Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minta Kenaikan Gaji Pada Atasanmu ?

Hati-hati, salah memilih waktu menghadap atasan untuk membicarakan soal naik gaji bisa jadi buruk bagi Anda. Tak hanya permohonan ditolak, bisa-bisa Anda dicap tidak tahu etika dalam dunia profesional.

When to talk?
Pemilihan waktu juga menjadi salah satu hal penting. Pertama kali, Anda harus mempertimbangkan situasi dan kondisi ekonomi perusahaan, yang bisa Anda cari tahu dari desas-desus yang beredar. Jika Anda mendengar bahwa perusahaan sedang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang baik, lebih baik tahan dulu keinginan Anda sampai kondisi perusahaan membaik. Namun jika perusahaan sedang menikmati profit, maka Anda ingin naik gaji di saat yang tepat.

Berikutnya, pastikan hari dan jam Anda menghadap atasan adalah hari yang tepat. Beberapa studi menunjukkan, para atasan akan lebih ‘ramah’ dalam menanggapi permintaan atau keinginan bawahan pada hari Kamis dan Jumat (asal jangan Jumat sore yang suasananya welcoming-the-weekend). Sebab, pada hari Kamis dan Jumat, kebanyakan atasan ingin segera menyelesaikan urusan pekerjaan agar tidak ada ‘hutang’ di kantor saat weekend nanti. 

Senin, umumnya adalah hari terburuk jika ingin bicara soal ini. Mengapa? Well, jangankan para bos, Anda pun menderita sindrom “I Hate Monday” bukan? Angela pun menambahkan, ada baiknya pembicaraan dilakukan setelah atasan Anda makan. People tend to be cranky when they are hungry, begitu pula dengan atasan Anda. You surely don’t want to talk about money with your boss when he/she is cranky, do you?

Buatlah appointment untuk bertemu dengan atasan. Tak perlu bilang dengan jujur kepada sekretarisnya bahwa Anda ingin membicarakan kenaikan gaji, katakan saja Anda ingin membicarakan urusan pekerjaan.

Where to talk?
Anda tak sengaja bertemu atasan di pantry, lalu Anda berpikir, sekalian saja Anda utarakan keinginan Anda. Big no-no! Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, professional matters should remain professional. Tempat terbaik untuk membicarakan hal ini adalah di ruangan atasan Anda sendiri. Meskipun formal, tak berarti perbincangan harus menjadi kaku. Bersikap lebih serius dengan tetap menjadi diri sendiri bukan hal yang tak mungkin kok!

Sumber : cleo.co.id


0 Response to "Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minta Kenaikan Gaji Pada Atasanmu ?"

Post a Comment