Solusi Jitu Menyelesaikan Permasalahan Umum Para Blogger

Setelah sekian waktu menekuni dunia blogging dan mereview berbagai blog atau website yang membahas dunia blogging, saya menyimpulkan berbagai permasalahan yang menjadi kendala para blogger.  Saya mencoba mengumpulkan permasalah-permasalahan umum para blogger hal yang sangat mendasar dan memerlukan perhatian serius ke dalam 5 hal, seperti dikutip dari laman yaitu tipsdansolusi.com :

1. Update isi konten website

Membuat isi blog terus terupdate dengan tulisan terbaru ternyata bukan perkara mudah. Saya menempatkan update blog nomor sebagai problem nomor satu yang menjadi kendala paling besar sobat blogger.

Dari berbagai blog yang sempat saya kunjungi, tidak sedikit blog yang hampir tidak pernah lagi diupdate oleh pemiliknya, bahkan kontennya pun sudah banyak yang kedalu warsa. Selain itu, tidak sedikit blogger yang kebingungan materi untuk mengisi blognya sehingga tidak sedikit blog yang berisi materi Copy Paste dari tempat lain sehingga tidak kelihatan kreatif. Seberapa sering Anda update isi blog Anda?  Jika Anda memiliki kendala dengan kemampuan menulis,  ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menyewa penulis kontent dan membuat tulisan sendiri secara bertahap dengan mengikuti fase yang jelas seperti Panduan-Panduan Menulis Artikel Blog. Setelah sekian lama ngeblog, untuk menulis satu artikel saya hanya memerlukan waktu kira-kira 30 menitan.

2. Kemampuan Teknis

Masalah besar ke-2 adalah tidak sedikit sobat blogger yang memiliki kemampuan teknis dunia blogging yang terbatas, seperti pergantian tema, pemilihan plugin hingga hal sepele seperti menata lay out blognya. Saya melihat tidak sedikti blog yang memiliki tampilan kacau sehingga navigasi menjadi sulit. Untuk beberapa blog terkesan asal tulis saja sehingga halaman menjadi panjang dan berantakan. Untuk blog seperti ini cukup sekali saja saya kunjungi, daripada pusing ketika membaca kontenya. Saran: sebaiknya sobat blogger meluangkan sedikit waktu untuk belajar masalah teknis dunia blogging seperti melaui search engine google atau bertanya pada blogger lainnya.

3. Pengunjung 

Masalah ke-3 yang menjadi kendala kebanyakan blogger adalah pengunjung. Jika blog sudah memiliki tampilan bagus dan konten yang selalu update tetapi tidak memiliki pengunjung, berarti blog tersebut menjadi tidak bermanfaat. Sudah pasti setiap pemilik blog menginginkan blognya memiliki pengunjung yang lumayan banyak apalagi pengunjung setia. Jika demikian blogger harus belajar teknik untuk mempromosikan blognya seperti dengan materi SEO dan teknik promosi yang lain seperti bergabung forum blogger dll. Salah satu media berbagi isi blog yang sudah teruji adalah Vivalog, miliknya VivaNews. Tidak sedikit blogger yang memiliki trafik pengunjung meningkat setelah memperkenalkan blognya di Vivalog. Pertanyaan yang menarik adalah seberapa sering Anda mempromosikan blog Anda?

4. Mencari pendapatan dari Blog 

Setelah sebuah blog jadi, tentu sobat blogger ingin sekali membuat blognya bermanfaat misalnya menghasilkan uang.  Memang tidak semua blogger ingin menggunakan blognya untuk mendapatkan uang. Namun menurut saya jika memang blongya memiliki nilai jual, mengapa tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Misalnya, bergabung dengan program Adsense seperti Google Adsense. Kita bisa mendulang banyak keuntungan dari blog kita.

5. Alokasi waktu untuk mengelola blog.

Dari banyaknya blog yang tidak terurus, saya menyimpulkan jika pemilik blog tidak mengalokasikan waktu secara khusus untuk mengelola blognya. Jika blognya ingin tampil menarik, sobat blogger harus meluangkan waktu secara teratur untuk terus bereksperimen dengan blognya. Saya sendiri mengalokasikan 2-3 jam per hari untuk melihat-lihat blog yang saya kelola. Bagaimana dengan sobat blogger semua?

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat blogging! Silakan share kisah blogging sobat blogger semua di menu komentar dibawah ini! Terima kasih.


0 Response to "Solusi Jitu Menyelesaikan Permasalahan Umum Para Blogger"

Post a Comment