Kisah Sameer Gehlaut, Anak Muda India Dengan Kekayaan Rp 11 Triliun

Sekolah, bekerja sebentar di luar negeri untuk mencari pengalaman, lalu pulang ke negaranya. Barangkali ini patron Sameer Gehlaut yang patut ditiru. Lelaki berusia 37 tahun ini sekarang jadi panutan baru di India. Bukan saja karena memiliki tampang bagai bintang Bollywood, tetapi juga sukses dan kaya. Bahkan tahun ini ia kembali dinobatkan sebagai anak muda terkaya di India yang diperoleh dari hasil jerih payah sendiri. Kekayaannya mencapai sekitar Rp 11,2 triliun.

Sameer adalah alumnus Indian Institute of Technology, New Delhi, jurusan teknis mesin. Ia lulus tahun 1995. Segera setelah lulus, ia diterima di Halliburton, sebuah perusahaan minyak AS dan ia pun terbang ke negeri Paman Sam. Seperti juga kisah-kisah profesional yang bekerja di perusahaan minyak, Sameer pun mendapat gaji dan fasilitas yang istimewa. Namun semua itu tak sepenuhnya menyenangkannya. Ia masih memiliki idealisme untuk ikut mengembangkan ekonomi negaranya, India.

Suatu kali di tahun 1999, ia mendengar ada sebuah perusahaan pialang kecil, Inorbit Sekuritas, yang akan tutup yang sudah memiliki lisensi di National Stock Exchange (NSE) India. Timbul idenya untuk membangun usaha sendiri dari tabungannya. Maka ia pun pulang ke tanah leluhurnya. Sebagai orang baru di Bisnis keuangan, ternyata ia punya ide cemerlang yang "out of the box." Pada saat itu e-commerce baru populer di India sedangkan ia cukup ahli di bidang itu karena pengalamannya bekerja di perusahaan AS.

Setelah berkutat mempersiapkan website dan software-nya bersama dua rekan sealmamaternya, pada Desember 1999 berdirilah "Indiabulls Financial Services", broker pasar modal pertama di India yang menjalankan transaksi lewat internet. Meski namanya mentereng, kantor usahanya berada di sebuah ruko kecil di dekat Terminal Bus Hauz Khas, New Delhi. Perangkat operasionalnya pun hanya dua buah komputer. Namun orang tak akan melihat kantornya kala mengunjungi website-nya di internet kan? Karena itu Sameer tetap percaya diri.

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

0 Response to "Kisah Sameer Gehlaut, Anak Muda India Dengan Kekayaan Rp 11 Triliun"

Post a Comment