Kenapa Wanita Sering Digaji Lebih Rendah Dari Pada Pria ?

Masalah perbedaan gaji antara karyawan cewek dan cowok nggak pernah habis dibicarakan. Beberapa survei menyebutkan kalau cewek digaji lebih rendah daripada cowok!

Berdasarkan survei yang diadakan oleh IT Contract and Recruitment Association (ITCRA), Australia, rata-rata karyawan IT cewek di negeri kanguru itu dibayar 28 persen lebih rendah daripada cowok. Bahkan, perusahaan sebisa mungkin menempatkan cewek di posisi administratif agar bisa menggajinya lebih rendah.

Penelitian Chartered Management Institute (CMI) juga menunjukkan bahwa cewek cenderung mendapat bayaran lebih rendah kurang lebih 10% dibandingkan cowok dengan peran dan jabatan yang sama. Sementara itu, menurut Warwick Business School, Kanada, ketidaksetaraan gaji antara cewek dan cowok terjadi di 20 negara industri. Peringkat pertama ditempati oleh negara Jepang.

Lalu, gimana dengan Indonesia? Menurut Yuni Lasti Faulinda dari Experd Consultant, saat ini sudah sangat jarang perusahaan membedakan gaji antara cewek dan cowok hanya berdasarkan gender. Standar gaji lebih didasarkan pada lingkup pekerjaan, tanggung jawab, ataupun kompetensi seseorang. Kalaupun ada perbedaan, lebih pada tunjangan karena cowok dianggap menanggung anak dan istri, sedangkan cewek selalu dianggap single.

Nggak Jago Nego
Salah satu alasan cewek mendapat gaji yang lebih rendah dari cowok adalah kurangnya kemampuan negosiasi. Banyak cewek yang tidak menegosiasikan gaji saat interview kerja karena takut memengaruhi proses penerimaan mereka sebagai karyawan. Hal ini berbeda banget dari cowok yang berani ‘pasang harga' saat sedang melamar pekerjaan.
    Terbukti, nih, menurut Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg, 57% cowok selalu menegosiasikan gaji saat interview kerja. Sebaliknya, hanya 7% cewek yang berani melakukannya. Duh, rugi banget!

    Cewek juga selalu berprinsip ‘lebih baik nanti' dalam urusan negosiasi gaji alias menunggu atasan melihat kinerja terlebih dahulu. Muncul harapan kalau gaji akan naik setelah hasil kerja terlihat memuaskan di mata atasan. Padahal, perusahaan jadi menganggap ini kesempatan memberikan gaji di bawah standar.

    Asal tahu saja, saat menawarkan nominal gaji di tahap interview kerja, perusahaan sudah menurunkan standar karena berharap calon karyawan mau bernegosiasi. Kalau ragu memasang harga atau bahkan pasrah, sudah pasti gaji yang kita dapatkan akan kecil.

Sumber : citacinta.com


0 Response to "Kenapa Wanita Sering Digaji Lebih Rendah Dari Pada Pria ?"

Post a Comment