5 Kunci Sukses Bisnis Internet untuk Semua Kalangan



Apa sih kunci sukses bisnis internet itu? Mungkin banyak sekali para pebisnis internet pemula yang punya pertanyaan begitu. Sudah bukan rahasia umum bahwa internet adalah media yang bisa kita gunakan untuk menambah penghasilan. Nah apakah yang menjadi kunci sukses bisnis internet?

Itulah hal yang akan kita coba bahas pada artikel ini. Yuk kita telusuri rahasia atau kunci sukses sebuah bisnis di internet.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai kunci sukses bisnis internet saya mencoba melakukan survey dan analisis kecil-kecilan, nah hasilnya akan saya tuangkan dan sajikan dalam bentuk artikel maknyus berikut ini.

5 Kunci Sukses Luar Biasa Bisnis Internet

Pada prinsipnya kunci sukses dari bisnis internet juga sama seperti bisnis di dunia nyata. Nah berikut hasil analisis saya.

1. Fokus

Kekuatan dari fokus ini sangatlah luar biasa, perusahaan/bisnis yang fokus bergerak di bidang tertentu mampu menjadi pemimpin pasar yang sangat luar biasa. Sudah ada banyak buktinya, contohnya Microsoft sangat fokus pada produk di bidang software, Kalbe sangat sukses karena mereka fokus pada industri farmasi dan obat-obatan, Teh Sosro adalah jagoan karena mereka fokus dalam produk teh.

Nah bisnis internet juga menuntut kita untuk bisa fokus. Salah satu kesalahan awal yang saya lakukan dulu adalah tidak fokus. Dulu saya bernafsu mengejar pendapatan dari afiliasi Amazon, dari iklan PPC, dari jualan ebook, dan jual jasa blog. Alhasil bukannya dapat banyak pemasukan malah banyak pekerjaan yang tidak tuntas. Untuk itu kita perlu yang namanya fokus.

Jika dari awal sudah memilih untuk fokus pada kegiatan money blogging dengan iklan PPC maka fokuslah di PPC dulu. Mudah-mudahan dengan fokus pada suatu bidang tertentu, kita bisa menjadi semakin baik dan tidak menutup kemungkinan menjadi yang nomor satu di bidang tersebut.

2. Konsisten

Konsistensi adalah penguat fokus agar Anda menjadi market leader. Kegiatan berbisnis menuntut konsisteni. Konsistensi di sini meliputi banyak hal dan divisi, misalnya konsisten dalam menyajikan konten yang bermanfaat, konsisten dalam membangun relasi dengan pelanggan, konsisten dalam berpromosi dan banyak lagi.

Semakin konsisten kita maka akan semakin terasa hasil baik yang bisa kita dapatkan. Bukankah ada petuah yang bilang, alah bisa karena biasa. Jadi semakin kita terbiasa (konsisten) maka semakin kita berhasil.

3. Tumbuh Bersama Konsumen

Ini adalah filosofi penting dalam berbisnis, yakni tumbuh bersama dengan konsumen. Bukankah ada kalimat super yang bilang, orang yang menguntungkan sesamanya ia juga akan diuntungkan. Dengan menerapkan filosofi ini kita akan memberi banyak nilai tambah bagi konsumen, sehingga konsumen puas dengan produk kita.

Contoh perusahaan yang menerapkan filosofi tumbuh bersama konsumen adalah Google. Lihat produk dan layanan Google, kita semua bisa menikmati layanannya dengan mudah, mulai dari Gmail, Blogger, Google Adwords dan banyak lagi. Karena layanan-layannya Google kita semua bisa tumbuh berkembang. Dan dampaknya perusahaan Google juga tumbuh menjadi raksasa.

Demikian pula dalam bisnis internet kita, apakah produk-produk kita sudah memberi manfaat bagi konsumen? Apakah kita tumbuh seiring dengan konsumen? Itu yang perlu diupayakan.

4. Inovasi

Inovasi adalah nyawa dari suatu bisnis. Inovasi memang belum terlalu diperlukan jika kompetitor kita masih sedikit, tapi bagaimana kalau bisnis internet? 

Di internet orang bisa memilih banyak produk, sebab jumlah pesaing kita di internet sangat banyak. Baik itu pesaing langsung maupun tidak langsung. Untuk itu inovasi adalah salah satu kunci utama.Berfokuslah pada inovasi untuk menciptakan perbedaan dan nilai lebih dibanding kompetitor Anda.

5. Sinergi yang  Kokoh

Dalam bisnis internet ada banyak faktor yang harus kita kuasai, faktor tersebut antara lain : optimasi SEO, social media marketing, kualitas konten, list building dan banyak lagi. Nah agar bisnis internet kita sukses, maka diperlukan suatu kekompakkan dan sinergi dari banyak faktor tersebut.

Membangun sinergi yang kokoh ini jelas tidak mudah, sebab kita harus konsisten dan terus berlatih. Untuk itulah ada prinsip jangan pernah berhenti belajar . Mudah-mudahan dengan terus berlatih sinergi yang kokoh ini bisa kita ciptakan.

Baiklah rekan pembaca yang baik hatinya, itu dia hasil analisis saya mengenai kunci sukses bisnis internet. Mudah-mudahan sajian artikel kali ini bisa bermanfaat.
Semoga Anda sukses selalu.

Banyak sekali pertanyaan beberapa rekan-rekan, yang saya dapati di forum tentang bagaimana membangun bisnis internet Seperti “Saya adalah seorang newbie di Internet, dan saya bingung harus mulai bisnis internet dari mana, Tolong kasih saya petunjuk pak.” 90% pertanyaan sama.

Oleh karena itu kali ini saya ingin sedikit share topik yang satu ini supaya bisa membantu anda yang bingung bagaimana membangun bisnis internet, harus memulai dari mana untuk bisa Take Action dan melakukan sesuatu.

Anda Tahu : Tidak melakukan apa-apa adalah hal yang paling PARAH yang anda bisa lakukan terhadap bisnis internet anda, karena dengan tidak melakukan apa-apa berarti anda tidak ada aktivitas artinya anda tidak akan dapat income sama sekali.

No Action = No Activity = No Income = No donk hahahaa….

Kalau anda seorang newbie atau beginner di bisnis internet, saya yakin PASTI bingung mau memulai dari mana ? Semua bisa terjadi karena beberapa faktor, apa saja :
  1. Anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis internet
  2. Anda tidak mempunyai pengalaman di Bisnis Internet Atau
  3. Anda mengalami informasi yang overload (terlalu banyak informasi yang anda terima, membuat anda bingung harus melakukan yang utama. Dan akhirnya bingung tanpa melakukan apa-apa)
Jika anda adlah newbie dan saat ini anda sedang membaca ini,  benar ga’ apa yang saya tulis diatas ? Terus bagaimana solusinya, ada beberapa solusi dari saya semoga membantu diantaranya :
  1. Fokus Belajar 1 Keterampilan dulu sampai anda benar-benar Bisa dan berhasil. Kalau anda mau belajar sesuatu keterampilan yang baru, pastikan anda mempelajari dan bisa memPRAKTEKKAN keterampilan tersebut dengan baik terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan belajar keterampilan yang lainnya. Jangan hari ini belajar membuat BLOG, besoknya belajar forex, dan besoknya lagi Belajar di Affiliasi. Kalau anda tidak menghentikan saya yakin anda tidak akan mendapatkan yang anda inginkan setuju ?
  2. Belajar membuat blog Dan *Beneran* Buat Blog tersebut.  Setelah anda mengerti konsep Fokus belajar 1 keterampilan, langkah selanjutnya adalah belajar membuat BLOG. Mengapa saya menempatkan belajar membuat blog sebagai keterampilan yang paling awal yang harus anda pelajari ? Karena di zaman sekarang ini, kalu anda tidak mempunyai situs, tidak mungkin anda bisa berbisnis di Internet dengan sukses. Dan belajar membuat blog adalah cara yang paling cepat dan mudah. Kalau anda tidak bisa membuat blog saya jamin anda sulit mencapai sukses.
Sebenarnya artikel ini belum selesai, takutnya anda tidak bisa fokus hehehehe….malahan anda mengalami kelebihan informasi (bahaya) Tentunya saya tidak mau itu terjadi. Dan nantikan artikel saya berikutnya.

Referensi : Dari Berbagai Sumber 

0 Response to "5 Kunci Sukses Bisnis Internet untuk Semua Kalangan"

Post a Comment