Apa Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Dengan Modal 10 Juta

Jika seorang mahasiswa memiliki modal Rp 10 juta, lalu usaha apa yang bisa dijalankan sambil kuliah? Dengan modal itu, sudah cukup untuk memulai. Untuk dijadikan usaha sampingan memang harus diakui bahwa hasil yang didapat kurang maksimal. Prinsipnya adalah kuliah sambil bisnis. Jadi, yang dinomersatukan kuliahnya dulu. Setelah lulus baru bisa ditekuni dengan penuh waktu. Maka, merintis di saat masih duduk di bangku kuliah merupakan keuntungan.


Contoh usahanya bisnis online. Bisnis online sangat praktis karena tidak perlu menyewa ruang usaha. Anda cukup menjadi perantara jika ada orang yang membutuhkan barang alias jadi calo. Yang perlu dilakukan hanya membuat website dan mempromosikan. Yang plaing mudah dilakukan adalah berjualan lewat facebook. Untuk barang, Anda pilih penjual dengan sistem dropship, yaitu pembeli transfer ke Anda dan penjual Anda akan mengirimkan barangnya setelah Anda trasnfer pembeliannya. Karena sistem calo, Anda tidak perlu keluar modal untuk stok barang.

Usaha lainnya adalah yang sesuai dengan jurusan Anda. Jurusan yang dimaksud biasanya design grafis dan seni. Seorang mahasiswa designer grafis bisa membuka usaha yang berhubungan dengan design. Misalnya pembuatan website, edit foto, pembuatan logo. Atau yang sedang marak saat ini adalah pembuatan ilustrasi untuk kaos distro. Untuk mahasiswa jurusan seni musik, misalnya dengan bermain di kafe-kafe. Modalnya minimal dengan pakaian yang menarik. Untuk jurusan lain, pintar-pintar mencari peluang. Misalnya mahasiswa  jurusan bahasa inggris membuka kursus bahasa inggris.

Jika memang modal Anda pas-pasan bisa disiasati dengan mengajak kerjasama teman Anda. Misalkan Anda punya tivi di rumah dan teman Anda punya tempat dan punya tivi, Anda ajak usaha rental playstation. Modalnya lumayan sedikit karena tinggal membeli dua buah playstation. Tiap keuntungan yang didapat ditabung berdua. Tabungan yang cukup nantinya bisa digunakan untuk menambah tivi dan playstation. Yang perlu diingat adalah carilah teman yang jujur.
Sebenarnya banyak sekali usaha yang bisa digeluti oleh mahasiswa dengan modal Rp 10 juta. Tinggal bagaimana Anda jeli melihat peluang. Jangan ragu untuk bekerja sama. Keuntungannya adalah modal lebih besar dan memiliki rekan kerja yang bisa diajak berdiskusi. Semakin bertambah teman yang diajak kerjasama tentunya modal makin besar. Barangkali malah teman Anda juga sedang menanti orang yang bisa diajak kerjasama. Dengan modal sejumlah itu Anda bisa sistem titip. Misalkan produksi kaos kemudian dititip ke toko pakaian.

Referensi : www.firstsummerin82.com

1 Response to "Apa Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Dengan Modal 10 Juta"

  1. Excellent post and wonderful blog, I really like this type of interesting articles keep it u.

    Visit this web site for more info

    ReplyDelete