Produk RI Ini Laris Manis Bila Dijual di Eropa

Indonesia mesti memiliki produk unggulan untuk diekspor ke Uni Eropa bila Comprehensive Economi‎cs Partnership Agreement (CEPA) terealisasi.

‎Dengan memiliki produk unggulan maka Indonesia tak hanya sekadar pasar yang mendapat limpahan barang dari Eropa.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, Indonesia memiliki produk potensial khususnya makanan dari ikan.

Hal tersebut tentu menguntungkan, apalagi Indonesia tengah fokus pada sektor perikanan. Sayangnya, saat ini standar produk perikanan masih rendah sehingga kualitas perlu ditingkatkan.

"Ekspor udang sempat ditahan karena katanya standar safety yang tidak memenuhi standar Eropa. Mereka membantu sistem sertifikasi. Kita dari kualitas memang rendah,"Seperti dikutip dari laman liputan6.com.
Dia mengatakan, produk potensial lain adalah alas kaki. Dia mengatakan sebaran atau pangsa pasar produk alas kaki Indonesia masih besar. Namun begitu, perlu diperbaiki tarif atau harganya sehingga makin kompetitif.

Dia melanjutkan, produk tekstil Indonesia berpeluang merajai Eropa. Namun begitu, produk tekstil memiliki persoalan dari segi harga karena disebabkan oleh jarak. "‎Kita dari tahun ke tahun tekstil terus turun sebetulnya faktor jarak," tambah dia.

Produk potensial Indonesia yang memiliki punya peluang ialah crude palm oil (CPO). Produksi CPO Indonesia masih menjadi salah satu terbesar di dunia. Akan tetapi, CPO Indonesia masih kalah saing karena minim produk turunan.

"‎Itu yang semestinya didorong sejalan dengan hilirisasi. Tren kita produk turunan lebih tinggi, tinggal penetrasinya‎," tutur dia. 

1 Response to "Produk RI Ini Laris Manis Bila Dijual di Eropa"

  1. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB

    ReplyDelete