Berapakah Modal Awal Untuk Memulai sebuah Usaha?



Sebagai pedoman kasar,untuk memulai suatu usaha,sediakan dua kali biaya yang telah terpikirkan. Paling sedikit,bayangkan bahwa anda akan memerlukan tambahan 50% dari jumlah yang sudah termasuk dalam pergitungan,walaupun segala sesuatu telah di rencanakan dan dipikirkan dengan cermat.

Mengapa begitu?Alasan pertama adalah karena semua wirausahawan yang berhasil adalah orang-orang optimis yang merasa yakin dapat melaksanakan hal-hal mustahil. Maka mereka cenderung menilai terlalu rendah banyaknya ragam kesulitan yang akan mereka hadapi. 


kesulitan ini mungkin meliputi kelebihan biaya dan ketidak efesienan yang muncul,tiada penjualan atau kurang sempurnanya produksi,sekurang-kurangnya pada tahap-tahap awal produksi.

Maka,lakukanlah penyusunan perhitungan yang teliti dan perencanaan yang cermat,pastikan jumlah uang yang anda butuhkan untuk memulai bisnis anda-lalu tambahkan 50 persen;atau lebih baik lipat duakan. Itulah jumlah yang mungkin akan anda perlukan sebelum usaha anda memulai memberikan cukup hasil untuk tetap berjalan tanpa tambahan modal.


Apa yang harus dilakukan kalau tidak ada modal sebesar itu?


Kebanyakan wirausahawan yang baru mulai tidak mempunyai modal sebesar itu. Mereka tidak bisa meyakinkan bank atau penanam modal untuk menopang mereka,dan mereka tidak mempunyai sumber uang pribadi yang akan memenuhi kebutuhan modal itu. 


Tetapi sebagai orang yang berpikir positif mereka akan mulai dengan keyakinan bahwa kekurangan akan terpenuhi. Untung,sementara orang berhasil juga walaupun menghadapi berbagai kesulitan;mereka benar-benar melakukan yang tak mungkin. Tetapi banyak pula yang dalam waktu singkat terlanda kesulitan keuangan dan berakhir dengan menghentikan usahanya.

Mereka yang berhasil mungkin menggantungkan diri pada bantuan tetap dari keluarga dan sahabat yang mendukung usahanya. 


Dengan kegigihan dan keprihatinan ia berhasil melakukan apa yang mustahil. Anda mungkin mempunyai peluang untuk menjadi salah satu wirausahawan yang tak mempunyai cukup modal tetapi beruntung dan akhirnya berhasil. 

Jadi jangan kehilangan semangat karena kecaman orang lain. Anda tidak pernah akan mengetahui apakah anda dapat mengatasi kesulitan dan berhasil kalau anda tidak mencoba.

Tetapi ada sedikit nasihat. Kalau anda memulai usaha,sedangkan anda tahu bahwa modal anda kurang mencukupi, Anda harus memperhatikan dengan lebih cermat hal-hal lain yang menjadi bagian usaha anda. Pikirlah strategi bisnis anda dengan secermat-cermatnya. 


Tidak boleh ada kesalahan konyol sedikitpun. Karena anda bekerja dengan dukungan modal yang pas-pasan,anda seolah-olah bergantung pada benang tipis yang dapat putus pada setiap saat. 

Referensi

1 Response to "Berapakah Modal Awal Untuk Memulai sebuah Usaha?"

  1. Nice and very helpful information i have got from your post. Even your whole blog is full of interesting information which is the great sign of a great blogger.

    Toshiba - Portégé Ultrabook 13.3" Laptop - 4GB Memory - 128GB SSD - Silver

    Toshiba - 15.6" Satellite Laptop - 8GB Memory - 750GB Hard Drive - Champagne Silver

    ReplyDelete