7 Tips Jitu Menghindari Kelelahan Kerja yang Berlebihan

Sebagai entrepreneur, Anda seringkali merasa dituntut untuk bekerja 24 jam seminggu. Anda paranoid jika tidak bekerja. Anda merasa kehilangan banyak kesempatan. Padahal tidak. Bekerja terlalu keras baik dari segi mental dan fisik akan menguras energi Anda dan membuat Anda kelelahan dengan cepat, yang jika dilakukan berkali-kali, Anda bisa saja K.O cukup lama. Yang artinya Anda kehilangan lebih banyak kesempatan. Jadi, apa yang seharusnya Anda lakukan?

Berikut 7 tips yang bisa membantu anda memulihkan kembali semangat kerja, seperti dikutip dari laman studentpreneur.co :

1. Ambil break setiap 20 menit. Agar tubuh dan pikiran Anda dapat berfungsi 100 persen. Namun, “istirahat” bukan berarti main SMS atau membaca-baca Facebook Anda dengan seksama, melainkan bangun dan jalan-jalan pendek, atau minum untuk mendinginkan kepala, atau menjauh dari layar selama dua menit.

2. Gunakan cuti sakit dan hari libur Anda dengan bijaksana dan benar. Ketika Anda benar-benar sakit (atau butuh break demi kesehatan mental). Setiap orang membutuhkan istirahat di jadwal mereka atau down time ketika merasa tidak dalam kondisi terbaik.

 lelah bekerja Tips Menghindari Kelelahan Kerja yang Berlebihan studentpreneur entrepreneur startup

3. Praktek yoga dan olah raga ringan di tempat kerja. Untuk memompa jantung dan meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Ada sejumlah latihan yang sempurna untuk dilakukan di meja kerja Anda, misalnya mengangkat dumbel ringan. Ketika Anda merasa lebih baik, Anda akan bekerja dengan lebih baik.

4. Tidur cukup. Tubuh Anda membutuhkan tidur malam tidak kurang dan tidak lebih dari 8 jam untuk menghindari penyakit dan cedera. Idealnya, Anda pergi tidur pada waktu yang memungkinkan Anda untuk bangun secara alami tanpa alarm jam.

5. Bergaul dengan rekan-rekan Anda. Gosip negatif dan lingkungan yang tegang di tempat kerja akan menguras energi Anda entah Anda menyadarinya atau tidak. Maka, semua orang perlu benar-benar menikmati lingkungan perusahaan. Anda harus mengambil inisiatif pertama. Perlakukan orang lain di kantor sebagaimana Anda ingin diperlakukan. 

6. Pindah dekat dengan kantor. Orang-orang akan lebih bahagia ketika mereka mampu menghindari kemacetan jalan. Pilihan lainnya mungkin adalah bekerja secara remote, bahkan jika itu hanya satu hari perminggu.

7. Kendalikan emosi anda. Ketika anda bekerja dalam jangka waktu yang lama secara kontinu maka sifat alami dari seorang manusia adalah timbul suasana jengkel “bed mood”. Nah jika anda mampu dalam mengendalikan tanda-tanda emosi yang mempengaruhi kenerja anda maka anda bisa mengendalikan diri anda untuk tetap segar dalam bekerja karena anda sudah tahu kapan waktunya serius dan istirahan. Itu semua bisa dilihat dari bahasa tubuh dan suasana hati anda.

Tidak ada orang yang kebal dengan kelelahan, tapi langkah-langkah kecil ini setiap hari akan menimbulkan efek bola salju yang menghindarkan Anda dari K.O. Nah Sobat Studentpreneur, Anda sudah kerja dengan cerdas? 

0 Response to "7 Tips Jitu Menghindari Kelelahan Kerja yang Berlebihan"

Post a Comment