Jangan Bicarakan Ini Saat Masih Jadi Karyawan Baru, Kalau Tidak Anda Akan Menyesal Seumur Hidup

Sebagai karyawan baru, seseorang harus menyesuaikan diri dengan budaya kerja di kantor baru. Selain itu, seorang karyawan baru juga perlu menjaga tutur katanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak perlu dibicarakan saat masih menjadi karyawan baru.

1. Ikut bergosip buruk tentang bos

Efek gosip ternyata bisa bikin kecanduan, pasalnya membicarakan orang lain dengan rekan kerja memberikan efek nyaman tersendiri bagi perempuan. Namun, perhatikan dulu siapa yang sedang dibicarakan, bila bahan gosip adalah bos, sebaiknya hindari berkomentar dan cukup mendengarkan. Pasalnya, komentar buruk bisa menjadi bumerang, siapa tahu ada yang mendengar komentar negatif yang kita lontarkan dan mengadukannya pada bos.

2. Curhat tentang masalah keuangan

Enggan ikut makan siang di luar karena duit pas-pasan sih wajar. Namun bila sambil membahas tentang masalah keuangan di depan rekan-rekan bisa membuat nilai diri kita menurun. Misalnya, kita terus mengeluh tak punya uang atau banyak hutang, bukannya simpati, rekan kerja bisa menganggap kita tak becus dalam mengatur sesuatu. Kalau bos tahu, bisa-bisa kita tak dipercaya untuk memegang peran sebagai manager.

3. Membahas tentang agama dan politik

Agama maupun politik merupakan urusan personal yang sangat sensitif. Membicarakan tentang apa yang kita percayai di depan rekan kerja memberi kesan kalau kita tak menghargai pilihan orang lain. Topik ini bisa merusak hubungan dengan rekan kerja yang kepercayaannya bertentangan dengan kita.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dibicarakan saat masih menjadi karyawan baru, seperti dikutip dari laman intisari-online.com :

1. Bertanya dulu baru cerita

Kunci untuk menjadi pembicara yang baik ialah menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu kita bisa mengetahui apa sih kesukaan hingga apa yang tak disukai oleh lawan bicara kita. Sehingga kita tak salah dalam memberi komentar. Selain itu, kebanyakan cerita soal diri sendiri bisa membuat rekan bosan. Jadi bukalah topik dengan bertanya tentang hobi, tontonan, hingga olahraga favorit mereka.

2. Temukan kesamaan

Coba perhatikan topik apa yang paling digemari oleh rekan kerja, misalnya ia terlihat sangat antusias saat bicara film Korea. Bila Anda juga penyuka serial-serial negeri ginseng itu, pembicaraan tersebut bisa membuat hubungan jadi lebih akrab. Jadi, temukan apa yang rekan kerja dan Anda sama-sama sukai.

3. Pujian selalu menyenangkan

Sebagai anggota baru di kantor, tak ada salahnya memuji penampilan rekan kerja. Misalnya, hari ini ia memakai kalung yang cantik, puji dan tanyakan di mana ia mendapatkan kalung tersebut. Jangan segan untuk memuji penampilannya bila ia tampil cantik hari ini. Memuji bukan menjilat kok, menurut Malcom, pujian pada orang lain bisa membuat orang tersebut lebih mudah melihat kelebihan-kelebihan yang kita miliki.

Nah, itu tadi beberapa hal yang tidak perlu dibicarakan dan bisa dibicarakan  saat masih menjadi karyawan baru. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Jangan Bicarakan Ini Saat Masih Jadi Karyawan Baru, Kalau Tidak Anda Akan Menyesal Seumur Hidup"

Post a Comment