Inilah Materi Soal Yang Biasa Keluar Saat Tes CPNS


Tata cara dalam meyeleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) adalah dengan menggunakan computer assisted test (CAT), dengan tes kompetensi dasar (TKD). Adapun materi TKD dibagi menjadi 3 bagian soal yang disusun oleh konsorsium 17 perguruan tinggi negeri (PTN). 

Adapun kisi-kisi soal tes kompetensi dasar tersebut adalah sebagai beriktu :

1. Wawasan kebangsaan
Kelompok soal pertama yaitu menguji dari segi wawasan kebangsaan para pelamar, mengenai 4 pilar kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Jangan sepelekan materi soal ini sebab sangat berpengaruh pada kelulusan anda.

Seperti dilansir dari situs detik.com, "Kalau sudah lupa, harus belajar lagi. Kalau tidak hafal, jangan harap bisa lulus. Karena ini hal paling dasar," ujar Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi kepada detikFinance.

2. Karakteristik pribadi
Kelompok soal kedua adalah karakteristk pribadi, yang berisi soal-soal psikologis yang akan menggambarkan karakteristik masing-masing pelamar. Ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lainnya.

Untuk referensi dari soal-soal psiikologi bisa cari di toko-toko buku terdekat, sudah banyak kok yang jualan. Selain contoh soal ada juga penjelasan mengenai masing-masing jawaban, jadi lebih baik anda beli saja dari pada cari gratisan di internet itung-itung sebagai investasi awal untuk sukses.

3. Intelegensia umum
Kelompok soal ketiga adalah soal-soal yang akan menguji kecerdasan atau intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal atau berbahasa, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Nah ini adalah ujian yang sudah lazim dilakukan, mungkin anda pernah tes masuk kuliah. Ya seperti itulah materi-materi soal yang diberikan. Jadi pada tes ini anda sudah benar-benar mengetahui bagaimana mempersiapkan diri.

Pesan terakir dari pak Suwardi yaitu “Hasil seleksi CPNS ini diterapkan ambang batas (passing grade) kelulusan”. Bukan sekadar akumulasi atau jumlah keseluruhan nilai yang menentukan kelulusan, tetapi hasil tes dimaksud juga harus memenuhi ambang batas setiap kelompok soal, yakni karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum.

"Meski nilai totalnya tinggi, kalau nilai salah satu kelompok soal tidak mencapai angka yang ditetapkan, tetap saja tidak lulus," jawab pak Suwardi dengan mantap.

0 Response to "Inilah Materi Soal Yang Biasa Keluar Saat Tes CPNS"

Post a Comment