Pendapatan semakin timpang, pemerintah bangun infrastruktur desa




Pemerintah menyatakan belanja modal dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan lebih fokus untuk pembangunan infrastruktur pedesaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa dan mengurangi kemiskinan.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pembangunan infrastruktur pedesaan dapat mengakselerasi kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

"Artinya yang di bawah ini semakin cepat meningkat pendapatannya," ujarnya saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/1).

Upaya penurunan kemiskinan, sejalan dengan upaya mengurangi ketimpangan antara pendapatan masyarakat (gini ratio). "Kemiskinan juga masih on the track walaupun kita masih harus kerja keras," ungkapnya.


Sebelumnya, Hatta menegaskan pemerintah akan berkoordinasi untuk memfokuskan penyaluran dana pengentasan kemiskinan pada satu daerah dengan kompetensi K/L masing-masing. "Maka di situ langsung kita kroyok beberapa K/L. Mulai dari listriknya, cara menangkap ikan kita benahi, airnya, dan perumahannya.".

Dia mengatakan pemerintah berupaya untuk terus menjaga keterciptaan lapangan kerja. Dengan target 750.000 sampai satu juta tenaga kerja terserap. Iklim industri akan dijaga kekondusifannya agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja.

Hatta mengungkapkan langkah lain yang diambil pemerintah adalah memastikan proyek MP3EI terjaga keberlangsungannya sebagai bentuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. "Masing-masing kementerian membuat matriks,
masing-masing kementerian punya kewajiban untuk mengawal," katanya.

Referensi : http://www.merdeka.com/uang/pendapatan-semakin-timpang-pemerintah-bangun-infrastruktur-desa.html

1 Response to "Pendapatan semakin timpang, pemerintah bangun infrastruktur desa"