Dibalik Kelahiran Microsoft yang Menyebabkan Bill Gates Keluar dari Havard




William Henry Gates III lahir pada 1955 di Seattle dalam keluarga terkemuka dalam bisnis dan filantropi. Bill muda jago dalam matematika dan sains, pada usia 13 tahun ia terdaftar disekolah ekslusif di Seattle, Lakeside Preparatory School.

Pada tahun 1973 gates mendaftarkan diri ke Havard dan disanalah ia bertemu Steve Ballmer yang m
engelola tim sepakbola kampus, dan dikemudian hari menjadi CEO microsoft. Ballmer belajar matematika dan ekonomi dan juga mengikuti latihan otot diDetroit Country day school.

Gates remaja memulai bisnis dengan Allen untuk menciptakan trafic caunters dengan mikroprosesor baru buatan intel,dan pendapatanya $20.000 pada tahun pertamanya.  Paul allen kuliah di Whashington State University, dikeluarkan dan menjadi penulis program untuk Honeywell di Boston.

Pada 1975, Gates membaca edisi Popular Electronics yang mengiklankan MITS Altair 88oo mikrokmputer kit, yang digerakan oleh chip baru buatan intel. Gates dan Allen menulis pada pemiliknya Ted Robets, menawarkan bahasa pemograman BASIC untuk mesin tersebut.

Mereka belum memiliki mesin Altair itu, juga belum menulis kode pemograman apapun. Mereka hanya menguji minat Ted Roberts. Ketika Ted Roberts menjawab positif, mereka dan lulusan Harvard bernama Monte Davidoff duduk bersama untuk menulis sebuah program bru dalam bahasa BASIC dengan menggunakan PDOP-10 microcomputer.

Allen terbang ke Alberqueque dengan 4K "Altair BASIC" dipeta kertas. Saat pertama kali program dijalankan ngadat. Saat upaya kedua dengan sebuah pita kertas baru, mereka mengetik "2+2" dan muncullah "4". Allen direkrut untuk mengerjakan MITS dan membujuk Gates untuk meninggalkan kuliah diharvard.

Gates pun pindah ke Alberqueque,ia dan Allen menamakan kemitraan mereka "Micro-Soft", yang ilhamnya didapat dari klien pertama mereka. Tahun berikutnya pada 1976, mereka mendaftarkan nama itu tanpa tanda sambung.

Inspirasi dari Gates : "kompter disetiap meja dan setiap rumah, menjalankan piranti lunak Microsoft", merupakan misi Microsoft yang diucapkan pada 1980-an. Pendiri Microsoft 1981 adalah anak muda "kutu buku" menyingkapkan dirinya untuk menjadi Henry Ford-nya piranti lunak dan salah seorang filantropis paling signifikan sepanjang masa.

"ANTIINTELEKTUALISME AMERIKA TIDAK LAGI SAMA DIKARENAKAN BILL GATES. GATES MEWUJUDKAN APA YANG DIANGGAP MUSTAHIL INTELEKTUAL PRAKTIS"  (Randal E. Stross, The Microsoft Way 1996).


Ditulis : Bagus J.
Referensi : perusahaan yang mengubah dunia (Jonathan Mantle)

1 Response to "Dibalik Kelahiran Microsoft yang Menyebabkan Bill Gates Keluar dari Havard"

  1. Excellent post and wonderful blog, I really like this type of interesting articles keep it u.

    Visit this web site for more info

    ReplyDelete