5 Rahasia Bisnis Industri Teknologi


Silicon Valley dibuat gusar oleh laporan analisis Mary Meeker, investor terkenal Amerika dan mantan analis saham Wall Street, yang dianggap terlalu berani.

Apa saja pernyataan Mary Meeker yang menggelisahkan Sillicon Valley itu? Berikut ini elemen-elemen paling penting dari laporannya yang kami kutip dari inc.com Sabtu (15/12/12):

1. Jangan Anggap Enteng China, India, dan Indonesia.
Prinsip utamanya, emerging market selalu memainkan peranan penting dalam dinamika perekonomian global. Dan hebatnya lagi, internet mampu melipatgandakan dampak dari prinsip ini.

Meeker menguraikan perkembangan penggunaan internet global. Seperti terlihat sejak 2008 hingga 2012, pengguna internet di China telah bertambah 282 juta jiwa.

Bahkan jumlah pengguna internet di China saat ini mendekati total dua kali pengguna internet AS. Indonesia sukses bertengger di peringkat ketiga dalam pertumbuhan jumlah pengguna internetnya.

Di tempat kedua ada India yang memiliki 88 juta pengguna internet. Posisi ketiga ada Indonesia dengan memiliki 39 juta pengguna internet.

Indonesia mengalahkan negara maju seperti Rusia dan sesama negara berkembang lainnya seperti Brasil, Mexico, Iran, dan Filipina.

2. Potensi Besar di Balik Pasar Seluler
Pada 2008, bisnis konten seluler hanya menghasilkan US$ 700 juta. Di akhir tahun 2012, penghasilan di pasar seluler secara mengejutkan menggelembung hingga mencapai $ 19 milar, yang terdidi dari 67% aplikasi dan 33% iklan.

Menurut Meeker, dilihat berdasarkan rata-rata banyaknya waktu yang digunakan untuk mengakses media, orang-orang menghabiskan waktu kurang lebih 10% dari 'waktu akses media' mereka di sektor seluler. Namun hanya 1% iklan yang dialokasikan di sektor seluler.

Dengan kata lain, masih terbuka lebar-lebar ruang untuk tumbuh. Fakta lain yang harus diperhatikan: di India, trafik internet dari seluler melampaui trafik internet dari komputer konvensional.

3. Jangan Lupakan Android
Meeker terkesan dengan kinerja Android. Menurut perhitungannya, jumlah pengguna iPhone tumbuh pesar dalam empat tahun terakhir, namun pertumbuhan jumlah pengguna Android malah melesat jauh lebih cepat, mendekati enam kali dari pertumbuhan pengguna iPhone.

4. Jangan abaikan pemasaran e-commerce di sektor seluler dan tablet
Di Amerika, pada tahun 2012, seperempat dari total trafik belanja online di musim diskon pasca Thanksgiving dan sebelum Natal (dikenal dengan Black Friday) dilakukan melalui telepon seluler dan tablet.

5. Startup Teknologi Sedang Memimpin Gerakan Revolusi
Meeker mencoba membangun konsep mengenai masa depan dalam laporannya, dimulai dari komputer konvensional berubah digantikan oleh tablet, aplikasi berbayar digantikan oleh aplikasi gratis, peta digantikan oleh sistem navigasi, dan seterusnya.

Pada akhirnya Meeker menyarankan para investor agar tidak sampai melewatkan portofolionya dari perusahaan-perusahaan startup teknologi karena harganya yang masih murah dan berpotensi memberikan revenue yang berlipat ganda.

Referensi : liputan6.com

2 Responses to "5 Rahasia Bisnis Industri Teknologi "