Lulus Kuliah, Berbisnis atau Kerja Kantoran ?

Natalia  adalah mahasiswa semester 7 dari salah satu universitas di Jakarta. Tidak terasa sebentar lagi akan lulus, tetapi ia masih bingung apakah harus kerja kantoran dulu sebelum berbisnis atau bisa langsung berkecimpung ke dalam dunia bisnis tanpa kerja kantoran dulu?

Berikut solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi Natali, seperti dikutip dari laman detik.com

Sebagai calon sarjana Anda harus dapat menentukan masa depan Anda sendiri dengan bermodalkan ilmu yang Anda raih.

Pilihan untuk bekerja kantoran dulu atau langsung membuat usaha adalah pilihan bagus untuk keduanya. Anda bisa memilih salah satunya untuk mencapai tujuan cita-cita Anda menjadi pengusaha di masa depan dengan target waktu yang telah ditetapkan.

Sebagai sarjana tentu akan lebih mudah Anda mencari pekerjaan dengan prestasi akademi yang Anda miliki. Akan ada perusahaan-perusahaan yang ingin merekrut Anda sesuai bidang yang dibutuhkan.

Anda dapat memilih bekerja kantoran dahulu dengan tujuan untuk mengasah dan menerapkan ilmu yang Anda dapatkan, dengan bekerja Anda mendapatkan pengalaman berharga dari perusahaan secara keseluruhan proses suatu bisnis.

Dengan bekerja kantoran lebih dahulu Anda juga berkesempatan untuk membangun relasi dan berjejaring dengan banyak orang yang berkepentingan dalam suatu bisnis. Relasi dan jejaring bisnis tersebut akan menjadi aset berharga Anda dalam berbisnis di masa depan. Selain itu Anda pun berkesempatan untuk mengumpulkan modal dana dari gaji yang Anda dapatkan dari gaji.

Namun Anda harus dapat menentukan target waktu kapan Anda harus berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri dengan sumber daya yang Anda miliki nanti. Susunlah semua perencanaan usaha sejak awal saat Anda bekerja sehingga Anda akan dapat membangun bisnis Anda sesuai dengan rencana.

Langsung berbisnis

Dan jika Anda memilih langsung berkecimpung ke dalam dunia bisnis tanpa kerja kantoran dulu pun adalah pilihan yang baik. Jika ini pilihan Anda maka sejak semester 7 ini Anda harus sudah memulai membuat perencanaannya secara detail.

Anda harus banyak belajar usaha sejak awal dengan mencari seorang mentor yang bisa membimbing Anda (mentor, seorang pebisnis yang sudah berpengalaman dan mau berbagi pengalamannya), membaca banyak buku dan informasi tentang dunia bisnis, bergabung dengan beberapa komunitas/forum atau klub bisnis sehingga dapat belajar dari pelaku bisnis yang Anda minati.

Dengan persiapan di atas, Anda bisa memulai usaha dari yang terkecil dari sekarang sambil berkuliah, hal ini untuk melatih mental bisnis Anda. Dan tentu Anda akan menemui beberapa rintangan dalam menjalankannya yang akan memperkuat diri Anda kelak.

Segala rintangan yang ada akan menjadi tantangan baru untuk Anda, Anda bisa konsultasikan dengan mentor dan rekan-rekan Anda di komunitas/forum, mereka akan senang membantu Anda.

Selamat merencanakan masa depan Anda. Jangan mudah putus asa dalam membangun usaha. Sukses untuk Anda.

0 Response to "Lulus Kuliah, Berbisnis atau Kerja Kantoran ?"

Post a Comment