Inilah Penyebab Utama Menurunnya Produktivitas Seseorang

 
Dewasa ini banyak sekali penemuan alat-alat yang mempermudah pekerjaan manusia, karena tuntutan zaman maka mau tidak mau kita harus mengikuti kebiasaan yang modern ini. Bagi orang-orang yang menginginkan taraf hidup yang tinggi biasanya dituntut untuk memiliki produktivitas yang tinggi juga dalam suatau pekerjaan.

Mungkin anda pernah mengalami focus pada pekerjaan tertentu dan tiba-tiba ada pesan sms dan anda reflek membaca beberapa menit saja kemudian bekerja lagi. Penelitian terbaru menunjukan bahwa “gangguan kerja menurunkan kualitas kerja”.

Gangguan kerja mungkin pernah anda rasakan yaitu notifikasi social media, email masuk, dering telpon, pesan sms, dan ajakan obrolan teman sebelah. Sehingga pekerjaan yang harus anda selesaikan menjadi lebih lama dan kurang optimal.

"Penelitian ini melihat langsung bahwa kualitas pekerjaan terkait dengan yang terjadi di dunia nyata,"tutur Erik Altmann, profesor psikologi dari Michigan Stae University yang terlibat dalam penelitian ini seperti dikutip laman Liputan6.com

Hasil peneltian menjelaskan bahwa gangguan kurang dari 1 menit saja sudah cukup untuk mempengaruhui meori jangka pendek. Bahkan, menurut Altmann, gangguan yang terjadi 2,7 detik sudah cukup menggandan tingkat kesalahan karena mengganggu serangkaian berpikir. Jika biasanya kesalahan sebesar 2 persen kini berlipat jadi 4 persen.

Ada juga penelitian lain yang dilakukan oleh Cyrus Cyrus Foroughi mahasiswa tingkat doktoral di George Mason University. Ia mengajak sejumlah orang untuk mengikuti tes esai dalam tiga kondisi berbeda. Kondisi pertama tes tak diganggu, kondisi kedua gangguan diganggu, pada kondisi ketiga diganggu sebanyak tiga kali. 

Hasilnya mirip dengan penelitian yang dilakukan oleh Altmann, dimana kurang dari satu menit gangguan bisa memengaruhi kerja. "Dan sebagian besar interupsi di dunia nyata saat bekerja berlangsung dari 10-15 menit dan bisa juga 10-15 detik," tambah Foroughi.

0 Response to "Inilah Penyebab Utama Menurunnya Produktivitas Seseorang "

Post a Comment