Bagaimana Sukses Menaklukkan Wawancara Kerja


Wawancara kerja menjadi momok bagi sebagian orang. Sebab, banyak orang yang terpaksa gagal dalam wawancara kerja meski memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.


Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sebuah modal yang sangat penting bagi pencari kerja dalam menghadapi wawancara kerja, yaitu sebuah kepercayaan bahwa dirinya memiliki potensi yang besar untuk mengisi lowongan yang tersedia. Maka, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pun menggelar acarta bertajuk “Impress Your Interviewer–Tips & Trick.”

“Si perusahaan mencari yang terbaik untuk posisi tersebut. Maka, kamu harus percaya bahwa kamu orang yang tepat untuk posisi itu,” ujar Recruitment Assesment Bakrie Telecom Pusat, Nurdrajat Sumadyana yang didapuk sebagai pembicara, seperti disitat dari laman Unpad, Selasa (10/7/2012).

Menurut Nurdrajat, salah satu kunci sukses dalam melakukan interview dimulai dari persiapan. Dalam hal ini, sang pencari kerja harus tahu kapasitas yang dia miliki dan mengenal perusahaan serta pekerjaan yang akan dilamar. "Siap terhadap pertanyaan dan terus melakukan latihan merupakan hal lainnya yang patut menjadi perhatian," kata Nurdrajat.


Dia menambahkan, ketika memulai sebuah
interview, penting untuk memperhatikan bahasa tubuh diri kita dan interviewer. Bahasa tubuh yang kurang baik pada saat wawancara akan sangat berpengaruh terhadap penilaian pewawancara. "Wawancara kerja tak akan lepas dari pertanyaan-pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang pasti muncul adalah mengenai kehidupan si pencari kerja. Jika memungkinkan, jangan pernah ceritakan diri anda yang sudah muncul di dalam CV. Anda lebih baik menceritakan achievement, pengalaman anda, dan sebagainya,” tuturnya.

Saat menjawab pertanyaan pewawancara, kata Nurdrajat, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, yakni mendengarkan, mengilustrasikan jawaban, tetap spesifik dalam menjawab, dan beri jeda waktu ketika merespon pertanyaan.


Dalam kesempatan tersebut, dia menjelaskan beberapa poin yang dicari oleh perusahaan untuk menjadi salah satu nominasi pekerjanya, yaitu
multitalent, antusiasme, motivasi, dan komitmen yang tinggi. "Selain itu, perusahaan juga mencari orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik, kemampuan bekerja secara tim, seorang problem solver, memiliki kapasitas sebagai seorang pekerja keras, inisiatif dan percaya diri, serta memiliki balanced personality baik. Artinya bisa menempatkan diri, kapan harus serius dan kapan seseorang harus supel dalam berkomunikasi," imbuhnya.

Sementara itu, pembicara lainnya, yakni Nova Liana Tahita menambahkan, dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi untuk memulai sebuah wawancara kerja. “Jangan merasa ragu untuk menjual diri kepada user, karena kita yakin memiliki potensi,

By             : Nova
Referensi : Okezone

0 Response to "Bagaimana Sukses Menaklukkan Wawancara Kerja"

Post a Comment