Pengaruh Bisnis Online Mengusik Ketenangan Agen Pos


Ngomong-ngomong tentang internet sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Nah apa yang membuat unik dari sisi internet sendiri, sebenarnya tidak ada Cuma dampaknya pad agen – agen pos yang cukup bagus untuk di simak, Agen pos merupakan perpanjangan tangan PT Pos Indonesia (Persero) untuk lebih memudahkan pelayanan transaksi di masyarakat.

Keberadaan agen pos makin diperlukan seiring meningkatnya aktivitas bisnis, baik yang bersifat mail, paket¸ maupun transaksi keuangan seperti pengiriman uang dan pos pay. Pelatihan yang diadakan Kantor Pos Besar Jogja kemarin (9/8) adalah salah satu upaya meningkatkan dan memantapkan pelayanan bagi agen pos di Jogja.

Manajer Penjualan PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Sugeng Salyono mengaku, perkembangan bisnis online di Jogja turut berpengaruh terhadap keberadaan agen pos. Model bisnis ini membutuhkan jasa pengiriman yang banyak, ekonomis, dan berkualitas. Sayangnya, banyak agen belum menyadari fenomena ini.Sebanyak 20 agen pos yang ikut pelatihan menyimak empat materi pokok dari pihak PT Pos Indonesia. Keempat materi adalah teknis operasional, pengenalan struktur organisasi PT Pos Indonesia (Persero) Jogja, strategi nasional pengembangan agen, serta bentuk koordinasi simbiosis mutualisme agen pos dengan kantor pos.



Pelatihan teknis operasional meliputi syarat-syarat menjadi agen pos. Antara lain, pemilihan lokasi yang strategis untuk pendirian outlet, kepemilikan NPWP, harus bisa menjalankan transaksi rutin, dan menjalankan prinsip-prinsip kerja sesuai standar PT Pos Indonesia. Maksud prinsip kerja Pos Indonesia adalah collecting dan processing.Materi yang ditekankan adalah strategi marketing nasional yang disampaikan perwakilan PT Pos Indonesia (Persero) Bandung.

Strategi yang diusulkan adalah pembentukan mean agent, yaitu agen utama membawahi agen-agen kecil di daerah terpencil. Dengan begitu potensi perekonomian di daerah teratasi.”Kami melihat, industri garmen di pedesaan Sleman dan Bantul sangat membutuhkan jasa pengiriman, baik itu paket ataupun transaksi keuangan. Kami akan memfasilitasi mulai pengepakan hingga distribusi,” ujar Sulyono. Pada kesempatan itu dipaparkan pendapatan agen pos skala nasional sampai Juli 2012 sebesar Rp 29 M. Pendapatan per bulan Rp 4 M. Sedangkan pendapatan jasa kurir secara nasional Rp 7 trilyun.
Sumber : kompas

0 Response to "Pengaruh Bisnis Online Mengusik Ketenangan Agen Pos"

Post a Comment