Baru Umur 21 Tahun, Pria ini Sudah S-3

Tahrizi Andana, pemuda berusia 21 tahun akan segera berangkat ke Eropa sebagai penerima beasiswa S-3 termuda Erasmus Mundus. Ratusan penerima beasiswa Erasmus Mundus akan segera terbang ke berbagai negara Eropa untuk mengenyam pendidikan tinggi. Tahrizi Andana sendiri dinobatkan sebagai pengenyam pendidikan doktoral termuda.

“Saya bangga menjadi peserta beasiswa termuda di program beasiswa Erasmus Mundus, ketika interview dalam seleksi program beasiswa Erasmus Mundus mereka kaget umur 21 sudah ke jenjang S-3. Saya tanya balik ‘apakah umur 21 melanjutkan ke jenjang S-3 itu harus ditentukan dari umurnya?’,” ketus alumnus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut dalam acara Erasmus Mundus Scholarship Programme. (okezone)***

Pertama kali saya baca artikel tersebut jelas saya terkejut. Soalnya biasanya mahasiswa di umur 21 tahun itu baru masuk tahun ke-4 di kampus. Biasanya mahasiswa usia 21 tahun itu lagi giat-giatnya ngejar skripsi karena udah semester akhir. Tapi apa yang dilakukan alumnus ITB ini lebih hebat lagi. Usia 21 tahun dia sudah ambil Program Doktoral dan mengenyam pendidikan S-3.

Padahal kalau dihitung-hitung, yah mahasiswa itu baru bisa S-3 diatas umur 25 tahun ke atas. Dengan estimasi waktu kuliah 4 tahun S-1 dan 2 tahun S-2. Bila masuk kuliah umur 18 tahun, maka umur 25-26 baru bisa lanjut S-3 itupun dengan catatan terus kuliah tanpa putus.

Namun, lagi-lagi pemuda ini menunjukkan batasan umur bukan jadi masalah untuk terus berkarya dan belajar. Salut!

Referensi

1 Response to "Baru Umur 21 Tahun, Pria ini Sudah S-3"