Rahasia Sukses Bisnis Online Yang Masuk Akal


Anda seorang karyawan/karyawati yang waktunya selalu habis untuk pekerjaan kantor, namun penghasilan pas-pasan? Akhir bulan duit tinggal untuk makan saja? Pastinya anda ingin mencari penghasilan tambahan atau sampingan.

Hm… apalagi yang kurang ya… Anda ingin mendapatkan penghasilan pasif tanpa perlu kerja keras? Ingin kaya dari internet? Cara mudah dapat duit dari internet? Ah, saya nggak mau menyesatkan anda dengan berbagai tipu daya seperti yang dilakukan oleh para online marketer yang gila uang.

Saya hanya mau berbagi pengalaman saya untuk mendapatkan penghasilan tambahan lewat jualan online. Jika anda ingin sukses atau mendapatkan uang yang banyak dari internet tanpa kerja, lupakan saja. Anda lebih baik buka facebook, main game online, atau bersenang-senang seperti membaca blog ini.

Mendapatkan uang dari internet bukanlah hal yang instan atau sangat mudah. Memang cenderung lebih mudah dari cara konvensional, tetapi tetap membutuhkan usaha, konsentrasi, dan integritas anda untuk bisa sukses seperti di bidang manapun.
Terlebih lagi jika anda ingin membangun bisnis jualan online (Online Shop), anda memerlukan beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi. Berikut ini saya rincikan kebutuhan dan tahapannya :

Kebutuhan
1.Koneksi internet.
Kalo nggak punya ini, lebih baik tunda dulu rencana anda untuk berjualan online. Kalaupun anda memilih ke warnet langganan, tetap saja memiliki internet personal di rumah adalah yang terbaik.

2.Komoditas

Anda harus memiliki sesuatu untuk dijual. Ya iya lah… namanya juga jualan, ya perlu barang untuk dijual. Jika anda bingung karena tidak memiliki komoditas atau barang jualan, jangan khawatir dulu. Ada banyak supplier di internet yang menawarkan untuk bergabung menjadi reseller atau dropshipper mereka. Hati-hati juga dalam memilih supplier, pastikan kejelasannya dan tidak menipu. Penjelasan lebih lanjut mengenai reseller atau dropshipper dapat anda baca di artikel “Menjadi Penjual Online Tanpa Modal“

3.Waktu
Banyak yang bilang kalau bisnis online itu sangat flexible dengan waktu anda. Menurut saya : SALAH. Ah masak sih? Kan bisa sambil ngantor, bisa sambil ngurus anak, bisa sambil yang lain-lain… Oke, sebagian memang benar tergantung manajemen waktu anda pribadi. Tapi saya tekankan lagi, bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis biasa jika anda ingin bisnis online anda berkembang dengan baik. Anda membutuhkan waktu untuk merincikan setiap order dengan teliti, packing order dan mengirimkan barang (jika anda berjualan dengan barang sendiri) ke ekspedisi. Selain itu, anda juga perlu melakukan marketing online.
Untuk tahapannya saya lanjutkan nanti ya… udh subuh nih… mau tidur dulu
Tahapan

1.Menentukan komoditas yang akan dijual
Pelajari dulu potensi penjualannya, target marketnya, repeat ordernya, kemampuan modal anda atau suppliernya. Pada tahap ini akan lebih baik juga jika anda mempelajari trend yang sedang terjadi di pasar dan menganalisa keyword yang kira-kira banyak dicari orang di internet. Baca juga artikel mengenai “Optimalisasi Keyword Untuk Bisnis Online“

2.Buat website untuk memajang produk anda
Anda dapat membuat website gratisan untuk berbisnis online, tapi saya menyarankan untuk membeli domain (nama website, misalnya www.tomo.web.id ) dan hosting berbayar. Dengan nama domain sendiri bisnis anda akan lebih berkesan lebih profesional. Saat pembuatan, desain web juga penting untuk memberikan keyakinan kepada calon pembeli bahwa anda benar-benar toko online yang tidak menipu.

3.Promosikan produk anda di forum-forum dan social network
Penjual online di Indonesia pasti kenal dengan yang namanya kaskus. Buat thread jualan anda disana, buatlah serapi mungkin. Tiru penjual yang membuat thread bagus. Promosi di website social networking seperti facebook juga sangat efektif mendongkrak penjualan. Jika anda terlalu sibuk untuk mengunggah foto produk anda satu per satu ke social networking, promosikan saja URL web anda.

4.Website anda perlu SEO
Search Engine Optimization adalah salah satu topik yang sering dibicarakan oleh online marketer. Namun topik ini terlalu luas jika dibahas disini, silahkan googling untuk lebih jelasnya (). Sebenarnya kalau dibilang harus dan mutlak, SEO tidak harus diimplementasikan untuk website anda jika anda melakukan promosi online aktif. Kelebihan website dengan SEO adalah anda akan mendapatkan traffic (pengunjung) lebih banyak tanpa perlu promosi lagi. Search engine seperti google yang akan mempromosikannya untuk anda. SEO akan sangat mempermudah anda dalam berbisnis di internet.

Oke, kira-kira artikel diatas cukup untuk membahas kulit luar dunia jualan online. Lebih lanjut lagi akan saya buat artikel yang detail mengenai poin-poin diatas. Terima kasih sudah membaca

0 Response to "Rahasia Sukses Bisnis Online Yang Masuk Akal"

Post a Comment