Ini Resep Sukses Ala 'Raja' Walt Disney

Ini Resep Sukses Ala 'Raja' Walt Disney

Walt Disney (Disney), perusahaan hiburan asal Amerika Serikat terus membesar, di bawah tampuk kepemimpinan Robert Iger. Pada 2012, Disney berhasil mengantongi peningkatan pendapatan sebesar US$ 40,2 juta atau naik 20% dari 2011.

Bukan hanya itu, saham perusahaan terus merangkak naik, bahkan menembus 38% selama 12 bulan ke posisi tertinggi dalam sejarah Disney berdiri sebesar US$ 54 per saham.

Merek-merek kelas atas, seperti Pixar, Marvel dan Lucasfilm telah menjadi bagian dari perjalanan Walt Disney. Ini seiring langkah Iger menekuni industri hiburan dan media.

Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat itu terus melebarkan sayap usaha di segala lini. Hingga mampu menguasai aset berupa studi, film, video dan sebagainya dengan nilai US$ 95,6 miliar.

Bagi pelaku usaha yang berniat menjalani bisnis hiburan dan media, Iger membagi 'resep' suksesnya seperti yang dilansir dari situs Forbes, Kamis (24/1/2013):

1. Bersikap Jujur
Untuk membesarkan usaha, setiap pemimpin perusahaan mesti menerapkan kejujuran kepada mitra kerja, pelanggan dan siapapun. Itu dibuktikan ketika Iger harus mengambilalih Walt Disney dari Michael Eisner pada tahun 2005, dari sisi negosiasi. Hingga akhirnya, Iger berhasil mendapatkan perusahaan tersebut dengan aset senilai US$ 7,4 miliar saat itu, dan Steve Jobs menjadi pemegang saham terbesar Disney.

2. Percaya pada Merek
Di bawah kekuasaan Iger, Disney telah mengakuisisi tiga merek ternama, Pixar dan Marvel pada 2010 sebesar US$ 4 miliar dan belum lama ini membeli Lucasfilm serta Star Wars dengan nilai yang sama.
Dia menyarankan, agar setiap pelaku usaha yang membeli merek apapun dengan berbagai alasan, hendaknya percaya dan berusaha untuk membesarkan merek itu supaya mampu memiliki imej kuat di mata pelanggan.

3. Hormat Tanpa Perlu Mengingat Masa Lalu
Iger merupakan tipe orang yang tidak ingin banyak mengenang masa lalu. Tapi telah berkomitmen untuk fokus pada masa depan perusahaan. "Ada banyak peristiwa terjadi di masa lalu, di mana nilai dan pelajaran dari kejadian itu bisa dibawa ke depan. Saya mencoba untuk menarik diri dari masa lalu," paparnya.

4. Jadikan Perusahaan Memiliki Kompetitif atau Daya Saing
Saat ini, kehadiran perusahaan yang bergerak di bidang sama dengan Walt Disney cukup menjamur. Namun Iger berpendapat tidak perlu menghabiskan pikiran dan waktu Anda untuk berkompetisi semata, tapi buatlah perusahaan Anda berbeda dengan kompetitor, dari sisi produk, teknologi, pelayanan dan sebagainya.

5. Menghargai Karya Orang Lain
Penghargaan terhadap karya pegawai sangat penting. Ini pula yang dilakukan Iger saat mengakuisisi Lucasfilm. Bahwa aksi tersebut juga merupakan ide dari orang-orang kepercayaan di sekitarnya, seperti karyawan, teman maupun partner kerja.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/495500/ini-resep-sukses-ala-raja-walt-disney

1 Response to "Ini Resep Sukses Ala 'Raja' Walt Disney"