Adakah Sebuah Formula Untuk Sukses





Saya senantiasa merasa sangsi bila seseorang berkata dengan meyakinkan,"Dengarkan - saya mempunyai rahasia yang akan membuat rambut tumbuh di kepala anda....akan menyembuhkan sembelit.....atau membuat Anda kaya dalam waktu singkat!"Namun saya percaya bahwa mungkinlah - bahkan seharusnyalah- ditemukan suatu prinsip sederhana dan menyeluruh yang harus diikuti oleh seorang wirausahawan dalam menghadapi segala macam badai yang menjadi rintangan usaha yang baru mulai. 

Pendek kata,pentinglah ditemukan suatu formula,suatu resep,yang dapat digunakan sebagai pedoman. Saya mempunyai suatu formula bagi keberhasilan wirausaha dengan tiga butir keharusan:

  1. Keharusan dasar bagi wirausahawan: selalu pusatkan perhatian pada pelayanan,mutu,kejujuran,kepandaian dan efesiensi.
  2. Keharusan bagi manajemen:Campurlah yang muda dan yang tua.
  3. Keharusan bagi pengeluaran:Bertindaklah ilmiah mengenai alokasi pengeluaran.

Butir-butir diatas dapat anda pegang sebagai cambuk atau perintah yang selalu anda ingatkan pada diri sendiri untuk tetap berada pada jalan yang benar.


Keharusan dasar bagi wirausahawan: selalu pusatkan perhatian pada pelayanan,mutu,kejujuran,kepandaian dan efesiensi

Secara umum,tingkat sukses anda sebagai wirausahawan akan tergantung langsung pada berapa baik dan berapa luas anda dapat menanamkan reputasi Anda. Dan reputasi Anda akan tergantung pada:

  • Pelayanan yang dapat Anda berikan.
  • Mutu produk Anda.
  • Kepandaian dalam menciptakan produk baru dan merebut pasar.
  • Efesiensi operasi Anda.

Kalau anda dapat mengembangkan reputasi sebagai pemberi pelayanan yang baik,Anda sudah melewati setengah jalan menuju keberhasilan dalam banyak bidang.

Mutu produk juga merupakan faktor kunci. Sebuah produk hendaklah diuji dengan teliti dilapangan sampai anda yakin tiada cacat yang menjadi penghalang.

Selain itu,yang penting juga adalah pengawasan mutu terhadap setiap produk yang dikirim kepada konsumen sehingga dapat dipastikan bahwa semua barang sampai ditangan konsumen dalam kedaan baik.

Kepadaian merupakan keharusan dasar.Berpandangan jeli dan berotak tajam sangatlah penting kalau Anda mau mencapai puncak keberhasilan.

Dalam beberapa bidang teknologi tinggi,mungkin anda harus menghasilkan produk yang paling maju dalam bidangnya kalau anda ingin menonjol di pasar.Tetapi keorisinilan,keunikan dan kecerdikan mempunyai nilai penting pada usaha apapun.

Akhirnya keharusan yang lain ialah efesiensi. Anda harus mengurusi kantor, menghasilkan produk,dan dengan cara lain menjalankan usaha sedemikian rupa sehingga anda dapat menekan biaya serendah mungkin dan dengan demikian memaksimalkan keuntungan.

Dalam persaingan,biasanya pemenangnya adalah pengusaha yang berorientasi mutu tinggi dan biaya rendah,dan selain itu juga pedagang yang hebat.

Keharusan bagi manajemen:Campurlah yang muda dan yang tua

Kebanyakan wirausahawan dibantu oleh orang-orang muda yang mempunyai energi,semangat kreativitas yang di perlukan untuk mulai.

Tetapi kalau anda mempunyai sekelompok orang muda yang mungkin sangat cemerlang dan penuh semangat tetapi sama sekali miskin pengalaman bisnis,tentu kadang-kadang mereka melakukan tindakan yang keliru. Itulah sebabnya banyak usaha baru yang gagal walaupun mungkin produk mereka cukup bagus.

Itulah sebabnya mengapa kebanyakan penyedia dana yang sudah banyak makan garam akan mengatakan, sebelum menanam uang mereka,"kami memerlukan adanya pengawasan dalam manajemen.

"Dengan kata lain,maksud mereka adalah ,"kami menghendaki hal untuk memasukkan beberapa orang tua yang berpengalaman."Jadi idealnya sebuah usaha adalah mengkombinasikan antara yang muda dan yang tua.

Keseimbangan yang baik antara antusiasme meluap dan pengalaman yang mantap dapat menentukan berhasilnya suatu usaha pada tahap-tahap awal. Sebenarnya,prinsip ini berlaku bagi setiap bisnis,lama maupun baru.

Keharusan bagi pengeluaran:Bertindaklah ilmiah mengenai alokasi pengeluaran

Salah satu kesalahan yang dilakukan kebanyakan wirausahawan ialah kurang mengendalikan pengeluaran. Pada tahap awal setiap usaha,yang pasti berlaku ialah pertumbuhan. Si wirausahawan ingin menjual sebanyak mungkin, membuka pasar sebanyak mungkin, dan menggerakkan mesin produksi segiat mungkin.

Wirausahawan paling agresif, dan biasanya paling berhasil,selalu siap menjawab bila seorang pelanggan baru muncul di cakrawala- selama ia masih mampu menjual produknya dengan menguntungkan kepada pelanggan itu. Saya sendiri sangat mementingkan pertumbuhan.

 Salah satu hal yang selalu saya inginkan dalam bisnis adalah datangnya banyak pesanan. Kami akan menerima pesanan dalam jumlah lebih besar daripada yang dapat kami tangani. Kemudian,entah bagaimana kami akan mendapatkan cara mengatasi hal itu. Saya baru merasa khawatir bila kegiatan bisnis menurun.

Tetapi ada waktunya ketika sebaiknya kita menarik diri dan membereskan segala sesuatu. Itu berarti melakukan analisis secara sistimatis dan ilmiah mengenai segala biaya dan pengeluaran serta kemampuan manajemen usaha kita. SALAM SUKSES!!!!!!!!!!

Referensi

2 Responses to " Adakah Sebuah Formula Untuk Sukses "

  1. Wah info menarik nih buat buka usaha.Trims Gan..

    ReplyDelete
  2. Nice and very helpful information i have got from your post. Even your whole blog is full of interesting information which is the great sign of a great blogger.

    Toshiba - Portégé Ultrabook 13.3" Laptop - 4GB Memory - 128GB SSD - Silver

    Toshiba - 15.6" Satellite Laptop - 8GB Memory - 750GB Hard Drive - Champagne Silver

    ReplyDelete