Inilah Bukti Nyata Indonesia Belum Siap Hadapi ASEAN 2015



Pelaksanaan Komunitas Ekonomi ASEAN pada 2015 nanti sudah di depan mata. Namun, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menyatakan Indonesia belum mampu menghadapi kerjasama masyarakat negara-negara di ASEAN tersebut.

Ketua APINDO, Sofjan Wanandi mengatakan hal tersebut beralasan karena saat ini pemerintah belum melakukan dukungan kepada pengusaha. Sehingga apapun yang dilakukan pengusaha untuk menghadapi perdagangan bebas akan percuma.

"Saya tidak percaya kalau kita siap, kalau cara pemerintah seperti ini, pengusaha kita setengah mati mengurusi urusan dalam negeri saja, bagaimana kita akan bersaing dengan luar negeri," kata Sofjan.

Dia mengungkapkan, saat ini pemerintah dan pengusaha belum melakukan kordinasi dengan baik untuk menghadapi perdagangan bebas tersebut. Koordinasi dinilai sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Indonesia.

"Antara kementerian satu dengan yang lainnya harus saling mendukung, karena negara kita hebat karena kekayaan dan pasar yang besar saja," tegas dia.

Sofjan menambahkan, untuk menghadapi perdagangan bebas di 2015, pengusaha sudah menyampaikan tahu pemerintah perihal sektor yang sudah belum siap menghadapi perdagangan bebas 2015.

Pemerintah diharapkan membantu persiapan dengan meningkatkan produktivitas sekor yang tidak mampu tersebut.

Menurut Sofjan, sektor yang saat ini belum siap menghadapi perdagangan bebas di 2015 adalah sektor logistik, sementara sektor yang sudah siap adalah kekayaan alam. Namun tetap kesiapan tersebut membutuhkan dukungan pemerintah.

"Logistik menurut saya belum siap, kekayaan alam saja yang siap, sebenarnya yang sudah siap ada 3-4 sektor, namun itu semua tergantung persiapan dari pemerintah," pungkasnya.

Referensi lihat lengkap disini

1 Response to "Inilah Bukti Nyata Indonesia Belum Siap Hadapi ASEAN 2015"