Inilah Negara Aneh yang Melegalkan Industri Ganja

Anda mungkin sering menonton berita criminal di TV mengenai ”ganja”, dimana pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu yang memproduksi, menjual, dan mendistribusikan ganja akan dijerat dengan pasal sekian dan ayat bla-bla dengan pidana pinjara lumayan berat.

Namun anehnya di Montevideo -Uruguay malah menjadi negara yang melegalkan penuh produksi, penjualan, dan distribusi ganja. Bagaimana bisa Negara ini menghalalkan jual beli ganja pada masyarakatnya. Berikut penjelasan tentan berita unik ini yang saya kutip dari detik.com.

Negara ini memulai tender kepada perusahaan yang ingin membudidayakan ganja di lahan milik pemerintah. Tender tersebut dibuka untuk perusahaan swasta hingga 18 Agustus 2014. Adapun institusi baru bernama Institute for the Regulation and Control of Cannabis (IRCCA) yang mencari 5 perusahaan untuk membudidayakan ganja, dan akan mendapatkan lisensi untuk membuat kebun ganja di lahan milik pemerintah, dan menjualnya ke konsumen.

Perusahaan yang menang tender nanti akan diperbolehkan untuk memproduksi dan mendistribusikan 1-2 ton ganja per tahun, untuk dijual ke perusahaan farmasi seharga US$ 1 per gram (sekitar Rp 11.000 per gram).

Menurut pejabat pemerintahan Uruguay seperti dilansir dari AFP, kavling-kavling tanah yang ditenderkan berada dalam satu bidang besar yang lokasinya di bagian barat daya negara tersebut, dan akan dijaga selama 24 jam penuh.

Uruguay telah mengesahkan undang-undang legalisasi pembudidayaan dan penjualan ganja pada Desember tahun lalu. Lewat UU ini, maka akan ada pasar ganja yang diatur penuh pemerintah, ini terkait rantai produksi hingga penjualannya.

Di bawah UU tersebut, konsumen yang telah masuk dalam daftar registrasi nasional, bisa menanam ganja sendiri, membeli ganja di toko farmasi, atau ikut mendistribusikan. Para konsumen ini dibatasi konsumsi ganjanya, yaitu maksimum 40 gram per bulan.

Penjualan ganja ini diharapkan bisa mulai dilakukan awal tahun depan.

Pemerintah Uruguay memperkirakan, 150 ribu orang dari 3,3 juta penduduk Uruguay akan mengikuti program registrasi tersebut, dan produksi ganja di negara ini akan mencapai 20 ton per tahun.

Wuiiih benar-benar ajib Negara ini selain melegalkan ganja diberikan lisensi segala untuk membuat kebun ganja, ditambah lagi UU pembudidayaan dan penjualan ganja.


0 Response to "Inilah Negara Aneh yang Melegalkan Industri Ganja"

Post a Comment