis
2.Kecepatan adalah langkah pendek
3.Kerangka waktu terus menerus dan meningkat
4.Perubahan berangsur-angsur dan tetap
5.keterlibatan semua orang
6.Pendorong pengetahuan dan keahlian konvensional
7.Orientasi usaha pada manusia dengan teknologi yang ada
Keuntungan yang dapat diperoleh dengan manajemen kaizen ini adalah Ekonomi berjalan baik tetapi dengan pertumbuhan yang lambat.
Diposkan : Bagus J
Referensi : Belajar Dari Jepang (Bob Widyahartono)
0 Response to "Apakah Pengaruh Manajemen Kaizen Di Jepang"
Post a Comment