Benarkah Orang - Orang Jepang Pelit




Investasi jepang terhadap negara berkembang termasuk indonesia lebih banyak diarahkan kepada industri padat karya dari pada padat modal. Meskipun akhir-akhir ini kkecenderungan yang cukup kuat yakni bergesernya pola mereka pada industri padat modal.


Searah dengan perkembangan baru diatas , tenaga kerja yang bekerja baik sebagai pegawai menejerial maupun operator harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangn diatas. Kalau dulu mereka tidak ditantang  bersaing pada produk sekarang sebaliknya.



Pernyataan bahwa jepang agak segan dalam membagi teknologinya mungkin juga  ada benarnya. Tetapi kalau diamati lebih lanjut barang kali pernyataan itu kurang benar pula. Latar belakang orang jepang sama dengan orang cina. mereka akan ragu dalam memberikan sesuatu kalau orang itu baru dikenal atau sudah kenal tetapi belum  lama.

Tetapi bila disimak lebih lanjut, budaya ini pun bukan monopoli mutlak orang jepang atau pun cina, melainkan orang asia lainnya juga. Disamping itu ada hal yang patut dicontoh yakni, hubungan antara tua dan muda damana yang muda harus selalu respek dan hormat kepada orang yang lebih tua sehingga hubungan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menyerap teknologi jepang.

1 Response to "Benarkah Orang - Orang Jepang Pelit"

  1. Excellent post and wonderful blog, I really like this type of interesting articles keep it u.

    Visit this web site for more info

    ReplyDelete