Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengambil Gaji Anda Sebagai Entrepreneur

Pada Awalnya, Entrepreneur Harus Rela Untuk Tidak Digaji Sama Sekali. Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengambil Gaji Pertama?

Memiliki sebuah bisnis seringkali membutuhkan banyak pengorbanan. Salah satunya adalah bersedia bekerja lebih keras daripada nilai kompensasi yang Anda terima. Bukan berarti Anda harus bekerja secara cuma-cuma selama durasi kehidupan Anda sebagai entrepreneur. Boleh saja kok kalau misalnya Anda mau mengambil gaji sekarang juga. Cuma, apakah waktunya sudah tepat? 

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengambil gaji Anda adalah stabilitas finansial bisnis Anda saat ini, gol yang Anda miliki untuk pertumbuhannya di masa depan, dan kebutuhan finansial Anda secara personal. Berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk mengambil gaji dari bisnis Anda, seperti dikutip dari laman yahoo.com yaitu :

1. Ketika Anda percaya diri kalau Anda mampu dan telah membayar gaji semua karyawan Anda.
Sebagai pemimpin, Anda punya beban untuk memastikan bahwa setiap orang yang Anda pekerjakan dan Anda ajak kerjasama telah diurus secara finansial sebelum Anda menggaji diri Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki uang untuk membayar karyawan atau vendor Anda, maka ini bukanlah waktu yang tepat untuk mengambil gaji Anda.

2. Ketika Anda sudah mengumpulkan pendanaan yang Anda perlukan untuk tumbuh.
Peter Thiel, seorang investor terkenal di Silicon Valley menyebut bahwa salah satu pertimbangannya menentukan apakah sebuah bisnis layak untuk mendapatkan pendanaan adalah dari gaji yang diterima oleh pemiliknya. “Gaji CEO mencerminkan misi perusahaan, apakah untuk membangun sesuatu yang baru, atau sekedar mengumpulkan uang,” katanya pada sebuah pernyataan yang ia sampaikan pada tahun 2008 di TechCrunch50. Jargon ini sampai sekarang masih menggema sebagai di dunia venture capital. Maka, jika mendapatkan pendanaan dari venture capital termasuk salah satu dari daftar gol bisnis Anda, ada baiknya mulai sekarang Anda berhenti mengambil gaji Anda. Barulah setelah Anda berhasil mencetak pendanaan, Anda bisa menghadiahi diri Anda dengan gaji.

3. Ketika bisnis Anda siap untuk melakukan ekspansi.
Salah satu metrik yang dapat Anda gunakan untuk memutuskan apakah bisnis Anda siap untuk melakukan ekspansi adalah ketika Anda mampu menggaji diri Anda  dengan profit bulanan yang konsisten. Jika gaji yang Anda terima ternyata masih belum sesuai bayangan Anda, maka sudah saatnya untuk meningkatkan skala bisnis Anda. Hal ini termasuk menggunakan simpanan modal Anda untuk memperluas jangkauan pasar. Namun jika Anda sudah puas dengan angka yang Anda terima, dan Anda merasa bahwa bisnis Anda tidak perlu bertumbuh, bertahan saja sudah cukup, maka inilah waktu yang tepat untuk menikmati buah dari kerja keras Anda.


0 Response to "Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengambil Gaji Anda Sebagai Entrepreneur"

Post a Comment