3 Tips Mengendalikan Pegawai yang Susah Diatur


Di setiap kantor selalu ada pegawai yang susah diajak kerjasama. Bisa jadi dia antagonis ataupun susah bekerja bersama dengan yang lain. Menurut Kerry Preston, penulis buku Enhancing Your Executive Edge" (McGraw-Hill, 2014), hal seperti ini tidak bisa dibiarkan. Maka inilah tiga tips mengendalikan pegawai yang susah diatur, seperti dikutip dari laman intisari-online.com :

1. Jangan gampang menyalahkan
Sebaiknya dekati sang pegawai dan minta pengertian bersama. Sang pegawai harus tahu bahwa dia menjadi sumber masalah. Kalau bagus, masalah bisa selesai dengan perubahan diri sang pegawai itu.

2. Pahami masalah yang ada
Tidak ada salahnya memahami masalah apa yang membuat sang pegawai menjadi menyulitkan kerja. Jika penyebabnya diketahui dan bisa ditanggulangi maka masalah bisa cepat selesai.

3. Jika dia tukang bully
Jika masalah karena pegawai tersebut tukang bully sebaiknya dibawa ke bagian HRD agar segera ditangani.

"Bullying adalah masalah organisasi bukan masalah individu," ungkap  Chris Edmonds, penulis buku The Culture Engine: A Framework for Driving Results, Inspiring Your Employees, and Transforming Your Workplace (John Wiley & Sons, September 2014. 

Jika langsung dikonfrontasi pada sang pelaku maka dia bisa tahu bahwa perilakunya merusak tatanan kerja yang ada.

0 Response to "3 Tips Mengendalikan Pegawai yang Susah Diatur"

Post a Comment