Ternyata Bill Gates Benci Uang, Ini Alasannya


Orang superkaya di dunia Bill Gates seringkali tak punya uang tunai di dompetnya. Kalau pun ada uang tunai jumlahnya hanya beberapa lembar saja.



Bos Microsoft itu mengaku dirinya paling benci pegang uang tunai. Dia benci pegang uang tunai karena efeknya pada orang-orang miskin yang tidak punya akses ke perbankan.

Uang tunai telah menjadi masalah buat banyak orang miskin terutama karena mereka tak punya rekening bank. Padahal di zaman elektronik seperti ini, banyak transaksi yang dilakukan dengan tanpa uang tunai.

Menurutnya transaksi elektronik lebih baik dari pada pembayaran tunai. Maka itu pada September 2012, Bill melalui yayasan Bill & Melinda Gates Foundation mendirikan The Better Than Cash Alliance.

Seperti dilansir Buisenssweek, Sabtu (26/1/2013), menurutnya ada lima alasan kenapa transaksi elektronik lebih baik dan menguntungkan daripada pegang uang tunai:

1. Lebih transparan
Transaksi elektronik mengurangi peluang orang untuk melakukan korupsi atau pencurian karena jejaknya mudah dilacak.

2. Lebih aman
Orang tak perlu punya tempat khusus untuk menaruh uang tunai. Cukup selembar kartu dan hanya Anda atau orang-orang kepercayaan Anda yang bisa memakainya.

3. Lebih inklusi (terbuka)
Pembayaran elektronik bisa menjangkau orang-orang yang tak memiliki rekening bank. Orang-orang di negara maju yang tak punya akses ke perbankan tetap bisa melakukan transaksi dengan kartu elektronik. Ini karena pembayaran elektronik sifatnya bisa terbuka untuk digunakan semua orang.

4. Lebih hemat
Biaya yang dipakai untuk transaksi biasanya sangat kecil dengan pembayaran elektronik. Orang juga tak perlu direpotkan dengan membawa uang tunai jika ingin berbelanja.

5. Punya akses yang lebih luas
Dengan pembayaran elektronik orang bisa punya akses yang lebih luas ke semua penyedia jasa keuangan.

Untuk contoh pembayaran elektronik, Kenya adalah negara berkembang yang mulai menuju melakukan itu untuk warganya sejak tahun 2007.

Bill Gates sendiri punya cita-cita semua orang, baik miskin atau kaya punya akses yang sama untuk transaksi apa pun baik yang punya rekening bank atau tidak. Ia melihat pembayaran elektronik sebagai salah satu solusinya.

Bill yang dikenal dermawan ini melalui yayasan barunya mulai membantu beberapa negara berkembang yang ingin menggunakan pembayaran elektronik.

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/496913/bill-gates-benci-uang-tunai-ini-alasannya

1 Response to "Ternyata Bill Gates Benci Uang, Ini Alasannya"