Modal Bisnis Bukan Uang Tapi Sebuah Wawasan


Salah satu penggagas Action Indonesia di Cirebon, Jawa Barat,  Akir Saputra, mengatakan para pengusaha pemula atau calon pengusaha dapat memanfaatkan komunitas wirausaha untuk mendapatkan akses wawasan dunia usaha agar bisa berkembang.

"Banyak pelaku usaha bangkrut bukan karena kurang modal, akan tetapi karena kurangnya wawasan, dan ini cukup penting bagi kelangsungan bisnis ke depan," katanya.

Menurutnya, membangun jaringan usaha akan diperoleh seorang entrepreneur jika dirinya aktif dalam sebuah komunitas yang memberikan pelatihan  dan pengetahuan soal dunia usaha.

"Persaingan bisnis yang kian kencang pastinya memaksa pengusaha untuk membuat banyak terobosan dan gagasan kreatif dalam menjalankan usaha, mulai konsep usaha atau menjalankan usaha dengan modal terbatas sekalipun," ujar Akir.

Dia menambahkan berbicara dunia usaha sama artinya berbicara tentang pandangan hidup, karena apapun niatnya, menjadi pengusaha dapat memberikan kontribusi bagi orang lain. Terutama dalam penyediaan tenaga kerja.

"Kalau sudah tahu jalan menyiasati permodalan dan sudah punya gagasan bisnis, harus mampu keluar dari zona aman sebagai pegawai dan memilih profesi sebagai wirausahawan,".

Oke buat sobat-sobat yang sudah baca artikel diatas semoga bisa membantu kelancaran dalam memperoleh pekerjaan yang layak dan halal, bekerja bukan tuntutan atau suatu yang sulit tapi bekerja adalah seni dalam bertahan hidup.

Source      : Maman Abdurhaman
Editor       : Linda Teti Silitonga
Referensi  : http://www.bisnis.com/tips-berbisnis-membunuh-rasa-takut-saat-mulai-usaha

1 Response to "Modal Bisnis Bukan Uang Tapi Sebuah Wawasan"