5 Langkah Mencari Ide Bisnis & Mewujudkan-nya Jadi Kenyataan


Dunia bisnis sangat luas akan tetapi hanya beberapa orang saja yang mampu membaca peluang bisnis yang ada. Jika di ibaratkan luasnya peluang bisnis itu kotoran pun bisa menghasilkan uang, sampah bisa disulap jadi gundukan uang, sampai dikuburan bisa dijadikan peluang bisnis, nah dari contoh tersebut kebayangkan gimana banyaknya peluang bisnis yang ada. 

Dalam proses melaksanakan bisnis tahap yang paling sulit biasanya adalah mencari ide, tapi sebenarnya bukan mencari ide yang sulit tapi kemauan untuk berbisnis itu sendiri yang masih dipertanyaakan. Karena para pebisnis sukses tidak memandang kekayaan, latar belakang, jenis kelamin dll (piker sendiri he he..). banyak sekali pebisnis hebat yang berhasil karena niatnya….!

Oke sob ini ada cara mencari ide bisnis dan gimana cara mewujudkan ide tersebut :

1. Survei market
Ini merupakan bagian dari tujuan bisnis anda, silahkan anda lihat dimanapun tempat yang menurut anda akan dijadikan sebagai bisnis. Anda yang tahu kemampuan terbaik diri sendiri jadi anda juga yang tahu dimana market (pasar-pasar) yang akan anda jadikan tempat mencari uang. Manfaat survey pasar dapat diketahui siapa yang membutuhkan, dimana dibutuhkan, kapan dibutuhkan, dan kualitas seperti apa yang dibutuhkan dari bisnis yang akan anda jalankan.

2. Mencari ide sebanyak-banyaknya
Ayo cari ide sebanyak-banyaknya yang anda bisa dan buat list dari beberapa ide anda entah ide itu bertema tentang apapun ( ide gila, ide tidak realistis, ide kuno, ide tidak mungkin, dan ide ide yang lain.. ). Kupulkan semua ide yang ada dikepala anda baik ide dari diri sendiri atau dari orang lain buatlah ide itu sebanyak-banyaknya kira-kira sampai 100 ide lah ha ha capek deh. Ayo semangat cuma buat ide saja jangan bepikir jauh-jauh dulu ingat mikir buat ide aja.

3. Mengecilkan ide
Dari begitu banyak ide yang telah anda buat tadi saring ide tersebut, pilih 5 ide saja. 5 ide tersebut yang masuk akal, yang sekiranya bisa anda jalankan, yang bisa menurut anda cocok untuk keadaan anda saat ini, pokoknya yang mampu anda jalankan. 

4. Detail ide
Dari 5 ide terpilih itu buatlah rincian mengenai ide tersebut mulai dari pelanggan, nilai dari bisnis anda (produk atau jasa), biaya, aktivitas dari bisnis anda, pesaing, dll. (cari sampai detail-detailnya… ). Nah sekarang anda akan tahu dari 5 bisnis tersebut mana yang terbaik untuk anda jalankan (memilih 1 bisnis yang akan dijalankan). Karena dari detail bisnis itu anda tahu kelemahan dan kelebihan nya dan potensi diri yang akan ditempatkan untuk menjalankan bisnis ini.

5. Laksanakan ide
Tes bisnis anda mulai dilakukan dari kecil sampai berhasil, setelah berhasil baru dikembangkan. Dan jika gagal berkali-kali karena anda benar-benar tidak punya passion dalam bisnis tersebut silahkan cari ide yang baru.
Menjalankan ide bisnis ini adalah tahap inti dimana naluri bisnis anda dipertaruhkan, banyak orang yang tumbang dalam tahap ini namun anda jangan khawatir saya punya rumusnya yaitu “focus+pocitive thinking+discipline=sukses”. Untuk pengertian secara mendalam silahkan cari sendiri di situs lain he he he.

0 Response to "5 Langkah Mencari Ide Bisnis & Mewujudkan-nya Jadi Kenyataan"

Post a Comment