Thursday, January 17, 2013

Modal Bukanlah Faktor Utama dalam Berwirausaha


Modal bukanlah satu-satunya faktor penunjang dalam berwirausaha. Setidaknya ada tiga faktor lain yang sebaiknya dimiliki, yaitu:

Pertama, jadilah seorang opportunity creator atau kemampuan untuk menciptakan dan menangkap kesempatan atas diri dan lingkungan Anda.

Kedua, jadilah seorang innovator dengan mampu menciptakan hal-hal atau ide-ide baru yang orisinil. Pikirkanlah sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain.

Dan terakhir, jadilah seorang calculated risk taker; yaitu orang yang berani mengambil resiko dan mampu menghitungnya dengan cermat. Ingat, setiap usaha memiliki tingkat resiko. Sehingga penting mencari solusi guna mengurangi tingkat resiko usaha yang akan terjadi.

Kini usaha anda telah berkembang. Anda sudah berhasil balik modal. Keuntungan pun sudah lumayan. Anda bahkan sudah mempunyai kelebihan dana untuk ditabung.

Nah, berikut adalah beberapa ide yang semoga bisa membuat anda lebih bersemangat dalam menabung.

Pertama, tetaplah pada tujuan anda. Apa tujuan anda menabung? Untuk meneruskan kuliah ke jenjang S2? Lakukan segala sesuatu agar anda bisa menabung secara berkelanjutan. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan usaha sampingan anda menjadi usaha yang serius, profesional, dan berbadan usaha setelah lulus S1 nanti.

Yang kedua, menabunglah begitu anda selesai membukukan keuntungan setiap bulan. Cepat masukkan sebagian uang anda ke rekening tabungan. Bersikaplah disiplin. Anda hanya boleh menggunakan tabungan anda untuk keperluan kuliah atau pengembangan usaha.

Yang ketiga, jika anda mendapat pemasukan sampingan dari bonus atau undian berhadiah uang tunai dalam sebuah acara, masukkan uang tersebut ke dalam modal usaha atau rekening tabungan. Jangan tergoda untuk bersenang-senang yang tak perlu.

Yang keempat, mulailah menabung dengan jumlah kecil, tapi lakukan secara konsisten. Yang penting, jangan menunda-nunda. Anda akan merasa segalanya menjadi lebih mudah bila sudah memulai.

Referensi : http://uanganda.or.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=172:tips-bisnis-mahasiswa&catid=25:tips-uang-anda&Itemid=85

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat membantu kelangsungan hidup dari blog ini, jika berkenan tuangkan kata-kata anda disini. (Terimakasih by zamail zero)

 
Copyright © . USAHA BISNIS - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger