Akhir Perusahan Legendaris East India Company




Peraturan India Tahun 1858 mengusulkan penghapusan kekuasaan perusahaan, termasuk dewan pengadilan dan mengalihkan seluruh kewenangan pada raja. Filsafat politik John Stuart Mill, seoarang karyawan perusahan ini dilondon, menulis petisi yang ditujukan kepada parlemen,yang memprotes bubarnya perusahaan.


petisi itu pun gagal, peraturan ditegakkan dan Mill mengundurkan diri dengan pensiun tahunan yang bagus sebesar E1.500. Perusahaan secara efektif tidak lagi neksis dan angkatan bersenjatanya yang dulu hebat diperlemah oleh perwira senior yang semakin tua dan dan desersi, menjadi angkatan bersenjata india.



Banyak kekayaan perusahaan yang dialihkan ke india . dan india sendiri sepenuhnya berada dibawah kendali pemerintahan inggris, gubenur-gubenurnya menjadi raja muda sang ratu. India secara formal menjadi kolnial kerajaan dan permata dimahota ratu victoria.

Setelah kemerdekaan pada 19488, india tetap menganut ekonomu terpusat dan ekonomi pertnian selama 40 tahun. Denaga pertumbuhan ekonomi 9 % pertahun pada awal abad ke 21, india sedang memperlihatkan determinasi menyeimbangkan neraca dan menarik investasi asing, kali ini diatas aturannya sendiri.


0 Response to "Akhir Perusahan Legendaris East India Company"

Post a Comment