Tips Jitu Untuk Menghindari Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Berita yang kami terima siang ini cukup mengejutkan, karena menolak berhubungan intim dengan bos, dua wanita dipecat dari pekerjaannya. Singkat cerita, bos dua wanita itu sering mengucapkan hal-hal vulgar, sengaja menyentuh bagian tubuh (paha dan bokong) pegawainya, bahkan terang-terangan mengajak berhubungan intim dengan iming-iming naik jabatan dan uang.

Hal seperti ini bisa terjadi di mana saja, termasuk di Indonesia. Agar Anda terlindung dari kasus pelecehan seksual di tempat kerja, seperti dikutip dari laman vemale.com anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

Pakaian dan Makeup Yang Anda Pakai

Mungkin agak lucu jika pakaian dianggap tidak punya dampak apa-apa pada persepsi orang terhadap diri Anda. Orang akan menilai Anda dari apa yang Anda pakai, maka untuk melindungi diri sendiri, hindari memakai rok yang terlalu mini atau kemeja dengan belahan rendah.

Jika rok seragam memang pendek, bawalah kain untuk menutup bagian paha ketika Anda sedang duduk bekerja. Hindari juga memakai parfum dengan aroma menyengat atau makeup yang terlalu tebal. Sebisa mungkin hindari lipstik warna sangat merah, karena pria akan melihat ini sebagai daya tarik seksual (jika tidak percaya tanyalah pada para pria).

Hindari Lembur Seorang Diri

Kejahatan sering terjadi karena ada kesempatan, maka sebisa mungkin hindari lembur seorang diri di kantor, apalagi hingga larut malam. Kalaupun sangat terpaksa, pastikan Anda tahu ada orang di bagian keamanan yang berjaga dan Anda tahu ke arah mana harus berlari jika sampai hal buruk terjadi.

Harus Tegas dan Berani

Ketika atasan atau pegawai lain mulai melakukan pelecehan, Anda yang harus tegas dan berani. Ingat, pelecehan seksual tidak hanya mengalami pemerkosaan atau disentuh bagian tubuhnya tanpa izin, kata-kata vulgar yang menjurus pada bagian tubuh Anda atau ajakan hubungan intim dapat masuk kategori pelecehan seksual.

Anda harus dengan tegas menolak dan berani membela diri Anda sendiri. Ingat, kadang orang yang melakukan tindakan pelecehan seksual terus menerus melakukan godaan karena pihak yang dilecehkan diam saja atau tidak melawan.

Laporkan Atau Minta Pindah Bagian

Jika Anda sampai mengalami pelecehan seksual dalam hal apapun, segera laporkan ke bagian HRD, lembaga perlindungan perempuan atau pihak kepolisian. Biasanya, pegawai atau atasan yang sering melakukan pelecehan punya beberapa korban, maka jangan ragu bertanya pada pegawai wanita yang lain. Makin banyak saksi, makin bagus.

Anda juga bisa meminta pindah bagian pada bagian HRD dengan menunjukkan bukti pelecehan seksual. Jika hal itu sulit dilakukan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk resign dan pindah ke kantor lain.


0 Response to "Tips Jitu Untuk Menghindari Pelecehan Seksual di Tempat Kerja"

Post a Comment