Gaji Ludes Habis Liburan? Ini Caranya Berhemat!

Liburan semakin dekat nih, rencana berpergian bersama teman dan keluarga pun segera dibuat. Berbagai destinasi pun menjadi tempat berkumpul sekaligus refreshing untuk Anda. Sayangnya, liburan yang jatuh di 'tanggal tua' bisa membuat rencana yang sudah matang menjadi berantakan. Padahal liburan menjadi solusi yang paling tepat untuk melepas penat setelah bekerja.

Sebenarnya liburan bisa dilakukan tanpa harus merogoh kocek secara berlebihan. Anda pun disarankan untuk menghindari destinasi luar negeri sebagai tujuan liburan. Lebih baik, Anda pilih wisata di Indonesia yang mudah dijangkau, lagipula pemandangan di Indonesia juga tidak kalah dengan negara lain lho. Selain itu, ada beberapa cara lain agar Anda bisa liburan hemat dan menyenangkan seperti dikutip dari laman liputan6.com, yuk simak di bawah ini.

1. Survei Lokasi Liburan

Mau wisata hemat? Yuk, survei dulu berbagai lokasi yang akan Anda kunjungi. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menghitung kisaran uang yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang Anda idamkan. Lagipula, Anda pun bisa mengetahui tempat liburan yang sedang promosi atau bahkan gratis.

2. Jangan Malu Gunakan Transportasi Umum

Agar anggaran liburan Anda tetap aman, gunakanlah transportasi umum untuk pergi berlibur. Anda bisa menggunakan transportasi, seperti kereta atau bus. Selain menghemat anggaran, menggunakan transportasi umum juga bisa membuat Anda memiliki istirahat lebih banyak.

3. Hindari Memakai Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit seringkali membuat Anda tergiur untuk memakainya secara berlebihan. Memang dengan memakai kartu kredit, pembayaran pun bisa Anda tunda selama sebulan ke depan. Tapi, perlu diingat jika pemakaian yang dilakukan secara berlebihan bisa membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit nantinya.

4. Bawa Dana Tunai

Membawa dana tunai merupakan kewajiban yang harus Anda patuhi saat liburan. Walaupun tetap saja, dana tunai ini jangan sampai dipakai untuk foya-foya. Membawa dana tunai bisa membuat Anda melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga Anda pun akan berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.

5. Tetap Catat Pengeluaran Selama Liburan

Walaupun sedang menikmati liburan, Anda tetap harus mencatat pengeluaran Anda selama liburan. Catatlah pengeluaran Anda sekecil apapun, agar Anda tetap mengetahui pemakaian uang selama liburan. Mencatat pengeluaran juga bisa membuat Anda untuk boros atau berfoya-foya.

Tidak perlu khawatir lagi ketika liburan harus dijalani saat 'tanggal tua', dengan perencanaan yang matang, Anda bisa langsung mendapatkan liburan hemat dan menyenangkan. Yang terpenting, gaji Anda tetap cukup untuk pergi liburan dan membeli kebutuhan penting lainnya .

0 Response to "Gaji Ludes Habis Liburan? Ini Caranya Berhemat!"

Post a Comment