Penciptaan Uang modern Amsterdam Exchange Bank



Amterdam Exchange Bank adalah bank clearing house pertam dibelanda pada abad ke-17. inilah masa  "Zaman Keemasan" ketika belanda menyaksikan berkembangnya budaya besar dan amsterdam menjadi pusat komersial dunia.


Uang bank membebaskan para wirausahawan dan mata uang dari batas-batas nilai intrinstiknya, dan menciptakan transfer dana yang bukan-tuna, yang menopang kegiatan usaha para pedagang dan perusahaan bermodal patungan.



Sir William Temple, diplomat inggris mengomentari getaran komersial belanda pada abad ke-17 "Belum Pernah Ada Negara yang Berdagang Sedemikian Banyak dan Mengkonsumsi begitu Sedikit : Mereka Membeli dalam Jumlah yang tak Terbatas, tetapi untuk Dijual Kembali, Bertumpu pada Kemajuan Komoditas atau Pasar yang Lebih Bagus."

Zaman keemasan belanda menyingsing ketika berlangsung perang 8 tahun perjuangan panjang untuk meraih kemerdekaan dari spanyol katolik. Kesediaan orang belanda yang toleran untuk menyediakan tempat pengunsian bagi orang protestan dari Flanders, Huguenots dari Prancis dan Yahudi Sephardic dari portugal dan Spanyol meningkatkan getaran komersial Amsterdam yang telah mapan.

Editor : Bagus J

1 Response to "Penciptaan Uang modern Amsterdam Exchange Bank"

  1. Nice post! Can’t wait for the next one. Keep stuff like this coming.

    Visit this web site for more info

    ReplyDelete