Inilah Penyebab Harga Emas Naik Turun

Harga emas yang ada dipasaran ibarat ombak air laut saja, terkadang naik dengan tajam dan turun secara tiba-tiba dan berlaku sebaliknya. Nah mengapa harga emas bisa naik turun, hal ini bisa kita ketahui dengan menganalisa factor-faktor yang berpengaruh.

Adapun  beberapa factor berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga emas dan menjadi penyebab harga emas naik atau turun seperti dikutip dari laman pakartrading.blogdetik.com :

1. Situasi Ekonomi Dunia
Saat terjadi krisis ekonomi di Amerika tahun 2008, orang lebih memilih menyimpan emas kerana merasa wang kertas jatuh. Alhasil, harga emas meroket.

2. Situasi Politik Dunia
Panasnya situasi politik dunia seperti saat Amerika melakukan invasi ke Iraq ikut mendongkrak harga emas. Pada saat itu banyak orang yang kuatir nampak perang, alhasil banyak yang beralih ke emas sehingga mengakibatkan harga emas naik.

3. Naiknya Permintaan Emas
Permintaan emas bisa dari Pabrik untuk memproduksi barang atau dari teknologi negara seperti Cina dan India. Cina dan India adalah pembeli emas terbesar di Dunia. Konon katanya Cina mewajibkan setiap warga negaranya untuk menabung 2 gram emas per bulan. Jika permintaan kedua negara ini naik, hal ini akan mendongkrak harga emas. Di India sendiri permintaan emas naik

4. Inflasi
Ketika inflasi meleset atau melebihi prediksi pemerintah, emas biasanya diburu. Inflasi yang meleset biasanya dijadikan indikator bahwa kondisi ekonomi sedang tidak menentu membuat emas diburu sehingga menyebabkan harga emas naik karena naiknya permintaan.

5. Suku Bunga
Ketika suku bunga naik, banyak yang meyimpan wang dalam bentuk deposit. Ketika suku bunga turun, emas menjadi pilihan. Hal ini menyebabkan harga naik.

6. Harga Dollar AS
Ketika harga dollar AS turun, harga emas biasanya naik.

7. Harga minyak
Kenaikan harga minyak biasanya diikuti kenaikan harga emas. Namun biasanya efeknya tidak terjadi secara langsung. Misal, Ketika harga minyak naik, bisa jadi terjadi inflasi yang berlebihan sehingga menyebabkan harga emas ikut naik.

Harga emas, selain dipengaruhi oleh situasi ekonomi dan politik dunia, juga dipengaruhi oleh banyak permintaan atau yang membeli emas dimana dalam kondisi ini berlaku hukum ekonomi. Permintaan untuk pembelian emas naik, harga naik. Hal itulah yang menyebabkan harga emas terjaga sehingga sangat sulit untuk diprediksi atau direkayasa untuk membuat harga emas jatuh hingga ribuan dollar.

KENAPA HARGA EMAS TURUN?

Banyak orang pasti bertanya-tanya kenapa emas (gold) tiba-tiba jatuh secara signifikan. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Beberapa dari anda mungkin sudah mengetahui sebabnya, namun berikut adalah 2 faktor penyebab turunnya harga emas yang kami analisa.

1. Federal Reserve Amerika

US Central Bank atau yang lebih dikenal dengan Federal Reserve, mengeluarkan kebijakan yang dinamakan Operation Twist. Kebijakan ini adalah menjual surat hutang Amerika (obligasi) yang jatuh temponya pendek, dan meggunakan dananya untuk membeli surat hutang yang jatuh temponya lama (10 tahun atau lebih).
Nah, yang penting dari Operation Twist ini adalah efeknya ke market. Akibat penjualan surat hutang yang jatuh temponya pendek tersebut, maka tingkat bunga dari surat hutang jangka pendek ini menjadi naik dan cukup menjanjikan bagi para hedge fund / mutual fund yang mengelola dana besar.
2. Mutual Fund, Hedge Fund dan Kepanikan di Market

Mutual Fund dan Hedge Fund (firma atau perseorangan yang tugasnya mengelola dana investasi dari investor dalam jumlah besar) secara serentak beralih untuk memburu surat hutang jangka pendek Amerika yang dijelaskan pada poin pertama. Surat hutang suatu negara dianggap sebagai investasi untuk mendapatkan profit yang paling aman di tengah krisis yang melanda euro dan menurunnya performa China. Negara yang mengeluarkan surat hutang bisa mencetak uang untuk membayar hutang / bunga dari surat hutang yang sebelumnya di keluarkan. Dalam kasus ini, Amerika adalah dikenal sebagai negara yang paling aman mata uangnya (safe haven). US Dollar adalah mata uang yang bisa digunakan hampir di seluruh penjuru dunia.

Sebagai akibat perburuan surat hutang tersebut, maka para mutual fund dan hedge fund secara beramai-ramai memindahkan dana nya untuk membeli surat hutang tersebut. Dana yang mereka gunakan ini adalah dengan cara menjual suatu instrumen investasi yang sebelumnya mereka pegang. Emas dan saham yang sebelumnya mereka pegang akhirnya dijual dan dananya digunakan untuk membeli surat hutang Amerika. Secara bersamaan mereka juga bisa dikatakan melakukan taking profit.

Ketika hal diatas terjadi, maka market emas akan turun secara signifikan, dan hasilnya menimbulkan kepanikan dan efek berantai diantara para hedge fund dan investor lainnya. Akibatnya terjadi aksi sell-off (aksi jual besar-besaran).
Traders View

Sebelumnya kami pernah memberitakan bahwa index market yang jatuh di seluruh dunia, dan kali ini komoditi emas dan oil juga turut jatuh. Secara garis besar, dalam jangka waktu pendek ini tidak ada tempat bersembunyi yang paling aman selain surat hutang Amerika.

Bagi trader, naik atau turunnya suatu market mungkin tidak menjadi halangan bagi meraih profit. Namun selalu berpedoman kepada hukum risk and reward adalah cara trading yang bijak

0 Response to "Inilah Penyebab Harga Emas Naik Turun"

Post a Comment