Ini Tips untuk Pengangguran yang Mau Berbisnis

Saya lulusann baru yang sedang mencari kerja di Jakarta sudah 3 bulan saya tinggal di Jakarta tapi belum dapat kerjaan.

Saya berpikir, saya akan membuka usaha sambil menunggu adanya pangilan kerja tapi saya nggak punya modal sama sekali. Sewa kosan juga belum saya bayar.

Saya ingin bikin usaha supaya saya dapat membayar sewa kosan. Bagaimana saya bisa bikin usaha dengan modal yang minim. Saya sudah coba cari modal kesana kesini tapi belom dapet karena harus ada jaminan (Rijal Irfai).

Solusi dari Rijal

Untuk membuka usaha tidak harus mengandalkan modal uang. Tidak ada modal uang maka usaha tidak bisa mulai, begitulah mitos yang banyak dipercayai banyak orang. Sehingga banyak orang yang sudah mempunyai ide dan perencanaan membuka usaha, namun terbentur dengan modal, mereka tidak juga membuka usahanya.

Saya melihat adanya keinginan Anda untuk membuka usaha, karena belum mendapatkan pekerjaan dan mempunyai kebutuhan dana untuk membayar biaya hidup sehari-hari yang mendesak. Jika Anda ingin benar-benar membuka usaha, pastikan ide dan produk atau jasa apa yang ingin Anda pasarkan dengan perencanaan yang baik dan bertanggung jawab untuk dapat mewujudkannya. Rencana tersebut dalam bentuk proposal bisa Anda tawarkan kepada kerabat Anda untuk membantu dan bekerjasama agar ide tersebut terwujud.

Namun jika itu sudah Anda lakukan dan Anda mengalami penolakan. Janganlah berputus asa. Masih banyak jalan untuk mewujudkan keinginan Anda, asalkan Anda mempunyai keinginan yang kuat untuk mewujudkannya, apalagi Anda terdesak harus membayar biaya kos dan lainnya.

Cara lain untuk Anda adalah Anda sebenarnya mempunyai modal lain yang bisa Anda tawarkan kepada orang lain sehingga Anda mempunyai penghasilan. Yaitu Anda mempunyai modal yang ada pada diri Anda sendiri. 

Seperti tenaga, pikiran, semangat, bakat, kemampuan diri, kemampuan komunikasi, ilmu dalam menggunakan komputer dan internet, ilmu dari sekolah, kemampuan menjual produk dan lain-lain yang ada di diri Anda. Dan tentu Anda bisa gali lagi sendiri potensi diri tersebut.

Potensi diri tersebutlah yang sebagai modal utama Anda, modal diri tersebut bisa Anda tawarkan kepada kerabat Anda, pengusaha yang Anda kenal, pemilik toko, para pedagang di pasar. Anda tawarkan diri untuk membantu menjual produk mereka, membantu administrasi atau apa pun tapi bukan untuk mencari kerja.

Dari membantu di toko mereka, pemilik akan memberikan bagi hasil/bagian untuk Anda. Dan jika mereka senang dengan hasil yang Anda raih tentu mereka akan memberikan kepercayaan lebih besar lagi. Keuntungan lainnya Anda bisa belajar langsung dari para pemilik usaha dan menjadi bekal diri Anda untuk menjadi pengusaha kelak

Tunjukkanlah kesungguhan Anda untuk membantu mereka dan menghasilkan keuntungan bagi mereka. Mereka pun akan senang berbagi dengan Anda. Jagalah kepercayaan dalam bekerjasama karena kepercayaan adalah modal yang paling utama dan akan sangat bermanfaat untuk membangun usaha Anda di masa depan.

Selamat berusaha dan semoga sukses. Artikel ini diambil dari situs detik.com.

0 Response to "Ini Tips untuk Pengangguran yang Mau Berbisnis"

Post a Comment